Yogyakarta, 6 Oktober 2025 – Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menerima kunjungan akademik dari Program Studi Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 6 Oktober 2025, di Ruang Departemen Pendidikan Sekolah Dasar (PSD) FIP UNY.
Kunjungan tersebut diterima secara langsung oleh Wakil Dekan Bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi, dan Usaha FIP UNY beserta jajaran dosen Departemen PSD. Pertemuan ini bertujuan untuk membangun dan memperkuat kerja sama antarperguruan tinggi, khususnya dalam bidang pengembangan kurikulum dan pembelajaran pada program studi pendidikan guru sekolah dasar.
Dalam sambutannya, Wakil Dekan Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi, dan Usaha Dr. Cepi Safruddin Abdul Jabar, M.Pd. UNY menyampaikan apresiasi atas kunjungan tersebut dan menegaskan pentingnya kolaborasi antarperguruan tinggi dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan saat ini. “Kerja sama ini diharapkan dapat menghasilkan inovasi kurikulum yang adaptif terhadap kebutuhan abad ke-21, sekaligus memperkuat kompetensi calon pendidik sekolah dasar,” ujarnya.
Rombongan dari UPI juga menyampaikan tujuan utama kunjungan ini, yakni melakukan studi banding terhadap kurikulum, strategi pembelajaran, serta model praktik lapangan yang diterapkan di UNY, guna memperkaya pengembangan akademik di lingkungan Prodi PGSD UPI. Selain itu, pertemuan ini juga menjadi wadah pertukaran gagasan antara kedua institusi terkait peningkatan kualitas pembelajaran, riset kolaboratif, dan peluang kerja sama lanjutan di bidang pendidikan dasar. (How)
Suasana diskusi berlangsung hangat dan produktif, dengan kedua pihak saling berbagi pengalaman dan praktik baik dalam pengelolaan program studi. Pertemuan ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan penyerahan cenderamata sebagai simbol persahabatan akademik antara UNY dan UPI.
Melalui kunjungan ini, FIP UNY menegaskan komitmennya untuk terus memperluas jaringan kerja sama dan memperkuat posisi sebagai fakultas unggul dalam bidang pendidikan dasar di tingkat nasional maupun internasional.