Syawalan & Rekreasi Tahunan Keluarga Besar Fakultas Ilmu Pendidikan UNY

Masih jelas teringat dalam benak kita akan kumandang takbir dan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H seraya memohon maaf guna melebur segala khilaf, salah maupun dosa yang kita perbuat. Masih dalam bulan yang penuh maaf ini tepatnya bulan Syawal (dalam tahun Hijriah), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY menyelenggarakan acara saling maaf – memaafkan yang biasa disebut dengan acara Syawalan. Acara yang diselenggarakan di taman Hotel Puri Asri Magelang tersebut terasa lebih meriah karena digabungkan dengan acara rekreasi tahunan Fakultas Ilmu Pendidikan.
Pertama-tama seluruh peserta syawalan dan rekreasi berkumpul di halaman parkir kampus Fakultas Ilmu Pendidikan. Seluruh rombongan peserta berangkat pada pukul 07.30 WIB dengan menggunakan 9 buah bus pariwisata. Rombongan peserta syawalan dan rekreasi tiba dilokasi sekitar pukul 09.30 WIB. Setelah turun dari bus para peserta langsung disambut dengan pemandangan yang indah dan taman rekreasi Kyai Langgeng yang meriah.
Pukul 09.30 WIB acara dibuka oleh ketua panitia kegiatan yaitu bapak Supaya, S.Pd. Acara syawalan sengaja diselenggarakan di halaman Hotel Puri Asri agar terasa lebih santai dan relax karena lokasi tersebut dekat dengan pemandangan dan sungai. Sambutan yang kedua adalah sambutan dari Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY yaitu bapak Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum. dalam sambutannya beliau berharap agar acara dapat berjalan dengan lancar sampai dengan selesai.
Sedangkan pada sambutan yang ketiga, terasa sangat spesial karena acara syawalan kali ini ada sambutan dari Rektor Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Prof. Dr. Rochmat Wahab, MA. Dalam sambutan tersebut beliau sangat berterimakasih kepada seluruh panitia penyelenggara yang sudah bersusah payah untuk menyelenggarakan acara syawalan dan rekreasi tahunan ini. Beliau juga sangat berharap dengan acara-acara semacam ini dapat memperkokoh tali silaturahmi dan semangat kekeluargaan Fakultas Ilmu Pendidikan. Karena selama ini Beliau sudah merasa lama sekali menantikan saat-saat dimana seluruh keluarga besar FIP dapat saling menjalin tali silaturahmi dan menjunjung semangat kekeluargaan.
Dan setelah sambutan dari bapak Rektor, acara dilanjutkan dengan pelepasan purna tugas dan calon jemaah haji. Acara pelepasan tersebut ditandai dengan pemberian kenang-kenangan dari Fakultas ilmu Pendidikan yang diserahkan langsung oleh bapak Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum selaku pimpinan Fakultas. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan acara hiburan, mulai dari alunan organ tunggal campursari, permainan anak-anak sampai dengan acara bakar jagung dan jadah. Disela-sela acara hiburan tersebut, tiba-tiba turun hujan yang cukup deras. Sehingga para peserta langsung berlarian menuju tempat berteduh. Namun demikian acara dapat kembali meriah dengan adanya pengundian doorprize.
Setelah kurang lebih 45 menit, hujan akhirnya reda juga. Akhirnya para peserta pun berduyun-duyun menuju masjid untuk sholat Dhuhur karena sudah tidak sabar ingin melanjutkan acara rekreasi ke Taman Kyai Langgeng. Setelah masuk ke Taman Kyai Langgeng, para peserta dimanjakan dengan berbagai permainan yang menghibur. Diantaranya jika ingin menguji nyali ada Jetcoaster, atau yang ingin menikmati suasana taman bisa dengan naik Kereta Api Mini dan lain sebagainya. Dan akhirnya tepat pukul 15.00 WIB peserta harus sudah berkumpul di parkiran taman Kyai Langgeng untuk kemudian pulang menuju kampus. Seluruh rombongan peserta syawalan dan rekreasi tahunan keluarga besar Fakultas Ilmu Pendidikan akhirnya tiba di kampus kurang lebih pukul 16.30 WIB. (dk)