Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • Zona Integritas
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI

Pendidikan Komparatif (Langkah kecil Mendukung Ketercapaian indikator SDG’s Bidang Pendidikan)

By admin_fip | 10:09 AM WIB, Mon October 02, 2023

Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan merupakan kunci utama kemajuan suatu bangsa. Bangsan bangsa besar di dunia meletakkan pendidikan sebagai pilar utama dalam rencana pembangunannya. Pendidikan komparatif merupakan salah satu mata kuliah yang diberikan kepada para mahasiswa pada program studi Teknologi Pendidikan. Pada mata kuliah ini mahasiswa diberikan pengetahuan tentang pendidikan di berbagai negara. Pendidikan komparatif berusaha melakukan perbandingan teori dan praktik pendidikan di berbagai negara. Melakukan komparasi pendidikan antar negara ini menjadi penting, agar mahasiswa dapat melihat bagaimana suatu negara dapat memajukan negaranya melalui pendidikan. Salah satu contohnya, mahasiswa dapat mengetahui bahwa akan berhasil menjadi negara maju jika negara tersebut mampu membangun fasilitas pendidikan yang memadai dan angka melek huruf mencapai 100%.

Mata kuliah pendidikan komparatif ini menjadi Langkah kecil untuk mempromosikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG's) PBB. Langkah-Langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mendukung ketercapaian SDG’s melalui mata kuliah ini meliputi: 1) melakukan kajian terhadap bagaimana sistem pendidikan di negara maju dan dinegara berkembang, sehingga mahasiswa dapat memahami hal baik apa yang perlu dipelajari dan mungkin dapat diadopsi oleh pelaksanaan pendidikan di Indonesia dan begitu pula seebaliknya. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar tentang pendidikan yang berkualitas; 2) Memahami bahwa perubahan dunia yang terjadi begitu cepat, serta banyaknya permasalahan yang muncul dalam kehidupan dunia seperti munculnya wabah penyakit, perubahan iklim, bahkan kesenjangan dapat diselesaikan melalui pendidikan; dan 3) memiliki motivasi dalam belajar, berkarya dan melakukan perubahan di bidang pendidikan.

Pendidikan komparatif perlu diberikan kepada mahasiswa melalui metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat mahasiswa dalam mempelajari pendidikan komparatif, sehingga pada akhirnya mahasiswa memiliki pemahaman yang kuat tentang betapa pentingnya pendidikan dalam pembangunan suatu negara, bahwa pelaksanaan pendidikan dipengaruhi dan mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan dan akhirnya mata kuliah ini dapat mencadi tapak tapak langkah kecil yang memberikan kontribusi dalam mendorong upaya pencapian SDG’s. Oleh sebab itu, pada mata kuliah ini mahasiswa dilatih untuk dapat berfikir kreatif bagaimana mereka dapat mempresentasikan sistem pendidikan di berbagai negara (baik itu negara maju maupun negara berkembang) dengan menarik dan kreatif, selain itu mahasiswa juga diminta memikirkan ide tenatang bagaimana caranya dapat membangun diskusi dan mempresentasikan materi pembelajaran dengan cara yang mudah, menyenangkan serta konstruktif, sehingga apa yang mereka sampaikan dapat memberikan pemahaman yang komprehensif dan mendalam terhadap materi-materi yang dipelajari.

SDGS #4 QUALITY EDUCATION
SDGs #4 Pendidikan

Berita

  • Academic Collaboration Visit to The Faculty of Education, Universiti Malaya
    05/11/2023 - 11:26
  • FIPP UNY Juara Umum Peringkat 3 dalam DRPM Award UNY 2024
    05/16/2024 - 15:25
  • Proses Cek Turnitin bagi Mahasiswa S2 FIPP UNY: Panduan Lengkap & Biaya Pengecekan
    03/10/2025 - 13:53
  • Workshop Penulisan Artikel Penulisan Jurnal Hasil Pengabdian kepada Masyarakat
    10/01/2024 - 10:35
  • “ NYAWIJI KARO SIJI” Tema LKMM KMMD FIP UNY 2022
    02/26/2022 - 08:43
  • Dosen PLB FIP UNY Pimpin Penguatan Kampus Inklusif, PsLD UNY Susun Modul Pembelajaran
    08/19/2025 - 08:57
  • Universitas Doktor Nugroho Magetan Jalin Kerjasama Penyelenggarakaan Perkuliahan Program Doktor di Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY
    01/21/2023 - 09:02
  • Srawung Pendidikan #4: Mewujudkan Pendidikan Berkeadilan di Sekolah Dasar
    02/26/2025 - 17:21
  • FIPP UNY terima Kunjungan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar
    05/31/2023 - 10:28
  • Academic Collaboration Visit to the Faculty of Education, Srinakharinwirot University, Thailand
    06/15/2023 - 09:38

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY