Mewujudkan Tercapainya Indikator SDGs di Dunia Pendidikan melalui Mata Kuliah Pengembangan Sistem Informasi Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu faktor fundamental pembangunan, dan untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), inovasi dalam dunia pendidikan menjadi sangat penting. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengintegrasikan mata kuliah Pengembangan Sistem Informasi Pendidikan (PSIP) dalam kurikulum Pendidikan Tinggi. Mata kuliah PSIP membahas konsep dasar Sistem Informasi Pendidikan (SIP), SIP dengan fungsi manajemen, hubungan SIP dengan pengambilan Keputusan, komputerisasi SIP, pengembangan SIP, dan audit SIP. Sistem Informasi Pendidikan merujuk pada sekumpulan aktivitas: mengumpulkan, memantau, mengelola, menganalisis, dan menyebarkan informasi tentang masukan, proses, dan hasil pendidikan.

Urgensi mata kuliah ini tak hanya terletak pada pengembangan individu, tetapi juga dalam mewujudkan tercapainya Indikator SDGs. Berbagai tema dalam mata kuliah PSIP terkait dengan indikator SDGs, seperti: (a) SDG 4: Peningkatan Kualitas Pendidikan (Quality Education): PSIP dapat membantu meningkatkan pendidikan yang berkualitas melalui pengembangan SIP yang efektif dan efisien. Berbagai aplikasi berbasis komputer memungkinkan meningkatkan layanan pendidikan untuk semua stakeholder; (b) SDG 10: Mengurangi Ketimpangan (Reduced Inequalities): Adanya literasi digital dan literasi informasi dapat meningkatkan kemampuan mengakses informasi secara cepat dan mudah sehingga membantu mahasiswa dalam mengambil Keputusan yang lebih baik dan meningkatkan pengetahuan mereka tentang berbagai hal; dan (c) SDG 17: Kemitraan untuk Tujuan (Partnership for the Goals): Dalam penyusunan bahan ajar, dosen dan mahasiswa juga berkolaborasi dengan berbagai stakeholder, seperti analis (analyst), pengembang (developer), pengelola (admin), dan pengguna (user) program, sehingga bahan ajar tidak hanya bersifat teoritis namun juga faktual. Hal ini sesuai dengan prinsip kemitraan (partnership) yang ditekankan dalam SDGs.

Mata kuliah PSIP memberikan landasan bagi mahasiswa sebagai agen perubahan yang akan membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan. Mata kuliah ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memahami secara holistik sistem informasi dalam dunia pendidikan, baik secara teoritis maupun praktis. Dengan menghubungkan konsep dan praksis PSIP dengan pencapaian Indikator SDG's, pendidikan akan menjadi kekuatan utama dalam menciptakan masyarakat yang lebih berkelanjutan dan inklusif. Selaras dengan semangat SDGs, mata kuliah ini menginspirasi mahasiswa untuk menjadi agen perubahan yang berkomitmen dalam meningkatkan kualitas (quality), keadilan (equity), dan kemitraan (partnership) yang berkelanjutan. [SL]