Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Upaya Pemahaman Stunting pada Mahasiswa Prodi PAUD Melalui Kegiatan Praktisi Mengajar Di Matakuliah Pareenting Skill

By admin_fip | 1:46 PM WIB, Mon October 02, 2023

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan perlu dilakukan di tingkat mahasiswa FIPP prodi PAUD sebagai landasan pemahaman menuju Indonesia menjadi Prioritas Pembangunan Nasional. SDGs merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan yaitu: (1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Air Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan terjangkau; (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur; (10) Berkurangnya Kesenjangan; (11) Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; dan (17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Pada indicator ke 2 yaitu tanpa kelaparan, dengan pemahaman terkait stuinting/ manusia kerdil dengan indicator gizi buruk karena permasalahan terkait konsumsi makanan yang kurang. Hal ini menjadi hal baru buat mahasiswa karena tidak selamanya sehat itu kecil karena harus adanya keseimbangan antara pertumbuhan dan perkembangan.

Pada awal perkuliahan diawal dilakukan apersepsi terkait stunting ternya secara jawaban mahasisa mampu menjawab dengan baik namun setelah dilakukan wawancara dalam kegiatan zoom, masih banyak mahasiwa asing mendengar kata “stunting”. Upaya yang dilakukan selanjutnya adalah bagaimana pencegahan dan mengantisipasinya sejak awal, mahasiswa sbagai manusia dewasa muda, punya peran penting faham terebih dahulu sehingga saa nanti menjadi calon ibi/bapak dapat terhindar dari permasalahan stunting di keluarganya mini,al tahu apa yanga harus dilakukan saat mendapati indikator stunting ada disekililingnya.

Metode dilakukan tidak hanya melalui ceramah tetapi mahasiswa diajak untuk mengambil peran dalam membuat poster pencegahan stunting lebih dini. Tugas mahasiswa yang berkelompok mampu berkolaborasi dengan mahasiswa lain sehingga didapti desai poster yang menarik untuk dapat diajukan publikasinya di media sosial.

Upaya terhindar dari stunting otomatis menjadi sarana tujuan ke 1 dari SDGs (tanpa kelaparan) dapat terwujud. Memulai dari hal kecil, menginpirasi sekeliingnya dan mendunia lewat sosial media dangat cocok menjadi aksi para generasi Z.

Terdapat 106 mahasiswa secara aktif berada google meet dalam diskusi perkuliahan praktisi mengajar di hari ini, Rabu tanggal 27 September 2023. Pada Mata kuliah Parentingskill dengan dosen Dr Nur Cholimah, M Pd yang menggandeng praktisi 2 praktisi Sri Wahyuni, S.Ag.M.Psi dan Sri Asih, S,Fil,. M.Pd.

SDGs #1 NO POVERTY

Berita

  • Bangun Karier, Perkuat Kolaborasi: Ajakan untuk Mahasiswa FIP UNY
    08/25/2025 - 10:06
  • FIP UNY Jalin Kolaborasi Penelitian Internasional dengan King Abdulaziz University
    11/05/2025 - 08:56
  • Pemberdayaan Perempuan Desa: Ibu-Ibu PKK Terbah Didorong Jadi Mompreneur Mandiri
    09/09/2025 - 16:16
  • Satu Jam tiga puluh menit dengan Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd.
    02/21/2022 - 10:37
  • Lapangan Hijau FIP UNY Jadi Ruang Edukatif dan Ekologis di Tengah Gedung Perkuliahan
    09/26/2025 - 11:26
  • Mahasiswa Nabire Adi Buana Surabaya Belajar Media Pendidikan di FIP UNY untuk Majukan Daerah
    09/25/2025 - 12:08
  • FIP UNY dan UNIPA Surabaya Teken Komitmen Bersama dalam Kunjungan KKL Mahasiswa S2
    07/28/2025 - 13:11
  • PENGUATAN KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI
    10/02/2023 - 11:28
  • Bimbingan dan Konseling Berbasis Komunitas dalam Upaya Mendorong Pencapaian SDGs
    10/02/2023 - 10:55
  • Mata Kuliah Pengembangan Media Grafis Pembelajaran sebagai bentuk penerapan Indikator SDG's 9 - Industry, Innovation, and Infrastructure
    10/02/2023 - 08:35

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY