Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • Zona Integritas
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI

Layanan Akademik S2

By admin_fip | 10:41 AM WIB, Wed February 02, 2022

ALUR LAYANAN AKADEMIK S2

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN & PSIKOLOGI

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA


SOP LAYANAN AKADEMIK

  • Standare Operational Procedure Layanan akademik bisa dilihat di : Sini
  • Alur Prosedur Penyusunan Tesis bisa dilihat di : sini
  • SIBIMTA : Optimalisasi penggunaan SIBIMTA (Sistem Informasi Bimbingan Tugas Akhir) untuk mempermudah komunikasi dosen dan mahasiswa dalam bimbingan. SIBIMTA akan digunakan untuk menerbitkan SK Pembimbing, SK Penguji & Jadwal Ujian S Di : Sini

PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR TESIS

Pedoman Penulisan Tugas Akhir Tesis bisa di download di : link ini


SURAT IJIN OBSERVASI

  1. Mahasiswa mengisi form  Permohonan Surat Observasi
  2. Mahasiswa konfirmasi ke email akademik_fip@uny.ac.id
  3. Admin Subag AKA memproses permohonan, dan mengirimkan hasilnya ke email mahasiswa.

SURAT KETERANGAN AKTIF MAHASISWA 

  1. Mahasisiwa mengisi form permohonan surat di link : Surat Keterangan Aktif Mahasiswa
  2. Admin subag AKA memproses permohonan dan mengirimkan hasilnya ke whatsapp/email mahasiswa.

UJI INSTRUMEN

  1. Mahasiswa mengisi form permohonan uji instrumen di link : permohonan uji instrumen, mahasiswa konfirmasi ke email akademik_fip@uny.ac.id
  2. Admin Subag AKA memproses permohonan, dan mengirimkan hasilnya ke email mahasiswa

SURAT IJIN PENELITIAN

  1. Mahasiswa mengisi form permohonan Surat Ijin Penelitian dan menyertakan proposal tesis yang sudah disahkan pembimbing., serta melakukan konfirmasi ke email akademik_fip@uny.ac.id
  2. Admin AKA memverifikasi data isian permohonan dengan proposal
  3. Admin AKA memproses surat ijin penelitian dan mengirimkan hasilnya ke email mahasiswa

CEK TURNITIN

Cek Turnitin dilakukan setelah mahasiswa melaksanakan ujian dan selesai revisi. 

  1. Mahasiswa wajib mengisi form pernyataan sanggup menerima sanksi link (download di sini)
  2. Mahasiswa wajib mengunggah lembar pengesahan akhir Tesis
  3. Mahasiswa mengisi form permohonan  Cek Turnitin 
  4. Mahasiswa wajib mengunggah file Tesis dalam format Microsoft Word (.doc) meliputi Cover + Bab 1-5 (tanpa referensi dll)
  5. Admin Turnitin menyiapkan surat keterangan Turnitin dan file tesiske tim Turnitin
  6. Tim Turnitin memproses surat keterangan Turnitin
    a. Apabila hasil cek Turnitin di atas 20% maka dokume akan dikembalikan ke mahasiswa untuk revisi.
    b. Apabila ditemukan kecuarangan seperti menambahkan karakter pada teks asli merubah teks menjadi gambar, dan/atau bentuk kecuarangan lainnya, maka:
    1) Tim Turnitin melaporkan temuan kecurangan tersebut ke kaprodi dan WD AKA
    2) Proses klarifikasi mahasiswa kepada Kaprodi dan WD AKA
    3) Pemberian sanksi sesuai dengan kecurangan yang dilakukan
    c. Apabila hasil Turnitin di bawah atau sama dengan 20% maka admin AKA akan meneruskan surat keterangan Turnitin ke email mahasiswa 
  7. Pengecekan hasil revisi turnitin ketiga dan seterusnya akan dikenakan biaya

REVIU ABSTRAK

  1. Mahasiswa mengisi form permohonan  Reviu Abstrak.
  2. Mahasiswa mengunggah abstrak berbahasa Indonesia dengan mengikuti panduan abstrak download di sini
  3. Tim reviewer mereview abstrak dan memproses surat keterangan abstrak
  4. Tim reviewer abstrak mengirimkan hasil reviu dan surat keterangan ke email mahasiswa

VALIDASI INSTRUMEN, MEDIA, MATERI

  1. Mahasiswa mengisi form permohonan Layanan Validasi
  2. Admin AKA memproses surat ijin validasi yang di tandatangani dekan dan mengirimkan file surat dan file yang akan di validasi ke validator
  3. Validator menvalidasi instrument/media/materi, dll penelitian dan mengirimkan hasilnya ke admin AKA
  4. Admin AKA mengirimkan hasil validasi ke email mahasiswa

SEMINAR PROPOSAL

  1. Mahasiswa mengisi form permohonan  Pendaftaran Seminar Proposal Tesis.
  2. Admin AKA menyiapkan undangan dan berkas seminar proposal dan mengirimkan ke dosen pembimbing/pengampu mahasiswa dan admin prodi
  3. Admin Prodi menyiapkan link zoom
  4. Dosen dan mahasiswa melaksanakan seminar proposal dan dosen mengirimkan hasilnya ke admin AKA

UJIAN TESIS

1. Mahasiswa mengisi form  pendaftaran ujian tesis.

2. Mahasiswa melengkapi persyaratan ujian tesis yaitu:

  1. DHS
  2. KRS semester berjalan
  3. Kuitansi pembayaran semester berjalan
  4.  Review abstrak
  5. Review Tesis oleh Pembimbing (Form Review)
  6. Tesis yang sudah disetujui pembimbing dan koordinator prodi
  7. Foto mahasiswa mengikuti ketentuan foto yudisium

3. Admin AKA mengkonfirmasi waktu ujian ke tim penguji dan menyiapkan berkas ujian dan mengirimkan berkas ujian beserta link zomm meeting ke email tim penguji dan mahasiswa

4. Tim penguji melakukan ujian tesis bersama mahasiswa dan mengirimkan hasilnya ke admin AKA

5. Admin AKA mengirimkan saran- saran ujian tesis ke email mahasiswa


REVISI TESIS

  1. Mahasiswa menghubungi tim penguji via wa/email
  2. Jika sudah selesai revisi mahasiswa meminta pengesahan tim penguji
  3. Lembar pengesahan penguji, pengesahan dekan (word) di email ke dikpasca.fip@uny.ac.id, download : Lembar Pengesahan Tesis . Subject Email : Lembar Pengesanan Tesis (Dekan)

LAYANAN PUBLIKASI

  1. Ketentuan dan Syarat Publikasi dapat dilihat di sini
  2. Mahasiswa mengisi form permohonan surat keterangaan publikasi 
  3. Admin AKA akan memproses permohonan dan mengirimkan berkasnya ke Tim Publikasi
  4. Tim Publikasi akan mengirimkan hasil verifikasi permohonan mahasiswa
  5. Admin AKA akan mengirimkan surat keterangan publikasi ke email mahasiswa.

SURAT KETERANGAN PENELITIAN TIDAK DIBIAYAI UNY

  1. Mahasiswa mengisi form : Permohonan Surat Keterangan Penelitian Tidak Dibiayai UNY
  2. Admin AKA akan memproses dan mengirimkan suratnya ke email mahasiswa

SOP PENDAFTARAN YUDISIUM

  1. Melakukan bebas perpustakaan online Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY, ketentuan bisa baca di sini
  2. Mendaftar yudisium online melalui laman: http://siakad.uny.ac.id , pastikan semua data sudah benar (Nama, NIK, TTL sesuai ijazah terakhir dan KTP/KK), cek draft dokumen kelulusan, jika sudah sesuai silahkan difinalisasi. Ketentuan Foto untuk Yudisium maupun Wisuda bisa dilihat di link ini
  3. Membayar tagihan biaya wisuda di Bank Mandiri meliputi:
    1. Biaya tanggungan peminjaman toga
    2. Biaya pendaftaran IKA UNY
    3. Biaya yudisium
    4. Biaya wisuda
  4. Mengisi form pendataan alumni FIPP UNY melalui laman: Form Penelusuran Alumni
  5. Mahasiswa menyiapkan berkas persyaratan yudisium, yaitu:
    1. Scan/foto surat keterangan publikasi (jika statusnya masih submit mohon menyertakan surat kesanggupan publikasi mengikuti form berikut
    2. Scan/foto Surat keterangan Turnitin (maksimal 20%)
    3. Scan/foto Data Wisuda/Bukti pendaftaran Yudisium
    4. Scan Ijazah S1 Asli atau FC yang dilegalisir
    5. Scan/foto KTP/KK
    6. Scan/foto Surat Keterangan cuti kuliah bila mengambil cuti kuliah
    7. Screenshoot/foto bukti pengisian pendataan alumni FIPP
    8. Scan surat Keterangan Bebas Pustaka
  6. Mahasiswa mengisi form pendaftaran yudisium dan mengunggah berkas persyaratan melalui laman link di sini)
  7. Informasi pelaksanaan yudisium dapat diakses melalui laman: http://fip.uny.ac.id dan ig @fip.unyofficial. Undangan yudisium akan dikirim ke email student mahasiswa setelah upload berkas persyaratan yudisium (poin 5)
  8. Proses penerbitan dokumen kelulusan dapat dicek setelah pelaksanaan yudisium melalui laman http://yudiwis.uny.ac.id/buku-wisuda dan http://eservice.uny.ac.id)

Keterangan:

Semua layanan menggunakan email student, jadi mohon login menggunakan email student. Terimakasih

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY