Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

TRANSISI EKOLOGIS SEBAGAI DASAR KEBIJAKAN PERUBAHAN KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR (PERKULIAHAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN BERBASIS PROYEK)

By admin_fip | 1:22 PM WIB, Mon October 02, 2023

Lingkungan alam menjadi bahasan penting saat ini, mengingat berbagai fakta perubahan iklim ekstrim, polusi udara, bencana alam, dan lainya yang berdampak diantaranya pada kesehatan, sistem produksi pangan, dan mobilitas manusia. Pemecahan masalah lingkungan menjadi tanggung jawab bersama. Pendidikan formal menjadi salah satu sarana penanaman kesadaran akan lingkungan sehat.

Sesuai amanat UU No 20 Tahun 2003 pasal 3 yang menyatakan tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik, maka pengembang kurikulum harus mempertimbangkan realitas global yang menimpa manusia saat ini.

Mata kuliah Kebijakan Pendidikan yang diperuntukkan bagi mahasiswa S3 Pendidikan Dasar

FIPP Universitas Negeri Yogyakarta diantaranya didesain untuk mendorong mahasiswa menemukan ide kreatif terkait usulan kebijakan pendidikan dasar berdasarkan refleksi kritis tentang dampak pemberlakukan kebijakan sebelumnya. Salah satu proyek yang dilakukan mahasiswa adalah mengembangkan ide kurikulum pendidikan dasar untuk pembangunan berkelanjutan. Tahap awal yang dilakukan adalah melakukan studi pendahuluan berupa menganalisis capaian dan tantangan pendidikan setiap pemberlakuan kurikulum. Kegiatan berikutnya yaitu menganalisis berbagai fakta sosial yang terjadi di masyarakat. Selanjutnya, mahasiswa melakukan kajian berbagai lliteratur untuk menemukan ide. Transisi ekologis sebagai dasar kebijakan perubahan kurikulum pendidikan dasar menjadi gagasan besar para mahasiswa.

Transisi ekologis dimaknai sebagai proses inovasi teknologi untuk mencapai perubahan dalam

masyarakat yang mempertimbangkan pemenuhan indikator kelestarian lingkungan (Rotondo et.al., 2022). Berbagai ide kreatif muncul sebagai masukan dalam pengembangan kurikulum. Diantaranya yaitu integrasi isu-isu lingkungan dalam setiap mata pelajaran di sekolah. Harapan dari implementasi kurikulum ini yaitu munculnya berbagai aktivitas bermakna pada peserta didik. Peka terhadap permasalahan lingkungan, memecahkan masalah melalui berbagai proyek, mengembangkan berbagai produk, dan melakukan berbagai aksi nyata mewarnai dalam setiap aktivitas belajar peserta didik. Apabila hal demikian dilakukan oleh anak-anak mulai jenjang sekolah dasar sampai perguruan tinggi, maka setiap pelajar dapat menjadi agen

 

terbaik bagi keluarga dan lingkungan sosial terdekatnya untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan.

Perkuliahan ini menciptakan prototype kurikulum pendidikan dasar yang menggunakan tansisi

ekologis sebagai dasar pengembanganya. Hasil ini kemudian dilanjutkan oleh setiap individu untuk melakukan riset mandiri. Topik riset merupakan ranting dari ide besar yang dikembangkan mahasiswa satu kelas yang berjumlah 5.

Dengan demikian mata kuliah ini didesain untuk mencapai tujuan pembangunan

berkelanjutan terutama pendidikan berkualitas. Diskusi dan produk yang diperoleh dari mata kuliah memiliki manfaat besar dalam memberikan ide kepada pemerintah. Perubahan kurikulum sebaiknya memberikan dampak positif terhadap keberlangsungan kehidupan manusia kedepan. Produk yang dihasilkan dari mata kuliah ini dapat mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan terutama dalam hal kehidupan sehat dan sejahtera, air bersih dan sanitasi layak, energi bersih dan terjangkau, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, dan penanganan perubahan iklim.

SDGs #13 CLIMATE ACTION

Berita

  • Muhammad Rifki Wisudawan Disabilitas dari FIPP UNY
    09/04/2023 - 10:23
  • Menggali Sinergi: Seminar Budaya dan Pendidikan di FIPP UNY
    07/16/2024 - 14:47
  • Kolaborasi Strategis: Universitas Alma Ata dan FIPP UNY Jalin Kerja Sama untuk Pendirian Prodi S2 Pendidikan Dasar
    02/05/2025 - 11:29
  • ISU SDGs DALAM PERKULIAHAN KEBIJAKAN GURU DAN PEMBELAJARAN
    10/02/2023 - 08:41
  • Penguatan Teori dan Praktek Pendidikan Khusus bersama Praktisi Mengajar pada Mata Kuliah Ortopedagogik
    10/02/2023 - 10:52
  • FIPP UNY Turut Memeriahkan Global Partnership Fair UNY
    11/09/2023 - 13:31
  • TEROBOSAN FIP UNY DALAM RINTISAN PROGRAM PENGEMBANGAN WILAYAH BINAAN DESA GIRIPURWO PURWOSARI GUNUNGKIDUL
    10/05/2021 - 14:14
  • PENGEMBANGAN ALAT UKUR KESIAPAN MENIKAH UNTUK MENDUKUNG PEMBANGUNAN KELUARGA DI INDONESIA MENUJU KELUARGA SEJAHTERA
    10/02/2023 - 13:25
  • Mata Kuliah Psikologi Pendidikan dan SDG’s
    10/02/2023 - 13:38
  • Mengatasi Stress dan Burnout: Strategi Mengembangkan Kesejahteraan Psikologis
    10/02/2023 - 10:30

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY