Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Mata Kuliah Pengembangan Media Grafis Pembelajaran sebagai bentuk penerapan Indikator SDG's 9 - Industry, Innovation, and Infrastructure

By admin_fip | 8:35 AM WIB, Mon October 02, 2023

Dalam era globalisasi dan teknologi informasi yang berkembang pesat, peserta didik harus mempunyai kemampuan berfikir kreatif. Mata Kuliah pengembangan media grafis pembelajaran memiliki peran yang sangat signifikan dalam membantu peserta didik dalam berfikir kreatif. Mata kuliah Pengembangan Media Grafis Pembelajaran bertujuan membekali mahasiswa dalam pengembangan media grafis, dengan bantuan piranti penangkap gambar dan komputer. Dalam matakuliah ini akan dikenalkan tentang konsep dan pengembangan desain grafis, meliputi komposisi, layout, warna, tipografi. Dalam matakuliah ini juga akan dikenalkan tentang konsep fotografi, segitiga eksposure, komposisi, dan pencahayaan. Oleh karena itu, penerapan indikator Sustainable Development Goals (SDGs) terutama yang terkait dengan "Industri, Inovasi, dan Infrastruktur" (SDFs 9) dalam mata kuliah ini sangatlah relevan dan bermanfaat.

SDGs 9 merupakan komitmen global untuk meningkatkan infrastruktur, merangsang inovasi, dan mempromosikan pembangunan industri yang inklusif dan berkelanjutan. Dalam konteks mata kuliah pengembangan media grafis pembelajaran, indikator SDGs 9 dapat diterapkan sebagai berikut: (1) Inovasi dalam Desain Grafis. Mata kuliah ini harus mendorong mahasiswa untuk menciptakan inovasi dalam desain grafis mereka. Ini melibatkan penggunaan ide-ide baru, teknik desain yang kreatif, dan pendekatan yang inovatif dalam menyampaikan pesan-pesan pembelajaran melalui media grafis. Contohnya, mahasiswa dapat menggabungkan elemen interaktif dalam media mereka untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik. (2) Penggunaan Teknologi Berkelanjutan. Dalam era digital saat ini, penggunaan teknologi yang berkelanjutan adalah bagian integral dari pembuatan media grafis. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa dapat diajarkan untuk menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang ramah lingkungan. Selain itu, mereka juga dapat memahami dampak lingkungan dari teknologi yang digunakan, seperti pemilihan peralatan dan perangkat lunak yang lebih efisien dalam penggunaan energi. (3) Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek. Pendekatan pembelajaran berbasis proyek dapat sangat bermanfaat dalam mata kuliah ini. Mahasiswa dapat diberi proyek-proyek praktis untuk merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan media grafis pembelajaran yang memenuhi standar SDGs 9. Hal ini akan memberikan pengalaman langsung dalam menerapkan indikator-indikator ini dalam konteks dunia nyata.

Salah satu proyek mahasiswa dalam mata kuliah ini adalah menyelenggarakan webinar yang mendatangkan narasumber dari praktisi. Webinar ini diselenggarakan dari mahasiswa dan untuk mahasiswa. Mahasiswa langsung mengkoordinasi sendiri acara tersebut mulai dari perencanaan, pembuatan poster, flyer dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip desain yang telah dipelajari serta praktik langsung dalam pembuatan aset visual grafis. Webinar yang berjudul Graphic Creativity for Learning Materials : Explore, Learn, and Utilize tersebut menghadirkan narasumber seorang praktisi yaitu Gilang Akbar Nugroho. Narasumber tersebut merupakan praktisi dalam bidang pengembangan website.

Penerapan indikator SDGs 9, "Industri, Inovasi, dan Infrastruktur," dalam mata kuliah pengembangan media grafis pembelajaran adalah langkah penting untuk mendukung pembelajaran berkelanjutan dan mempersiapkan generasi muda untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan. Dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip SDGs ini dalam desain, produksi, dan penggunaan media grafis, kita dapat memastikan bahwa peserta didik tidak hanya memiliki keterampilan teknis, tetapi juga pemahaman yang mendalam tentang bagaimana teknologi dan inovasi dapat berkontribusi pada tujuan-tujuan berkelanjutan yang lebih luas.

SDGs #9 INDUSTRY INNOVATION AND INFRASTRUCTURE

Berita

  • Pelatihan Guru tentang Social-Emotional Learning (SEL) bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
    10/02/2023 - 10:55
  • Peran Mata Kuliah Cybergogy and Heutagogy Untuk Memahami Transformasi Pendidikan Menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)
    10/02/2023 - 08:28
  • Mata Kuliah Metodologi Penelitian Dalam Kontribusinya Terhadap Pencapaian Indikator SDG’s Pada Ranah Manajemen Pendidikan
    10/02/2023 - 14:03
  • Proyek Literasi Mahasiswa PAUD FIPP UNY: Strategi untuk meningkatkan Literasi di Indonesia
    10/02/2023 - 13:44
  • Kembangkan Sayap Kemitraan, Prodi Kebijakan Pendidikan UNY Gelar Capacity Building bersama BPS DIY dan Bappeda Jawa Barat
    07/28/2023 - 22:08
  • Peran Mata Kuliah Pengembangan Pribadi dan Profesi Bimbingan dan Konseling dalam Mewujudkan SGD 17 : Kemitraan untuk Mencapai Tujuan dengan Dukungan dari LSP BK
    10/02/2023 - 11:06
  • Konsolidasi Temu Alumni FIP UNY 2022
    06/30/2022 - 14:00
  • ISU SDGs DALAM PERKULIAHAN KEBIJAKAN GURU DAN PEMBELAJARAN
    10/02/2023 - 08:41
  • Mata Kuliah Teori dan Proses Kebijakan Pendidikan berperan dalam Pencapaian Kualitas Pendidikan
    10/02/2023 - 14:01
  • Academic Collaboration Visit to the Faculty of Education, Srinakharinwirot University, Thailand
    06/15/2023 - 09:38

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY