Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

KRITERIA FOTO WISUDA

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Saat Pembelajaran Lingkungan Jadi Lebih Hidup: Mahasiswa UNY Gelar Sosialisasi SDGs 12 di MI Qurrata A’yun

By admin_fip | 8:02 AM WIB, Fri November 28, 2025

Sleman, 20 November 2025 – Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) semester 5 melaksanakan kegiatan edukasi lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Qurrata A’yun sebagai bagian dari implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Kegiatan ini berfokus pada SDG 12: Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab serta SDG 4: Pendidikan Berkualitas, dan berkolaborasi dengan kelompok mahasiswa lain yang mengusung tema SDG 15: Kehidupan di Darat. Selain itu, kegiatan ini juga terintegrasi dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah, sehingga mendukung penguatan karakter dan literasi lingkungan pada siswa.

Kegiatan sosialisasi mengangkat tema edukasi konsumsi bijak dan pemanfaatan barang bekas melalui pembuatan pot tanaman dari botol plastik. Sebanyak 16 siswa kelas 4 MI Qurrata A’yun mengikuti kegiatan ini. Materi disampaikan oleh Desy Nur dan Sekar Pawitram selaku pemateri serta dibantu oleh Nabila dan Najwa selaku rekan tim projek dari mahasiswa Manajemen Pendidikan UNY. Para siswa mendapatkan pemahaman mengenai dampak sampah plastik, pentingnya pengelolaan limbah sederhana, serta contoh penerapan konsumsi bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Kelompok SDG 15 turut memperkaya penjelasan dengan menekankan pentingnya menjaga keberlanjutan ekosistem darat dan pelestarian lingkungan, sejalan dengan implementasi P5.

Pada sesi praktik, siswa diajak membuat pot tanaman dari botol minum bekas dengan kegiatan memotong, menghias, dan mengecat botol sesuai kreativitas masing-masing. Suasana kegiatan berlangsung sangat interaktif dan menyenangkan. “Asik bangett hari ini kita belajar membuat pot dari botol bekas dan melukis di botol,” ujar Daffa dan Fatih, siswa kelas 4 MI Qurrata A’yun, menandai antusiasme tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran. Aktivitas ini mendukung pencapaian SDG 12, SDG 4, dan SDG 15, sekaligus memperkuat nilai-nilai P5 seperti gotong royong, kreativitas, dan kepedulian terhadap lingkungan.

Sebagai wujud komitmen UNY terhadap program SDGs, kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi sekolah mitra untuk terus mengembangkan pembelajaran berbasis proyek dan literasi lingkungan. Kolaborasi antarkelompok mahasiswa serta integrasi kegiatan dengan P5 menjadi bukti nyata kontribusi UNY dalam memperkuat pendidikan berkelanjutan dan membangun kesadaran ekologis sejak dini. Mahasiswa Manajemen Pendidikan UNY berkomitmen untuk memperluas kegiatan serupa di masa mendatang guna mendukung pembangunan lingkungan dan pendidikan yang lebih baik.

Link dokumentasi YouTube: https://youtu.be/YtsTxNMhx0Y?si=go-r5AvYsBLIVYGO

Penulis: Desy Nur Anggraeni, dkk.

Editor: Humas FIP UNY

Berita

  • Mata Kuliah Pendidikan Positif dan Pencapaian SDG’s (Sustainable Development Goals) di bidang Pendidikan
    10/02/2023 - 13:52
  • Menelusuri Jejak Sejarah: Dari Bagian Pedagogik UGM ke Fakultas Ilmu Pendidikan UNY
    12/11/2024 - 20:17
  • Kunjungan Studi dari Prodi S1 BK FIP UPI ke BK FIPP UNY Mendukung Kerjasama Bidang Kesehatan Mental
    12/06/2023 - 10:15
  • Kepedulian Sosial UNY: Bakti Sosial di Panti Asuhan Al-Barokah untuk Generasi Unggul dan Berdaya Saing
    08/12/2024 - 12:51
  • Program S3 Manajemen Pendidikan Berupaya Tingkatkan Kapasitas Perpustakaan Desa Giripurwo
    10/02/2023 - 14:15
  • Peran Ilmu Pendidikan dalam Mewujudkan Kemandirian dan Kemerdekaan Belajar
    08/16/2022 - 09:47
  • Relevansi Mata Kuliah Kesejahteraan Keluarga Dengan Pencapaian Indikator SDGs
    10/02/2023 - 15:45
  • Temu Kolegal Senat FIP JIP 2023
    06/07/2023 - 11:00
  • Temu Orang Tua Mahasiswa Baru Prodi PLS FIP UNY
    09/23/2021 - 09:58
  • Workshop Kurikulum Program Studi Berbasis Outcome based Education
    03/21/2023 - 15:00

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY