Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • Zona Integritas
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI

Mata Kuliah Desain Pelatihan Mendukung Pencapaian Indikator SDG's dalam Menghasilkan Individu yang Terampil dan Berdaya Guna

By admin_fip | 1:30 PM WIB, Mon October 02, 2023

Kontribusi yang diberikan oleh masing-masing individu merupakan faktor penting dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG's). Individu yang memiliki keterampilan memadai maka dapat menghasilkan kinerja yang maksimal sesuai dengan bidang yang ditekuninya. Pelatihan perlu dilakukan karena adanya tuntutan perubahan lingkungan, meningkatkan skill, dan memperluas pembelajaran. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pemahaman dalam mengembangkan program pelatihan yang efektif untuk diterapkan sesuai kebutuhan individu. Hal ini melibatkan proses analisis kebutuhan pelatihan, penetapan tujuan pelatihan, penentuan karakteristik peserta pelatihan, penentuan metode pelatihan beserta evaluasinya. Mata kuliah ini turut memberikan kesempatan bagi mahasiswa sebagai calon karyawan maupun bagian dari anggota Masyarakat untuk dapat mengidentifikasi kebutuhan pelatihan sesuai dengan hasil dari training need analysis (TNA). Selanjutnya mahasiswa dapat menentukan tema pelatihan beserta metode yang tepat dengan mempertimbangkan data yang ditemukan pada tahapan TNA. Evaluasi pelatihan juga perlu dilakukan untuk melihat berbagai hal yang perlu dipertahankan maupun diperbaiki pada pelatihan yang telah diselenggarakan.

Mata kuliah ini dinilai penting dalam konteks pencapaian Indikator SDG's. Desain pelatihan dapat menghasilkan program pelatihan yang efektif guna mendukung pencapian indikator SDG's meliputi: (a) No Poverty (SDGs#1), individu dengan keterampilan memadai maka akan menjadi produktif dan berdaya guna dalam menghasilkan produk maupun jasa yang dapat mendukung kesejahteraan hidupnya. Keterampilan membuat individu menjadi mandiri dan tidak bergantung pada orang lain; (b) Industry, Innovation, And Infrastructure (SDGs#9), dunia industri terus berkembang dan mengalami perubahan dipengaruhi oleh berbagai kebijakan baru, kemajuan teknologi serta revolusi lainnya yang terus terjadi sehingga menuntut karyawan untuk dapat beradaptasi. Oleh karena itu perlu diselenggarakan pelatihan secara berkala sesuai dengan kebutuhan karyawan; (c) Peace, justice, and strong institutions (SDGs#16), pelatihan yang diterapkan di lingkungan kerja menjadikan karyawan di Perusahaan memiliki produktivitas yang tinggi, karyawan diberi kesempatan yang sama untuk berkembang, serta menjadi lebih dinamis dalam hubungan kerjanya melalui pemberian penguatan dalam hal komunikasi yang efektif dan pola kerjasama yang baik.

Mata kuliah Desain Pelatihan memiliki konsep yang mendukung pencapaian Indikator SDG's serta memberikan landasan bagi mahasiswa untuk dapat menjalankan salah satu fungsi manajemen sumber daya manusia yaitu memberikan pelatihan yang tepat sasaran sesuai kebutuhan. Pelatihan yang tepat menjadikan individu berkompeten dalam memberikan kontribusi di lingkungan kerja maupun sebagai anggota Masyarakat sehingga dapat mendatangkan berbagai dampak positif.

SDGS #4 QUALITY EDUCATION

Berita

  • Mata Kuliah Difusi Inovasi Pendidikan Mendorong Pencapaian Indikator SDG's di Dunia Pendidikan
    10/02/2023 - 08:42
  • Mata Kuliah Kepemimpinan Pendidikan Mendorong Pencapaian Indikator SDG's di Dunia Pendidikan
    10/02/2023 - 08:37
  • Kompetensi Konseling Multikultural Bagi Konselor Sebagai Pencapaian Indikator SDGs
    10/02/2023 - 10:32
  • Mahasiswa FIP UNY Raih Gold Medal dalam International Science and Invetion Fair (ISIF) 2022
    11/24/2022 - 13:43
  • Pelantikan Organisasi Mahasiswa FIP UNY Tahun 2022
    01/18/2022 - 09:05
  • Meraih Mimpi Lewat Outing Study: MAN 2 kota Semarang Menyerap Ilmu di FIPP UNY
    02/24/2025 - 10:06
  • Peningkatan Kepemimpinan Instruksional Melalui Pelatihan Coaching Bagi Kepala Sekolah Dasar
    09/30/2023 - 16:07
  • FIP UNY Raih 2 Medali Emas dan 2 Medali Perak dalam UNY Networks Awards 2022
    05/25/2022 - 14:55
  • Mata Kuliah Psikologi Pendidikan dan SDG’s
    10/02/2023 - 13:38
  • PAMERAN PENDIDIKAN GREDUPEDIA
    10/02/2023 - 10:07

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY