12 Dekan FIP di LPTK Berkolaborasi Siapkan FIP JIP 2023

Dekan FIP UNY bersama Dekan di 12 LPTK berkumpul di Hotel UNY membicarakan persiapan Forum Ilmu Pendidikan dan Jurusan Ilmu Pendidikan (FP JIP) tahun 2023 yang akan digelar di Yogyakata, 14-16 Juli 2022.

Dekan FIP UNY, Dr. Sujarwo, M.Pd, atasnama Rektor UNY, mengucapkan selamat datang kepada peserta. “Kegiatan ini digagas kita bersama, pertemuan saat ini merupakan kelanjutan dari hasil petemuan di Jakarta dan Bandung, koordinasi ini mempersiapkan kegiatan yg akan puncaknya pada tahun 2023,” sambutnya. Sujarwo menegaskan, tujuan pertemuan ini nantinya akan menghasilkan tema yang akan dibreakdown menjadi sub-sub tema. Selain membahas tema kegiatan FIP JIP 2023, di forum ini juga membahas kemitraan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM). “Pada tataran fakultas, kitalah yang membuat kebijakan kebijakan, sedang untuk masalah teknis akan dibicarakan oleh prodi masing – masing, “pungkasnya.

Ketua FIP JIP, Prof. Dr. Fahrurrozi, M.Pd., turut memberikan arahan dalam kegiatan tersebut. Dalam arahannya, Prof Fahrurrozi menyampaikan laporan pelaksanaan FIP JIP 2021 yang masih meninggalkan pekerjaan rumah (PR) yang harus segera dituntaskan. “PR tersebut sudah kita sampaikan ke WD 1 di Bali beberapa waktu kemaren,” katanya. Fahrurrozi juga menegaskan dalam kegiatan ini diharapkan menghasilkan program program FIP JIP 2023 yang sebelumnya sudah dibahas oleh WD Bidang Akademik dan WD bidang kemahasiswaan berupa program program akademik dan aneka lomba untuk mahasiswa.

Dr. Joko Pamungkas, M.Pd., selaku perwakilan WD Bidang Kemhasiswaan menyampaikan hasil keputusan pertemuan WD Kemahasiswaan di Undiksa, Bali terkait dengan cabng lomba dalam rangka FIP JIP 2023. Adapun cabang limba itu terdiri dari 18 cabang lomba, diantaranya adalah lomba media pembelajaran nondigital, lomba penulisan cerpen, loba tari pendidikan, lomba menyanyi dangdut, lomba fotografi, lomba poster, lomba menyanyi pop, lomba menyanyi keroncong, lomba desain logo, lomba gagasan tertulis, lomba artikel ilmiah, lomba 3 minutes speech on education, lomba produk media pembelajaran digital, lomba karya nyata ORMAWA, lomba prestasi unggulan mahasiswa, lomba musikalisasi puisi, dan lomba mendongeng

Dr. Cepi Safruddin AJ., M.Pd, selaku Wakil Dekan Bidang Akademik menyampaikan hasil pertemuan WD Akadmeik di Bali, beberapa diantaranya adalah Seminar interasional, publikasi artikel seminar internasional, pemilihan tokoh pendidikan, pemilihan dosen berprestasi non guru besar, pemilihan dosen berprestasi guru besar, pemilihan tendik berprestasi, forum kolegial dekan dan jurusan/prodi FIP/JIP. (rit)

Tags: