Peningkatan Kepemimpinan Instruksional Melalui Pelatihan Coaching Bagi Kepala Sekolah Dasar

Gunungkidul, 10 Agustus 2023 - Program Studi S2 Manajemen Pendidikan bersama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul telah berhasil menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pembekalan coaching untuk 26 kepala sekolah dasar. Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu In Service Learning I pada 18 Juli 2023, On the Job Learning mulai dari 19 Juli hingga 7 Agustus 2023, dan In Service Learning II pada 8 Agustus 2023.

Salah satu tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para kepala sekolah dasar di daerah pesisir Kabupaten Gunungkidul mengenai coaching untuk memperkuat peran mereka sebagai pemimpin instruksional. Dalam konteks ini, coaching diartikan sebagai salah satu model komunikasi efektif dalam membimbing guru dan staf sekolah menuju peningkatan kinerja dan pembelajaran yang lebih baik.

Matakuliah terkait yang menjadi fokus kegiatan ini adalah Kepemimpinan Pendidikan, yang memiliki tujuan untuk membekali keterampilan kepala sekolah dalam melakukan coaching khususnya terkait tugas-tugas kepemimpinan instruksional, termasuk supervisi pembelajaran kepada guru-guru di sekolah mereka.

Output dari kegiatan ini adalah berupa artikel ilmiah yang akan menyajikan hasil-hasil penelitian dan pengalaman selama pelatihan, serta buku referensi yang akan memberikan panduan dan wawasan lebih lanjut terkait coaching dalam konteks kepemimpinan instruksional.

Pelatihan coaching yang menjadi tema utama Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini diharapkan dapat menambah wawasan dan keterampilan para kepala sekolah sebagai model komunikasi yang efektif dalam membimbing dan meningkatkan kualitas kinerja guru dan staf sekolah.

Dalam rangka mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), kegiatan ini juga mengincar indikator SDGs 10 tentang Mengurangi Ketimpangan (Reduced Inequalities). Peserta kegiatan berasal dari Program Sekolah Penggerak (PSP) dan non-PSP, sehingga diharapkan adanya berbagi pengetahuan (sharing of knowledge) antar peserta dapat mengurangi ketimpangan pendidikan.

Selain itu, kegiatan ini juga membidik SDGs 17 tentang Kemitraan untuk Tujuan (Partnership for the Goals). Melalui kegiatan PKM ini, Departemen AP menjalin kemitraan erat dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul dan sekolah-sasaran, guna meningkatkan kualitas dan kapabilitas kepala sekolah. Dalam semangat SDGs, kegiatan PKM ini menginspirasi seluruh elemen pendidikan untuk berkomitmen dalam meningkatkan kualitas, keadilan, dan kemitraan yang berkelanjutan bagi dunia pendidikan.