Workshop PKM 5 untuk Mahasiswa Baru FIP UNY

Kamis (25/9) Fakultas Ilmu Pendidikan mengadakan pelatihan PKM Lima Bidang yang diselenggarakan di Auditorium UNY. Sebanyak kurang lebih 800 mahasiswa/I akt. 2016 dari berbagai jurusan mengikuti pelatihan ini. PKM Lima Bidang merupakan salah satu rangkaian dari Tujuh PKM yang terdiri dari penelitian, teknologi, kewirausahaan, masyarakat, karya cipta, gagasan tulis dan artikel ilmiah. Untuk pelatihan kali ini diadakan di Auditorium UNY. Acara ini dihadiri oleh Dekan FIP, WD I, II, III, dan Bapak Ibu Dosen Pendamping Mahasiswa.

Acara diawali dengan sambutan oleh ketua panitia, WD III, Dr. Sujarwo, M.Pd. Yang kemudian pemberian pengarahan dan pembukaan oleh Dekan FIP, Dr.Haryanto, M.Pd. Dalam paparannya, PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) merupakan sebuah program hibah yang diberikan kepada mahasiswa untuk mengembangkan segala kreativitasnya dalam berbagai bidang. Tujuannya, diharapkan mahasiswa memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill.

PKM datang dengan tujuh jenis program yang berbeda mulai dari PKM-Penelitian, PKM-Kewirausahaan, PKM-M (pengabdian masyarakat), PKM-T (penerapan teknologi), PKM-Karsa Cipta ditawarkan pada periode pertama. Periode ini semacam penawaran program hibah yang biasanya disebut PKM 5 (lima) bidang. Lima bidang tersebut merupakan bidang yang paling popular di mana kelompok pengusul harus melakukan kegiatan dari tahap demi tahap yang telah diajukan dalam proposal. Kemudian, pada perode penawaran kedua terdiri dari PKM-Gagasan Tertulis dan PKM-Artikel Ilmiah.

Selanjutnya pengarahan diberikan oleh dosen pendamping. Dalam pengarahan, mahasiswa diberikan pengertian mengenai point pada PKM yaitu kisi-kisi, materi kegiatan, pendanaan, rambu-rambu dan etika penulisan karya tulis. Pelatihan kemudian difokuskan ke dalam kelompok yang lebih kecil agar mahasiswa dapat mengakses informasi dengan lebih spesifik dengan didampingi oleh dosen pendamping mahasiswa. (ant)