MATA KULIAH KEBAHAGIAAN DI TEMPAT KERJA MENDORONG PENCAPAIAN INDIKATOR KEHIDUPAN SEHAT DAN SEJAHTERA

Saat ini kebahagiaan di tempat kerja merupakan pembahasan yang menarik di dunia kerja. Kebahagiaan di tempat kerja didefinisikan sebagai suatu mindset yang memungkinkan seseorang dapat memaksimalkan kinerja dan mencapai potensi yang dimiliki. Hal yang memungkinkan terjadi ketika seseorang Bahagia ketika bekerja maka seseorang tersebut : 1) mendapat promosi lebih cepat karena memiliki kualitas kerja yang baik; 2) memungkinkan digaji lebih besar ; 3) mencapai tujuan lebih cepat; 4) belajar lebih banyak dan 5) lebih sehat.

Hal ini menjadi menarik karena dari istilah kerja itu sendiri dapat memberikan dampak yang positif maupun negatif. Dampak positif karena dengan bekerja seseorang akan dapat merasakan kepuasan dan kebahagiaan, sementara di sisi lain bekerja justru dapat mendatangkan problem dan stress. Sementara itu, manusia dalam hal ini karyawan merupakan asset Perusahaan atau organisasi yang paling penting. Seberapa besar asset perusahaan yang berupa asset fisik, keuangan dan canggihnya teknologi yang dimiliki, tidak akan berarti apa pun kalau tidak memiliki asset manusia yang berkualitas.

Terkait dengan salah satu indikator SDG’s yaitu indikator kehidupan sehat dan sejahtera, seorang karyawan yang mampu merasakan kebahagiaan secara bersamaan juga akan sehat. Hal ini tentu saja akan dapat memberikan nilai positif bagi organisasi dan perusahaan. Upaya pencapaian target SDG’s dapat tercapai dengan ketercapaian nilai positif organisasi yang tergambarkan dengan dimilikinya karyawan-karyawan yang Bahagia.

dengan hal tersebut, Prodi S2 Psikologi FIPP UNY yang kurikulumnya mengacu pada pendekatan psikologi positif menyajikan matakuliah peminatan dalam mengelola karyawan dan organisasi, yaitu mata kuliah Kebahagiaan di Tempat Kerja. Mata kuliah ini sebagai salah satu mata kuliah di Prodi S2 Psikologi FIPP UNY yang mampu memberikan kontribusi pada peningkatan pemahaman tentang pentingnya kebahagiaan saat karyawan bekerja. Kebahagiaan ini dapat diciptakan dan dikembangkan, sehingga mata kuliah ini sangat relevan untuk dijadikan bekal bagi mahasiswa ketika memutuskan untuk menjadi ahli yang concern dalam pengelolaan karyawan dan organisasi.

Matakuliah ini menyajikan materi-materi yang memberikan pemahaman tentang bagaimana karyawan dapat memaksimalkan kinerja dan pencapaian potensi diri dengan emosi positif di tempat kerja baik ketika sendiri maupun bersama kelompok. Adapun materinya meliputi konsep kebahagiaan di tempat kerja, kaitan antara kebahagiaan dengan organisasi, relasi dan desain kerja, inovasi dan perubahan, faktor-faktor yang mempengaruhi kebahagiaan di tempat kerja, promosi kebahagiaan kerja dan intervensi positif.

Matakuliah ini penting bagi mahasiswa sebagai landasan dalam pemahaman tentang pentingnya asset manusia dengan faktor psikologisnya. Muara dari adanya pemahaman ini, mahasiswa akan

lebih memperhatikan kehidupan sehat dan sejahtera bagi karyawan. Mahasiswa yang pada akhirnya akan menjadi pemangku kebijakan akan memperlakukan manusia selayaknya makhluk yang memiliki keterbatasan, sekaligus memiliki kebutuhan untuk sejahtera.