Puncak Dies Natalis ke-70, Fakultas Ilmu Pendidikan UNY Menyelenggarakan Orasi Ilmiah

Jumat (14/8) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY mengadakan Sidang Senat Terbuka Upacara Dies Natalis ke-70 yang diisi dengan Laporan Tahunan Dekan dan Orasi Ilmiah. Orasi ilmiah di isi oleh Direktur Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Samto, M. Pd. Tajuk orasi yang disampaikan berkaitan Pembelajaran Era Pandemi Covid 19: Momentum Perubahan Paradigma Pendidikan. Wabah pandemi covid-19 membawa dampak terhadap akselerasi adaptasi teknologi digital di dunia pendidikan. Kecepatan kemajuan teknologi kurang diimbangi dengan keterampilan masyarakat dalam mengakses teknologi digital. Selain itu, adanya proyeksi dari McKinsey bahwa beberapa pekerjaan akan hilang dan yang akan muncul karena dampak otomatisasi. Hikmah pandemi covid-19 menyadarkan pada masyarakat tentang makna pendidikan di keluarga dan tercapainya pembelajar tangguh. Hal yang perlu diperhatikan yaitu kompetensi Abad 21 dengan literasi dan karakter sebagai penguatan pembelajaran. Masyarakat perlu sadar adanya sinergi trinitas pendidikan. Keluarga menjadi pusat pembelajaran, kesadaran pentingnya peran keluarga dan masyarakat dalam membangun sistem ekosistem pendidikan yang sehat. Paradigma yang perlu digeser yaitu pendidikan saat ini transformasi pembelajaran konstruktivistik mauupun humanistik

Sebelum acara puncak diselenggarakan, FIP UNY melakukan serangkaian kegiatan Dies. Walaupun masih terjadi wabah pandemi covid-19, FIP UNY tetap melakukan bakti sosial dan pencanangan melalui senam bersama, lomba tenis meja yang tentunya mematuhi protokol dari satgas covid-19. Pada Dies tahun ini, FIP juga menerbitkan buku yang ditulis oleh perwakilan setiap program studi yang akan menjadi ciri khas dari FIP UNY. Saat ini, FIP telah mempersiapkan diri untuk menjadi kampus merdeka yang dimulai dari kesiapan kurikulum dalam pola 512, 611 dan 602 di setiap program studi.

Pada laporan Dekan disampaikan prestasi yang telah dicapai FIP dalam usia 70 tahun. FIP patut berbangga dengan adanya 8 dari 9 program studi yang terakreditasi A (unggul) oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinngi. Satu program studi yaitu Psikologi saat ini sedang mempersiapkan diri mengikuti akreditasi internasional mengikuti jejak 3 prodi sebelumnya. Prestasi akademik mahasiswa ditandai dengan kenaikan rerata IPK sebesar 3,56. Kinerja dosen dalam publikasi ilmiah juga mengalami peningkatan terutama dalam hal penerbitan buku referensi.Prestasi FIP akan senantiasa berkembang dan berpacu mengikuti perkembangan dunia pendidikan saat ini. Jayalah FIP, maju dan teruslah memimpin di dunia pendidikan.(Rend/Rit)