Sleman, 20 November 2025 – Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) semester 5 melaksanakan kegiatan edukasi lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Qurrata A’yun sebagai bagian dari implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Kegiatan ini berfokus pada SDG 12: Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab serta SDG 4: Pendidikan Berkualitas, dan berkolaborasi dengan kelompok mahasiswa lain yang mengusung tema SDG 15: Kehidupan di Darat. Selain itu, kegiatan ini juga terintegrasi dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah, sehingga mendukung penguatan karakter dan literasi lingkungan pada siswa.
Kegiatan sosialisasi mengangkat tema edukasi konsumsi bijak dan pemanfaatan barang bekas melalui pembuatan pot tanaman dari botol plastik. Sebanyak 16 siswa kelas 4 MI Qurrata A’yun mengikuti kegiatan ini. Materi disampaikan oleh Desy Nur dan Sekar Pawitram selaku pemateri serta dibantu oleh Nabila dan Najwa selaku rekan tim projek dari mahasiswa Manajemen Pendidikan UNY. Para siswa mendapatkan pemahaman mengenai dampak sampah plastik, pentingnya pengelolaan limbah sederhana, serta contoh penerapan konsumsi bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Kelompok SDG 15 turut memperkaya penjelasan dengan menekankan pentingnya menjaga keberlanjutan ekosistem darat dan pelestarian lingkungan, sejalan dengan implementasi P5.
Pada sesi praktik, siswa diajak membuat pot tanaman dari botol minum bekas dengan kegiatan memotong, menghias, dan mengecat botol sesuai kreativitas masing-masing. Suasana kegiatan berlangsung sangat interaktif dan menyenangkan. “Asik bangett hari ini kita belajar membuat pot dari botol bekas dan melukis di botol,” ujar Daffa dan Fatih, siswa kelas 4 MI Qurrata A’yun, menandai antusiasme tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran. Aktivitas ini mendukung pencapaian SDG 12, SDG 4, dan SDG 15, sekaligus memperkuat nilai-nilai P5 seperti gotong royong, kreativitas, dan kepedulian terhadap lingkungan.

Sebagai wujud komitmen UNY terhadap program SDGs, kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi sekolah mitra untuk terus mengembangkan pembelajaran berbasis proyek dan literasi lingkungan. Kolaborasi antarkelompok mahasiswa serta integrasi kegiatan dengan P5 menjadi bukti nyata kontribusi UNY dalam memperkuat pendidikan berkelanjutan dan membangun kesadaran ekologis sejak dini. Mahasiswa Manajemen Pendidikan UNY berkomitmen untuk memperluas kegiatan serupa di masa mendatang guna mendukung pembangunan lingkungan dan pendidikan yang lebih baik.
Link dokumentasi YouTube: https://youtu.be/YtsTxNMhx0Y?si=go-r5AvYsBLIVYGO
Penulis: Desy Nur Anggraeni, dkk.
Editor: Humas FIP UNY