Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Mata Kuliah Kesejahteraan Anak dan Remaja untuk Membangun Anak dan Remaja Indonesia yang Sejahtera

By admin_fip | 1:35 PM WIB, Mon October 02, 2023

Anak dan remaja merupakan aset terbesar yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Anak dan remaja Indonesia adalah calon penerus cita-cita yang diletakkan oleh pada founding fathers dari bangsa ini dan penerus dari pembangunan Indonesia baik dari segi Pembangunan fisik maupun sumberdaya manusianya. Sehingga anak dan remaja merupakan merupakan salah satu pilar dalam pembangunan berkelanjutan sebagaimana yang dicanangkan oleh PBB dalam Sustainable Development Goals/SDG's. Untuk itu membangun generasi muda yang sehat secara fisik dan sehat secara mental merupakan upaya yang harus dilakukan untuk memastikan terwujudnya hal ini. Mata kuliah kesejahteraan anak dan remaja merupakan salah satu bentuk upaya untuk mewujudkan generasi muda yang sehat dan sejahtera secara psikologis.

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengupas konsep-konsep kesejahteraan baik dipandang dari perspektif kesejahteraan subjektif (hedonik) ataupun kesejahteraan psikologis (eudaimonik) dalam konteks anak dan remaja, serta teknik promosi untuk meningkatkan kesejahteraan anak dan remaja. Dalam mata kuliah ini akan dibahas mengenai 1) Perspektif hedonik dalam kesejahteraan anak dan remaja; 2) Perspektif eudaimonik dalam kesejahteraan anak dan remaja; 3) Pendekatan serta teknik-teknik promosi kesejahteraan anak dan remaja baik dari perspektif hedonik ataupun eudaimonik. Melalui mata kuliah ini mahasiswa sebagai calon tenaga kesehatan mental professional akan mendapatkan pembelajaran baik secara teori, kasus, dan contoh praktik baik upaya peningkatan Kesehatan mental di berbagai tingkat perkembangan mulai dari pra-sekolah, usia sekolah, dan usia remaja. Selain itu akan dikupas juga ancaman-ancaman terhadap kesejahteraan anak dan remaja serta upaya intervensinya melalui penerapan konsep psikologi positif dalam positive psychology intervention. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa siap untuk menjadi agen untuk mewujudkan anak dan remaja Indonesia yang sejahtera.

Mata kuliah ini tidak hanya berperan untuk membangun kompetensi calon tenaga kesehatan mental professional namun juga mendukung pencapaian indikator SDG’s. Keterkaitan mata kuliah ini dengan indikator SDG's meliputi: (a) Kehidupan sehat dan sejahtera (SDG 3): Kesejahteraan anak dan remaja dapat membantu upaya mewujudkan anak dan remaja Indonesia yang Sejahtera melalui pembelajaran konsep, kasus, dan praktik baik di lapangan. Sehingga mahasiswa siap untuk menerapkannya di lapangan; (b) Peningkatan Kualitas Pendidikan (SDG 4): Kesejahteraan anak dan remaja dapat membantu meningkatkan kualitas Pendidikan melalui terwujudnya sekolah yang Sejahtera. Masuknya tenaga psikologi ke sekolah dengan membawa bekal pengetahuan kesejahteraan anak dan remaja akan membantu mewujudkan sekolah Sejahtera bagi seluruh warganya; (c) Pemberdayaan Perempuan dan Anak Perempuan (SDG 5): Kesejahteraan anak dan remaja membantu mewujudkan lingkungan yang ramah untuk perempuan dan anak Perempuan dengan mewujudkan lingkungan pendidikan yang ramah bagi semua, sehingga memungkinkan perempuan dan anak perempuan untuk mengakses lingkungan pendidikan yang aman dan nyaman untuk belajar.

Mata kuliah kesejahteraan anak dan remaja bagi mahasiswa sebagai agents of change dan calon tenaga kesehatan mental profesional yang akan membawa perubahan positif bagi lingkungannya khususnya lingkunan anak dan remaja. Dengan menghubungkan konsep kesejahteraan anak dan remaja dengan pencapaian Indikator SDG's, diharapkan cita-cita mewujudkan generasi muda yang sehat dan sejahtera secara psikologis dapat terwujud (bany).

SDGs #3 GOOD HEALTH AND WELL BEING
SDGS #4 QUALITY EDUCATION

Berita

  • Mata Kuliah Kesejahteraan Anak dan Remaja untuk Membangun Anak dan Remaja Indonesia yang Sejahtera
    10/02/2023 - 13:35
  • Terobosan Baru! UNY Luncurkan Program S2 Kebijakan Pendidikan Satu-Satunya di Indonesia
    12/24/2024 - 19:07
  • Prof. Dr. Mumpuniarti, M.Pd, Was Confirmed as Professor of Intellectual Barrier Education
    05/19/2022 - 08:57
  • Penandatanganan Kerjasama Implementasi Program Visiting Profesor dari Queensland University of Technology, Australia di FIPP UNY
    06/19/2024 - 15:44
  • Workshop Kurikulum Program Studi Berbasis Outcome based Education
    03/21/2023 - 15:00
  • KMMD FIP UNY GELAR PELATIHAN PADA MASYARAKAT GIRIPURWO
    04/01/2022 - 10:26
  • PELANTIKAN ORMAWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DAN PSIKOLOGI UNY 2024: Membuka Babak Baru Kepemimpinan Mahasiswa
    01/23/2024 - 11:38
  • Audiensi Edelweiss School dengan FIPP UNY Bahas Program Beasiswa Edelweiss
    03/06/2024 - 14:08
  • TEROBOSAN FIP UNY DALAM RINTISAN PROGRAM PENGEMBANGAN WILAYAH BINAAN DESA GIRIPURWO PURWOSARI GUNUNGKIDUL
    10/05/2021 - 14:14
  • PENGUATAN KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI
    10/02/2023 - 11:28

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY