Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

PENGUKUHAN GURU BESAR BIMBINGAN KONSELING ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

By admin | 2:02 PM WIB, Thu December 17, 2015

Dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus yang beragam, pendidik dapat memberikan pendidikan karier dan bimbingan karier yang terintegrasi dalam setiap aspek pembelajaran, baik hal itu menyangkut keterampilan kerja spesifik yang diejawantahkan melalui mata pelajaran keterampilan ataupun terintegrasi ke dalam mata pelajaran lainnya.

Dengan demikian, kemandirian kerja bias tercapai jika pendidik melibatkan dirinya dan juga siswanya secara aktif dalam menjadikan siswanya memiliki karakter “autonomous”. Dalam konteks bimbingan karier, keterlibatan tersebut berfokus pada kegiatan ekplorasi karier yang memiliki tiga ranah, yaitu kemampuan mengekplorasi diri sendiri, kemampuan mengekplorasi lingkungan dan pemberian pengalaman belajar yang bermakna.

Demikian diungkapkan Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd. dalam pidato pengukuhannya sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Bimbingan dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Pidato berjudul “Peran Eksplorasi Karier untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus” itu dibacakan di hadapan rapat terbuka Senat UNY di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY, Rabu, 16 Desember 2015. Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd. merupakan guru besar UNY ke-130.

Pria kelahiran Klaten, 5 November 1960 tersebut mengatakan bahwa keterampilan dalam mengeksplorasi diri pada anak berkebutuhan khusus tidak muncul begitu saja tetapi memerlukan stimulasi melalui kegiatan pembelajaran yang dapat membantu anak-anak berkebutuhan khusus mengenali nilai dirinya, pola minat, kebiasaan dan kekuatan, serta potensi dalam dirinya sendiri.

“Selain itu, proses eksplorasi diri juga memerlukan keterlibatan siswa berkebutuhan siswa secara aktif” ungkapnya. Kemampuan mengeksplorasi lingkungan memegang peranan yang sangat penting di dalam konteks pembentukan kemandirian kerja individu berkebutuhan khusus. Selain itu, individu berkebutuhan khusus juga harus cermat melihat kesempatan yang tersedia di lingkungannya yang dapat mendorong dirinya memperoleh kemandirian kerja. Kemampuan mengekplorasi lingkungan tidak hanya bersifat sempit dalam arti kesempatan kerja saja, tetapi juga besifat luas karena individu berkebutuhan khusus dapat mengenali dan menggunakan faktorpendukung yang ada di lingkungannya, contohnya teknologi adaptif, agen tenaga kerja, dan akses terhadap latihan dan pendidikan keterampilan.

Lebih lanjut Doktor Bimbingan dan Konseling lulusan Universitas Negeri Malang tersebut memaparkan bahwa pemberian pengalaman yang bermakna dapat dilakukan melalui dua kegiatan penting yaitu pengalaman belajar di kelas dan pengalaman magang. Menurutnya pengalaman belajar di kelas baik melalui mata pelajaran ketrampilan ataupun mata pelajaran lain memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengasah kemampuan dan keterampilannya. Sedangkan kegiatan magang memberikan pengalaman nyata kepada individu berkebutuhan khusus untuk mengaplikasikan kemampuan dan keterampilannya dalam kehidupan kerja yang nyata.

“Melalui magang, siswa berkebutuhan khusus dapat memahami seluk beluk kehidupan dunia kerja dan berinteraksi dalam lingkungan kerja yang beragam dan inklusif,” kata Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd. 

Dikatakannya, ketiga strategi ekplorasi karier tersebut yaitu kemampuan mengekplorasi diri sendiri, kemampuan mengekplorasi lingkungan dan pemberian pengalaman belajar yang bermakna, diharapkan dapat mengantarkan anak berkebutuhan khusus untuk mencapai kemandirian kerja.  Selain itu, strategi dalam eksplorasi karier tersebut juga mendorong konsep determinasi diri di mana individu dengan berkebutuhan khusus diharapkan dapat memiliki kemandirian dalam mengontrol dan bertanggung jawab atas hidupnya sendiri, mengetahui apa yang dia inginkan dan tahu bagaimana mencapai keinginan tersebut.

Terlebih lagi, dengan determinasi yang kuat, individu berkebutuhan khusus dapat keluar dari zona pekerjaan “stereotype” dan memperoleh pekerjaan yang sesuai minat, bakat, dan potensinya sehingga kemandirian finansial dapat tercapai yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hidup individu berkebutuhan khusus tersebut. (dedy)

Berita

  • Pelatihan Guru tentang Social-Emotional Learning (SEL) bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
    10/02/2023 - 10:55
  • Peran Mata Kuliah Cybergogy and Heutagogy Untuk Memahami Transformasi Pendidikan Menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)
    10/02/2023 - 08:28
  • Mata Kuliah Metodologi Penelitian Dalam Kontribusinya Terhadap Pencapaian Indikator SDG’s Pada Ranah Manajemen Pendidikan
    10/02/2023 - 14:03
  • Proyek Literasi Mahasiswa PAUD FIPP UNY: Strategi untuk meningkatkan Literasi di Indonesia
    10/02/2023 - 13:44
  • Kembangkan Sayap Kemitraan, Prodi Kebijakan Pendidikan UNY Gelar Capacity Building bersama BPS DIY dan Bappeda Jawa Barat
    07/28/2023 - 22:08
  • Peran Mata Kuliah Pengembangan Pribadi dan Profesi Bimbingan dan Konseling dalam Mewujudkan SGD 17 : Kemitraan untuk Mencapai Tujuan dengan Dukungan dari LSP BK
    10/02/2023 - 11:06
  • Konsolidasi Temu Alumni FIP UNY 2022
    06/30/2022 - 14:00
  • ISU SDGs DALAM PERKULIAHAN KEBIJAKAN GURU DAN PEMBELAJARAN
    10/02/2023 - 08:41
  • Mata Kuliah Teori dan Proses Kebijakan Pendidikan berperan dalam Pencapaian Kualitas Pendidikan
    10/02/2023 - 14:01
  • Academic Collaboration Visit to the Faculty of Education, Srinakharinwirot University, Thailand
    06/15/2023 - 09:38

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY