Kolaborasi Mbangun Desa antara FIP UNY dengan Desa Giripurwo, Purwosari, Gunungkidul

Fakulltas Ilmu Pendidikan UNY pada tahun 2022 ini kembali melanjutkan kolaborasi “Mbangun Desa” bersama Segenap Stakeholder Desa Giripurwo, Purwosari Gunungkidul. Sebelumnya tahun 2021, FIP UNY juga sudah mengawali beragam kegiatan Mbangun Desa. (rit)

“Pada tahun 2022, kegiatan Mbangun Desa ini bertepatan dengan agenda Dies Natalis ke-58 Universitas Negeri Yogyakarta yang bertemakan “Sinergi UNY dalam mewujudkan pendidikan yang unggul, kreatif dan inovasi berkelanjutan sebagai investasi peradaban bangsa”. Sejalan dengan tema tersebut, maka kegiatan ini difokuskan pada kontribusi peningkatan SDM masyarakat dan peningkatan aset- aset potensi yang barada di masyarakat Giripurwo,” ungkap Dr. Joko Pamungkas, M.Pd, selaku ketua Program Mbangun Desa, Program PPM Pengembangan Wilayah Binaan FIP UNY.

Joko menyampaikan kegiatan Mbangun Desa pada tahun 2022 ini ada 12 kegiatan. Kegiatan tersebut yaitu: Pelatihan Nilai – Nilai Budi Pekerti, Bahasa Jawa dan Unggah – Ungguh, Pelatihan Manajemen Investasi, Pariwisata, UMKM, Pelatihan Pengemasan Nilai - Nilai Produksi Giripurwo, Pelatihan Mocopat dan Geguritan, Pendampingan Langen Carito Guru SD, Pelatihan dan Peningkatan Sumber Daya Muda Giripurwo, Peningkatan Ketrampilan SDM Pengelola Organisasi Desa, Peningkatan Ketrampilan Pengelola Aset Pendidikan, Pelatihan Pengembangan Dolanan Tradisionl, Pelatihan Pengemasan, dan Pemasaran Aset dan Desa Giripurwo Berbasis Digital dan Pengemasan berbasis IT, Unjuk Karya Hasil Binaan Desa Budaya Giripurwo. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 12 Maret 2022 hingga 4 Juni 2022.

Program Mbangun Desa Pengembangan Wilayah Binaan FIP UNY 2022 ini secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Cepi Safruddin AJ, M.Pd., Sabtu, 12 Maret 2022, di Balai Desa Giripurwo, Purwosari, Gunungkidul.

Cepi dalam sambutannya berharap program - program Mbangun Desa ini bermanfaat untuk masyarakat Desa Giripurwo. “Kami datang ke sini, tidak membawa semen, aspal, kami hanya punya pengetahuan, semoga pengetahuan yang sedikit ini ini bermanfaat,” katanya.

Kepala Desa Giripurwo, Supriyadi menyambut baik Program Mbangun Desa FIP UNY ini, dan mengucapkan terimakasih kepada keluarga Besar FIP UNY yang telah memberikan kepercayaan kepada Desa Giripurwo untuk berkolaborasi dalam Membangun Desa Giripurwo. “Kami harap kerjasama Mbangun Desa ini terus berlanjut dan bisa meningkatkan kualitas SDM masyarakat Giripurwo, “ harapnya. (rit)