Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Dosen PAUD FIP UNY Kembangkan Model Pembelajaran Moral dalam Keluarga (MPMK)

By admin_fip | 8:19 AM WIB, Wed June 08, 2022

Mahasiswa S3 Ilmu Pendidikan Pascasarjana UNY sekaligus Dosen PAUD FIP UNY, Nur Cholimah, M.Pd., berhasil mempertahankan disertasinya di depan Dewan Penguji dalam kegiatan Ujian Terbuka Disertasi, Selasa, 6 Juni 2022, dan berhasil meraih gelar doktor. Dalam presentasinya dihadapan para penguji, dan disaksikan oleh para koleganya, Nur Cholimah menyampaikan hasil penelitiannya tentang Pengembangan Model Pembelajaran Moral dalam Keluarga untuk Meningkatkan Kemampuan Orangtua Menstimulasi Perilaku Hormat dan Tanggungjawab Anak Usia 4-6 tahun.

Menurut Nur Cholimah, tujuan penelitiannya adalah untuk mengembangkan model pembelajaran moral dalam keluarga (MPMK) untuk meningkatkan kemampuan orang tua menstimulasi perilaku hormat dan tanggung jawab yang sesuai kebutuhan, layak, praktis, dan efektif. “Penelitian ini menggunakan model R & D yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah. Subjek penelitian ini adalah ahli model pembelajaran, ahli materi, ahli media, anak TK berusia 4-6 tahun, guru TK, dan orang tua yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Uji coba terbatas melibatkan tujuh orang tua beserta anaknya yang memiliki jenjang pendidikan berbeda usia 4-6 tahun. Subjek uji luas adalah 30 orang tua beserta anaknya dengan tingkat pendidikan yang berbeda dan anak usia 4-6 tahun. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, angket, observasi, dan wawancara dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif,” tambahnya.

Lebih lanjut, Nur Cholimah menyampaikan model pembelajaran ini secara jelas. Model pembelajaran MPMK meliputi sintak/ langkah pembelajaran yang terdiri dari menciptakan suasana hangat, memahamkan perilaku moral, merasakan perilaku moral, memotivasi untuk melakukan perilaku hormat, dan memberikan pujian perilaku moral. Model ini didukung sistem sosial yaitu orang tua, kepala sekolah dan guru, dengan prinsip reaksi suasana menyenangkan, menghargai anak, memberi contoh, diskusi dengan nalar, ditumbuhkan empati, diberi motivasi melakukan secara kontinu, diberikan pujian dan berpusat pada anak. Sistem pendukung berupa buku panduan, materi, jurnal stimulasi, media stimulasi hormat, media stimulasi tanggung jawab, instrument kemampuan perilaku anak, instrumen kemampuan stimulasi orang tua, pelatihan guru dan orang tua. “Model ini memiliki dampak pada peningkatan kemampuan orang tua dalam menstimulasi perilaku anak, dan kemampuan perilaku hormat dan tanggung jawab anak usia 4-6 tahun,” paparnya lagi. (rit)

Model Pembelajaran

Berita

  • Bangun Karier, Perkuat Kolaborasi: Ajakan untuk Mahasiswa FIP UNY
    08/25/2025 - 10:06
  • FIP UNY Jalin Kolaborasi Penelitian Internasional dengan King Abdulaziz University
    11/05/2025 - 08:56
  • Pemberdayaan Perempuan Desa: Ibu-Ibu PKK Terbah Didorong Jadi Mompreneur Mandiri
    09/09/2025 - 16:16
  • Satu Jam tiga puluh menit dengan Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd.
    02/21/2022 - 10:37
  • Lapangan Hijau FIP UNY Jadi Ruang Edukatif dan Ekologis di Tengah Gedung Perkuliahan
    09/26/2025 - 11:26
  • Mahasiswa Nabire Adi Buana Surabaya Belajar Media Pendidikan di FIP UNY untuk Majukan Daerah
    09/25/2025 - 12:08
  • FIP UNY dan UNIPA Surabaya Teken Komitmen Bersama dalam Kunjungan KKL Mahasiswa S2
    07/28/2025 - 13:11
  • PENGUATAN KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI
    10/02/2023 - 11:28
  • Bimbingan dan Konseling Berbasis Komunitas dalam Upaya Mendorong Pencapaian SDGs
    10/02/2023 - 10:55
  • Mata Kuliah Pengembangan Media Grafis Pembelajaran sebagai bentuk penerapan Indikator SDG's 9 - Industry, Innovation, and Infrastructure
    10/02/2023 - 08:35

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY