Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Mengatasi Stres dan Burnout dalam Upaya Mencapai Kesehatan dan Kesejahteraan : Analisis dalam Matakuliah Kajian Bimbingan dan Konseling Belajar

By admin_fip | 11:13 AM WIB, Mon October 02, 2023

Kajian Bimbingan dan Konseling Belajar adalah salah satu mata kuliah yang penting dalam pendidikan tinggi. Selain memberikan pemahaman tentang bimbingan dan konseling, mata kuliah ini juga memiliki potensi besar untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 3, yaitu "Kesehatan dan Kesejahteraan Bagi Semua." Salah satu aspek penting dari kesejahteraan adalah mengatasi stres dan burnout, yang sering kali terkait dengan belajar dan pendidikan.

Stres dan burnout adalah masalah serius yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang. Dalam konteks pendidikan, terutama di tingkat perguruan tinggi, tekanan akademik dan sosial dapat menjadi pemicu stres dan burnout. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kajian Bimbingan dan Konseling Belajar untuk memahami bagaimana mengenali, mengatasi, dan mencegah masalah ini.

Salah satu komponen penting dalam mata kuliah ini adalah membantu mahasiswa mengenali tanda-tanda stres dan burnout dalam diri mereka sendiri dan dalam lingkungan sekitar. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengambil tindakan sebelum masalah ini berkembang menjadi lebih serius. Mahasiswa juga belajar teknik-teknik koping yang efektif dan strategi untuk mengelola stres secara sehat.

Selain itu, mata kuliah Kajian Bimbingan dan Konseling Belajar mengajarkan pentingnya dukungan sosial dan berbagi pengalaman dengan teman sebaya. Ini membantu dalam mengurangi isolasi dan stigma yang seringkali terkait dengan masalah stres dan burnout.

Selama perkuliahan, mahasiswa juga diajarkan tentang bagaimana peran bimbingan dan konseling belajar dapat membantu individu yang mengalami stres dan burnout. Ini mencakup kemampuan untuk mengidentifikasi masalah, memberikan dukungan emosional, dan mengarahkan individu ke sumber daya yang tepat, seperti layanan kesehatan mental.

Dalam kuliah dosen tamu Dr. Mohd Ahsani A. Malek dari Universiti Sultan Azlan Shah Malaysia menyampaikan bahwa kesejahteraan psikologis adalah elemen kunci dari kesejahteraan umum. Dengan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang stres dan burnout serta keterampilan untuk mengatasi masalah ini, mahasiswa kami dapat berperan dalam mencapai SDGs 3."

Dalam era yang semakin penuh tekanan dan tuntutan, pendidikan tinggi memiliki tanggung jawab untuk memberikan pemahaman dan dukungan yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Mata kuliah Kajian Bimbingan dan Konseling Belajar adalah salah satu cara di mana pendidikan tinggi dapat berkontribusi pada kesehatan mental dan kesejahteraan, mendukung pencapaian SDGs 3, dan membantu mahasiswa menjadi pribadi yang lebih seimbang dan produktif.

SDGs #3 GOOD HEALTH AND WELL BEING

Berita

  • Mega Setya Handayani: Juara 1 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi FIPP UNY 2024
    03/06/2024 - 13:25
  • Seminar PGSD, Peran Pendidikan Dasar untuk Kebangkitan Nasional : Ragam Perspektif Dalam Inovasi Era Digital
    06/07/2021 - 10:16
  • Membangun Keluarga Berdaya: UNY Luncurkan Pelatihan untuk Generasi Unggul di Bantul
    08/12/2024 - 13:15
  • FIP UNY dan FKIP UNS Jalin Kolaborasi Penguatan Nilai Etika di Kampus
    07/22/2025 - 08:55
  • FIP UNY Sulap Lahan dan Kolam Jadi Budidaya Ikan Nila, Wujudkan SDGs di Kampus
    09/30/2025 - 09:22
  • Studium General FIPP UNY 2025: Awal Perkuliahan dengan Semangat Inovasi dan Prestasi
    02/10/2025 - 12:05
  • Workshop Unit Bahasa: Improving Academic Writing through Proofreading
    11/29/2022 - 13:55
  • FIPP UNY: Coaching Clinic untuk Tingkatkan Kualitas Proposal Hibah Kompetisi DRTPM
    03/14/2024 - 13:16
  • Coaching Clinic Penyusunan Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM)  FIPP UNY
    03/19/2024 - 14:11
  • ISU SDGs DALAM PERKULIAHAN KEBIJAKAN GURU DAN PEMBELAJARAN
    10/02/2023 - 08:41

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY