WORKSHOP PENINGKATAN KINERJA TENDIK FIP UNY

Sabtu(31/8) Fakultas Ilmu Pendidikan mengadakan kegiatan pelatihan peningkatan kinerja tenaga kependidikan FIP UNY di Probolinggo, Jawa Timur. Bertempat di ruang pertemuan hotel Whizz Capsule Bromo. Pelatihan ini dikemas dalam bentuk workshop sekaligus kegiatan di alam terbuka. Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Dekan II FIP UNY, Dr. Cepi Safruddin, M.Pd. Dalam sambutan pembukaan workshop ini menyebutkan acara dilakukan di alam terbuka agar lebih fresh dan tidak jenuh dengan rutinitas di kantor, untuk itu semua tendik diharapkan dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan pikiran senang. Karena dengan pikiran yang baik, akan memberikan sikap yang positif. Cepi menjelaskan bahwa tenaga kependidikan sangat berperan penting dalam memberikan pelayanan pada institusi pendidikan. “Oleh karena itu, selepas kegiatan ini dan saat kembali kekampus diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih prima lagi”, imbuhnya.

Kegiatan workshop diisi oleh Bapak Teguh Triwiyanto, M.Pd. Dosen dari Universitas Negeri Malang. Mengangkat tema dengan judul “Tantangan Universitas Era 4.0 Menjadi Tendik Berkapabilitas”. Sebelum memaparkan materi, Teguh mengajak seluruh peserta untuk mengucapkan syukur, bersyukur karna kita dalam dunia pendidikan, dunia yang sangat mulia. Selanjutnya, beliau meminta kepada seluruh peserta menuliskan nama salah seorang yang sangat dikagumi, kemudian satu hal yang paling dikagumi (antara sikap, keahlian dan penampilan). “Sebanyak 95% jawaban mengacu pada sikap, yang artinya menjadi tendik berkapabilitas hal utama yang harus dijaga adalah sikap”, paparnya. Hidup adalah 10% apa yang terjadi pada kita, dan 90% sisanya adalah cara kita menghadapi itu semua. Jadi semua tergantung kita, dan kitalah yang menentukan sikap kita. “Seseorang dengan sikap yang buruk, tidak mungkin bisa mempertahankan kesuksesannya dalam dunia kerja”, tutupnya.

Acara yang diikuti sejumlah 81 orang tenaga kependidikan FIP UNY ini diharapkan mampu memupuk rasa mencintai pekerjaan,memotivasi dalam bekerja, serta dapat membangun sikap yang baik. Utamanya dalam memberikan pelayanan kepada civitas akademika serta masyarakat secara luas. (pit)

Tags: