MAHASISWA FIP UNY IKUTI STUDENT EXCHANGE KE AICHI UNIVERSITY OF EDUCATION, JEPANG

Aichi University of Education, Jepang, merupakan salah satu mitra yang dimiliki oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Program kerjasama yang dijajaki oleh kedua belah pihak adalah Student Exchange Program dengan nama program Aichi University of Education (AUE) Student Exchange Program, dimana setiap tahunnya selalu ada mahasiswa dari UNY yang mengikuti program tersebut selama kurun waktu 6 hingga 12 bulan.

Untuk periode tahun 2016/2017 ini, dua mahasiswa dari Fakultas Ilmu Pendidikan yaitu Miftah Rahardian Sudirman (Raha) dari Jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2014 dan Shinta Fitri Utami (Shinta) dari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar angkatan 2014, berhasil lolos atas seleksi yang telah dilakukan dalam beberapa tahap, baik seleksi tingkat universitas yang dilakukan oleh pihak Kantor Urusan Interasional dan Kemitraan (KUIK) UNY, hingga seleksi internasional yang dilakukan oleh AUE.

Seleksi yang dilakukan oleh pihak KUIK UNY meliputi seleksi administrasi/berkas, psikotes, dan wawancara, sedangkan seleksi internasional yang dilakukan oleh AUE secara Internasional adalah seleksi berkas saja, hal ini karena calon mahasiswa yang mereka seleksi biasanya merupakan mahasiswa perwakilan yang telah diseleksi oleh masing-masing kampus. Pada tahap seleksi internasional terdapat 32 universitas mitra dari AUE yang tersebar di 16 negara berbeda termasuk dari Indonesia adalah Universitas Negeri Yogyakarta.

Pada awalnya keduanya sempat gagal untuk mendapatkan beasiswa program tersebut pada periode keberangkatan bulan April 2016 dimana beasiswa dari Aichi University of Education tidak mereka dapatkan, akan tetapi nasib mujur masih menghampiri kedua mahasiswa tersebut karena pada bulan Mei 2016, Aichi University of Education kembali memproses berkas pendaftaran mereka untuk diikutkan seleksi beasiswa dari JASSO (Japan Student Service Organization). Setelah lebih dari 1 bulan menunggu keluarlah hasil seleksi yang menyatakan bahwa kedua mahasiswa tersebut lolos seleksi dan berhak untuk mengikuti program ini selama satu tahun di Aichi University of Education, Jepang.

Saat ini mereka berdua telah berada di Aichi University of Education untuk menjalani kegiatan perkuliahan bersama dengan 9 mahasiswa lain yang berasal dari China, Thailand, Korea Selatan, Jerman, dan Kamboja. (rah/ant)