Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • Zona Integritas
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI

Mahasiswa PLB Dewi Meiliyan Ningrum terpilih sebagai Mahasiswa Berpestasi FIPP UNY tahun 2023

By admin_fip | 10:19 AM WIB, Fri March 31, 2023

Dewi Meiliyan Ningrum, mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB) Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) angkatan 2020, berhasil meraih peringkat 1 pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat FIPP UNY tahun 2023. Dia berhasil memperoleh berbagai prestasi akademik dan non-akademik sepanjang masa studinya. Mahasiswa yang lahir di Sleman ini memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3,82.

Dalam bidang akademik, Dewi Meiliyan Ningrum telah meraih prestasi di berbagai kompetisi. Antara lain, Chatbot Bootcamp Revolusi Edukasi 2.0 juara 2 tingkat nasional, Juara 1 tingkat nasional Lomba Cover Lagu Bahasa Isyarat, Juara 2 tingkat Nasional Lomba Podcast Beropini, Juara 3 tingkat Nasional Kompetisi Esai Kewiurausahaan, Juara 1 tingkat nasional Lomba Esai Nasional FOMUNY, dan Juara 3 tingkat nasional Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional SEASON. Prestasi-prestasi ini menunjukkan bahwa Dewi Meiliyan Ningrum memiliki kemampuan akademik yang sangat baik dan konsisten.

Selain meraih prestasi di bidang akademik, Dewi Meiliyani Ningrum juga berhasil menorehkan prestasi di bidang non-akademik. Ia pernah menjadi juara 2  tingkat nasional pada Musabaqoh Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur’an. Selain itu, ia juga aktif dalam pengamalan magang/Program Pengalaman Lapangan (PPL) di beberapa kegiatan, seperti Fun International Disability Day dan Pengabdian Kepada Masyarakat Penguatan Kompetensi Guru. Ia juga menjadi panitia dalam  Workshop "Peningkatan Keterampilan Pembelajaran Inklusi Anak Usia Dini di TK".

Dewi Meiliyan Ningrum juga memiliki beberapa karya di bidang hak kekayaan intelektual (HKI). Ia pernah membuat media Braille Bricks untuk mengenal huruf dan naskah sinematografi. Kegiatan-kegiatan ini menunjukkan bahwa ia memiliki kreativitas dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat yang memiliki kebutuhan khusus.

Di bidang organisasi, Dewi Meiliyan Ningrum aktif sebagai staf muda Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) UNY, Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan (KMIP), dan Rumah Disabilitas. Kegiatan-kegiatan organisasi yang diikuti oleh Dewi Meiliyan Ningrum menunjukkan bahwa ia memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan tim dan mengelola waktu dengan baik.

Dari prestasi-prestasi yang berhasil diraih oleh Dewi Meiliyan Ningrum, terlihat bahwa ia memiliki kemampuan akademik yang sangat baik, kreativitas yang tinggi, dan kepedulian yang besar terhadap masyarakat yang memiliki kebutuhan khusus. Prestasi-prestasi ini juga menunjukkan bahwa ia merupakan mahasiswa yang aktif dalam berbagai kegiatan dan memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan tim.

Selain prestasi dan kegiatan yang telah diraih, Dewi Meiliyan Ningrum juga memiliki gagasan tentang model pembelajaran orientasi mobilitas yang dikenal dengan "Mengenal Lingkungan Melalui Rekreasi Berbasis Computational Thinking". Gagasan ini bertujuan untuk membantu anak-anak dengan kebutuhan khusus atau anak yang mengalami kesulitan dalam memahami lingkungan sekitar mereka.

Model pembelajaran ini mengintegrasikan konsep orientasi mobilitas dengan computational thinking dan rekreasi sebagai sarana untuk meningkatkan pemahaman anak tentang lingkungan sekitar. Melalui kegiatan rekreasi yang menyenangkan, seperti berjalan-jalan atau bermain di taman, anak-anak dapat belajar untuk mengenali dan memahami lingkungan sekitar mereka dengan lebih baik.

Dalam pelaksanaannya, model pembelajaran ini juga menggunakan teknologi digital sebagai alat bantu. Anak-anak akan diajarkan bagaimana mengoperasikan aplikasi atau perangkat digital untuk memudahkan mereka dalam mengenali lingkungan sekitar mereka. Model pembelajaran ini juga melibatkan orang tua dan guru sebagai fasilitator untuk membantu anak-anak dalam proses pembelajaran.

Gagasan ini menunjukkan bahwa Dewi Meiliyan Ningrum memiliki kepemimpinan yang tinggi dan memiliki kemampuan untuk mengembangkan ide-ide inovatif yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Dengan adanya gagasan ini, diharapkan bahwa anak-anak dengan kebutuhan khusus atau anak yang mengalami kesulitan dalam memahami lingkungan sekitar mereka dapat belajar dengan lebih efektif dan menyenangkan. (rit)

 

Mahasiswa Berprestasi

Berita

  • Penandatanganan Kerjasama Implementasi Program Visiting Profesor dari Queensland University of Technology, Australia di FIPP UNY
    06/19/2024 - 15:44
  • FIPP UNY jalin kerjasama dengan Rutan Kelas II A Yogyakarta
    05/27/2024 - 14:00
  • Temu Kolegal Senat FIP JIP 2023
    06/07/2023 - 11:00
  • Manfaat Augmentative and Alternative Communication (AAC) dalam Peningkatan Kemampuan Komunikasi Anak dengan Multiple Disability Visual Impairment (MDVI)
    09/22/2023 - 09:28
  • FIP UNY Unggul! Juara 1 Penataan Lingkungan, Bukti Nyata Aksi Nyaman dan Ramah
    05/06/2025 - 09:51
  • Mata Kuliah Kepemimpinan Pendidikan Mendorong Pencapaian Indikator SDG's di Dunia Pendidikan
    10/02/2023 - 08:37
  • Mata Kuliah Pengembangan Media Grafis Pembelajaran sebagai bentuk penerapan Indikator SDG's 9 - Industry, Innovation, and Infrastructure
    10/02/2023 - 08:35
  • Workshop Kurikulum Program Studi Berbasis Outcome based Education
    03/21/2023 - 15:00
  • Mahasiswa PLB Dewi Meiliyan Ningrum terpilih sebagai Mahasiswa Berpestasi FIPP UNY tahun 2023
    03/31/2023 - 10:19
  • Mahasiswa S2 PNF UNY Lakukan Pendampingan Keluarga Dengan Metode Home Visit Tentang Pendidikan Karakter di Masyarakat Moyudan, Sleman, Yogyakarta
    10/02/2023 - 13:24

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY