Mengeksplorasi Tantangan dan Strategi Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dasar Penggerak di Daerah Pesisir

Program Studi S2 Manajemen Pendidikan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul telah melaksanakan kegiatan penelitian dengan tujuan untuk menggali berbagai tantangan dan strategi kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dasar penggerak di daerah terpencil pesisir. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 1 Maret hingga 30 Agustus 2023 di lima Sekolah Dasar Negeri (SDN) sebagai tempat pelaksanaan, yaitu SDN Pudak Tepus, SDN Kemadang Tanjungsari, SDN Petoyan 2 Purwosari, SDN Girisekar Panggang, dan SDN Monggol 1 Saptosari.

Matakuliah terkait yang menjadi fokus penelitian adalah Kepemimpinan Pendidikan. Output dari kegiatan ini adalah artikel ilmiah yang menggambarkan hasil penelitian dan eksplorasi mengenai kepemimpinan pembelajaran para kepala sekolah dasar penggerak di daerah pesisir.

Salah satu tujuan penelitian ini adalah untuk memenuhi Indikator Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya SDGs 4 tentang Peningkatan Kualitas Pendidikan. Dengan mengetahui berbagai tantangan dan strategi kepemimpinan pembelajaran, diharapkan informasi yang diperoleh dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memenuhi SDGs 10, yaitu Mengurangi Ketimpangan (Reduced Inequalities). Dengan adanya informasi mengenai kepemimpinan pembelajaran, berbagai stakeholder termasuk Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul dan para kepala sekolah dasar penggerak dapat bekerja sama untuk mengurangi ketimpangan pendidikan dan menciptakan pendidikan yang lebih adil dan merata.

Kolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul dan sekolah-sasaran dalam kegiatan penelitian ini juga mendukung pencapaian SDGs 17 tentang Kemitraan untuk Tujuan (Partnership for the Goals). Departemen AP menjalin kemitraan ini untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) pendidikan. Dengan semangat SDGs, penelitian ini memberi inspirasi bagi semua elemen pendidikan yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas (quality), keadilan (equity), dan kemitraan (partnership) yang berkelanjutan.