Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Seminar Kesekolahdasaran PGSD UHAMKA dan UNY

By admin | 9:25 AM WIB, Tue January 19, 2016

Senin (18/1) Menempati Kampus III UNY di Jalan bantul, Rombongan dari PGSD Universitas Prof. Dr. Hamka sejumlah 260 mahasiswa dan 16 dosen, disambut dengan alunan gamelan oleh tim karawitan PGSD Kampus III. Rombongan juga dihibur dengan penampilan tari oleh tiga mahasiswa UNY Kampus Wates yaitu Tari Bangun Desa. Kegiatan selanjutnya adalah pembukaan dan sambutan-sambutan lalu diberikannya cinderamata oleh kedua belah pihak, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan ishoma.

Acara selanjutnya yaitu Seminar Kesekolahdasaran yang berlangsung sekitar pukul 13.00 WIB. Seminar ini diisi oleh 2 pembicara dan dimoderatori oleh Ibu Aprilia Tina Lidyasari, M.Pd. Sebagai pembicara pertama adalah Dr. H. Pudjo Sumedi AS, M.Ed. dari pihak Universitas Prof. Dr. Hamka yang mengambil tema Tantangan Masa Depan. Dalam paparannya, beliau menjelaskan mengenai problematika guru saat ini, salah satunya mengenai Pendidikan Profesi Guru (PPG). Seharusnya sebelum menjadi seorang guru, calon guru sebaiknya mengikuti PPG. Calon guru harus paham mengenai pembinaan dan pengembangan profesi guru yang diantaranya terdiri dari Penilaian Kinerja Guru (PKG), Peningkatan Kinerja Rendah (PKR), dan Pengembangan Keprofesian Bekelanjutan (PKB). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme seoang guru dalam mengajar.

Selain itu sebagai calon guru, jelas harus mempersiapkan bagaimana sistem pembelajaran yang akan digunakan. Saat ini, guru dituntut untuk menciptakan suasana kelas yang aktif dan menyenangkan. Siswa tidak hanya pasif mendengarkan guru. Pembelajaran tradisional diubah menjadi pendidikan abad 21. Kemudian ada pembinaan sumber daya manusia pendidikan (guru profesional, bermartabat, dan sejahtera) melalui penjaminan mutu.

Kemudian dilanjutkan dengan pembicara kedua dari pihak Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Dr. Anwar Senen, M.Pd. Beliau mengambil tema mengenai Pembelajaran yang Toleran. Seperti akhir-akhir ini, banyak kasus yang melibatkan anak usia sekolah dasar. Sebagai contoh kurangnya moral dan toleransi anak usia SD. Seharusnya guru harus bisa mendesain pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran dan bertoleran. Guru harus memunculkan sikap toleran dalam pembelajaran. Pembelajaran tidak hanya terpaku pada buku pegangan, itu hanya sebagai salah satu referensi.

Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) harus dilakukan setiap hari sebelum mengajar jangan dibuat setahun sekali. Hal ini bertujuan agar dinamika sosial di sekitar anak bisa disampaikan. Guru tidak bisa hanya berpatokan pada RPP yang telah dibuat setahun. Sebaiknya guru juga tidak hanya menjelaskan teori saja, namun ada contoh-contoh yang nyata.

Setelah seminar selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dibuka untuk tiga penanya. Sebagai penutup peserta kunjungan kembali dihibur dengan alunan gamelan. (nan/ant)

Berita

  • FIP UNY Siap Bantu Peningkatan Kompetensi Pendidik di Kabupaten Gunungkidul Melalui Studi Lanjut Program RPL
    12/13/2022 - 07:59
  • Benchmarking Senat Akademik Dan Penjaminan Mutu FIPP UNY ke FIPP UPI Bandung.
    02/06/2025 - 12:18
  • FIP UNY Jalin Sinergi dengan Disdikpora Wonosobo untuk Pendidikan Guru Berkualitas
    08/19/2025 - 11:54
  • Alumi Day FIP UNY: Bersama Alumni, Berbagi Inspirasi
    08/08/2022 - 08:03
  • Artikel Pengabdian Masyarakat: Pengenalan Potensi Diri dan Asesmen Minat Bakat SMP Bumi Cendekia Yogyakarta
    10/02/2023 - 13:26
  • Perluasan Informasi Studi kepada calon Mahasiswa Internasional dalam Kunjungan Unit Urusan Internasional dan Kerjasama FIPP UNY ke Thailand
    03/06/2023 - 12:55
  • Penyerahan Surat Tugas Tendik dan SE di FIPP UNY
    01/08/2024 - 12:41
  • “ NYAWIJI KARO SIJI” Tema LKMM KMMD FIP UNY 2022
    02/26/2022 - 08:43
  • Launching Program Magister (S2) Kebijakan Pendidikan FIP UNY
    12/12/2022 - 09:43
  • Seleksi Mahasiswa Berprestasi FIPP UNY 2025 Digelar, Dikoordinasikan oleh Wakil Dekan dan Dosen Pendamping
    04/14/2025 - 10:48

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY