Belajar Bareng Masyarakat

Dusun Duwetrejo merupakan dusun yang terletak di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul. Akses menuju ke desa tersebut justru lebih dekat dari pusat kota Wonosari, Ibu kota  Kabupaten Gunung Kidul. Dusun Duwetrejo memiliki potensi alam yang luar biasa.  Pasokan air bersih di daerah ini  berasal dari sumber mata air bawah tanah yang muncul ke permukaan namun dalam penggunaannya masih bersifat tradisional dengan menggunakan tenaga manusia. Walaupun teknologi sudah semakin canggih namun dari sebagian penduduk masih belum mampu untuk memanfaatkan tekologi tersebut. Sebagian rumah penduduk masih menggunakan bilik sebagai tempat tinggal rumah mereka dengan beralaskan tanah. Beberapa jalan menuju perkampunganwarga di Dusun Duwetrejo  masih terlihat rusak, hanya jalan utama yang sudah diperbaiki.

Dusun Duwetrejo mempunyai beberapa potensi alam yaitu diantaraya Goa Pari, Goa Bening dan sumber bener. Panorama dan keindahan objek tersebut sangatlah indah. Kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Dusun Duwetrejo tersebut berpotensi besar untuk menjadi daya tarik wisata, khususnya wisata alam, budaya dan edukatif. Kesadaran atas potensi besar tersebut yang menjadi latar belakang masyarakat dan tokoh setempat untuk memperjuangkan Dusun Duwetrejo menjadi desa wisata, dengan memiliki wisata alam yang sangat baik yaitu Goa Pari dan Goa Bening.

Melihat berbagai potensi dan keterbatasan yang ada di Dusun Duwetrejo, BEM FIP UNY tertarik untuk membantu masyarakat Duwetrejo mengembangkan potensi yang dimiliki masyarakat Duwetrejo demi kesejahteraan masyarakat, melalui program Belajar Bareng Masyarakat (BBM) yang merupakan agenda rutin BEM FIP UNY bekerjasama dengan beberapa pihak. Program ini dilaksanakan bertujuan membantu mengembangkan potensi masyarakat Duwetrejo, mengembangkan jiwa kritis dan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat serta melatih kemandirian dalam bersosialisasi dengan masyarakat umum.

Kegiatan tersebut selain di ikuti oleh  mahasiswa UNY juga Universitas Hang Tuah Surabaya sebanyak 150 mahasiswa dengan serangkaian program yang dimulai dari tanggal 29 November  sampai dengan 2 Desember 2012. Kegiatan itu diantaranya Penyuluhan Pendidikan, Penyuluhan Desa Wisata, TPA, Pengajian Akbar, Pembuatan Taman Bacaan, Taman Belajar, Kerja Bakti, Bazar, Pentas Seni  dan di puncak acaranya Jalan Sehat Masal sebagai upaya memperkenalkan potensi alam yang dimiliki Dusun Duwetrejo. (yud/ant)