Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • Zona Integritas
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI

Layanan Akademik S3 Baru

By admin_fip | 10:29 AM WIB, Thu February 03, 2022

Selamat Datang di Layanan Akademik Mahasiswa S3 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Berikut ini beberapa layanan Akademik S3, Silahkan klik sesuai dengan yang dibutuhkan:https://forms.gle/mtbnx9R9uCxPWkePA


PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR DISERTASI

Pedoman Penulisan Tugas Akhir Tesis bisa di download di : link ini

Pengusulan Proposal Disertasi

Pengusulan Proposal Disertasi mengikuti langkah-langkah sebagai berikut. 

  1. Mahasiswa mengajukan tiga judul disertasi kepada Komisi Disertasi Program Studi.
  2. Komisi Disertasi menelaah kelayakan dan kesesuaian tiga judul disertasi dengan KKNI level 9 (sembilan) serta road map penelitian program studi.
  3. Mahasiswa mengusulkan calon promotor dan kopromotor kepada komisi disertasi dengan mengisi Formulir Usulan Promotor/ Kopromotor Disertasi (Lampiran 14).
  4. Komisi Disertasi menentukan promotor dan kopromotor untuk membimbing penyusunan disertasi.
  5. Fakultas menerbitkan SK Promotor dan Kopromotor berdasarkan usulan Komisi Disertasi Program Studi.
  6. Koordinator Program Studi menyampaikan SK kepada mahasiswa, promotor, dan kopromotor
  7. Mahasiswa wajib melakukan bimbingan penyusunan disertasi secara rutin dan mengunggah dokumen progres pembimbingan melalui Sibimta (Sistem Bimbingan Tugas Akhir) pada laman https://bimbingan. uny.ac.id/.
  8. Koordinator Program Studi wajib melakukan verifikasi, memberikan persetujuan, dan menunjuk dosen pembimbing bagi mahasiswa yang mengambil disertasi melalui Sibimta pada laman https://bimbingan. uny.ac.id/.

Bagan alur pengusulan disertasi bisa dilihat di : sini


SURAT IJIN OBSERVASI

  1. Mahasiswa mengisi form Permohonan Surat Ijin Observasi, dan melakukan konfirmasi melalui email akademik_fip@uny.ac.id
  2. Admin Subag AKA memproses permohonan, dan mengirimkan hasilnya ke email mahasiswa.

SURAT KETERANGAN AKTIF MAHASISWA 

  1. Mahasisiwa mengisi form permohonan surat di link : Surat Keterangan Aktif Mahasiswa
  2. Admin subag AKA memproses permohonan dan mengirimkan hasilnya ke whatsapp mahasiswa.

UJI INSTRUMEN

  1. Mahasiswa mengisi form permohonan uji instrumen di link : permohonan uji instrumen, mahasiswa konfirmasi ke email akademik_fip@uny.ac.id
  2. Admin Subag AKA memproses permohonan, dan mengirimkan hasilnya ke email mahasiswa

SURAT IJIN PENELITIAN

  1. Mahasiswa mengisi form permohonan : Surat Ijin Penelitian dan menyertakan proposal disertasi yang sudah disahkan promotor, serta melakukan konfirmasi ke email akademik_fip@uny.ac.id
  2. Admin AKA memverifikasi data isian permohonan dengan proposal
  3. Admin AKA memproses surat ijin penelitian dan mengirimkan hasilnya ke email mahasiswa

CEK TURNITIN

Cek Turnitin dilakukan setelah mahasiswa melaksanakan ujian dan selesai revisi. 

  1. Mahasiswa wajib mengisi form pernyataan sanggup menerima sanksi link (download di sini)
  2. Mahasiswa wajib mengunggah lembar pengesahan akhir Disertasi
  3. Mahasiswa mengisi form permohonan  Cek Turnitin
  4. Mahasiswa wajib mengunggah file disertasi dalam format Microsoft Word (.doc) meliputi Cover + Bab 1-5 (tanpa referensi dll)
  5. Admin AKA menyiapkan surat keterangan Turnitin dan file disertasi ke tim Turnitin
  6. Tim Turnitin memproses surat keterangan Turnitin dan mengirimkan hasilnya ke admin AKA
    a. Apabila hasil cek Turnitin di atas 20% maka dokume akan dikembalikan ke mahasiswa untuk revisi.
    b. Apabila ditemukan kecuarangan seperti menambahkan karakter pada teks asli merubah teks menjadi gambar, dan/atau bentuk kecuarangan lainnya, maka:

    1) Tim Turnitin melaporkan temuan kecurangan tersebut ke kaprodi dan WD AKA
    2) Proses klarifikasi mahasiswa kepada Kaprodi dan WD AKA
    3) Pemberian sanksi sesuai dengan kecurangan yang dilakukan

    c. Apabila hasil Turnitin di bawah atau sama dengan 20% maka admin AKA akan meneruskan surat keterangan Turnitin ke email mahasiswa
  7. Pengecekan hasil revisi turnitin ketiga dan seterusnya akan dikenakan biaya

REVIU ABSTRAK

  1. Mahasiswa mengisi form permohonan reviu abstrak melalui link : Reviu Abstrak.
  2. Mahasiswa mengunggah abstrak berbahasa Indonesia dengan mengikuti panduan abstrak download disini
  3. Tim reviewer mereview abstrak dan memproses surat keterangan abstrak
  4. Tim reviewer abstrak mengirimkan hasil reviu dan surat keterangan ke email mahasiswa

VALIDASI INSTRUMEN, MEDIA, MATERI, MODEL/PEDOMAN

Penyusunan Instrumen Penelitian dan Prosedur Pengajuan Validasi

  1. Instrumen penelitian disertasi dapat berupa instrumen baku, hasil adopsi, hasil adaptasi, dan/atau hasil pengembangan sendiri sebagaimana berikut.
  2. Jika menggunakan instrumen baku, mahasiswa wajib mencantumkan bukti izin tertulis.  Jika instrumen yang digunakan merupakan hasil adopsi, adaptasi, dan pengembangan sendiri, mahasiswa wajib melaporkan hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen.
  3. Jika mengembangkan instrumen sendiri, mahasiswa wajib:
  • Membuat kisi-kisi instrumen yang akan dikembangkan,
  • Menyusun pertanyaan atau pernyataan sesuai dengan kisi-kisi yang telah dikembangkan, dan
  • Melakukan uji validitas konstruk dengan melakukan expert judgement kepada validator instrumen

Pengajuan Validasi

  1. Mahasiswa mengajukan surat permohonan validasi kepada fakultas melalui laman Layanan Validasi dengan melampirkan kisi kisi dan instrumen penelitian.
  2. Akademik FIPP memproses surat validasi dan diketahui oleh Dekan FIPP.
  3. Honorarium validator yang ditanggung oleh fakultas yakni sebanyak 2 validator. Jika mahasiswa memerlukan lebih dari 2 validator, honorarium validator ke-3 dan seterusnya menjadi tanggung jawab mahasiswa.
  4. Akademik FIPP menyerahkan surat validasi kepada validator dengan melampirkan instrumen.
  5. Alokasi waktu validator untuk menyelesaikan validasi instrumen penelitian disertasi paling lama 2 (dua) minggu sejak penyerahan surat permohonan validasi instrumen.

UJIAN DISERTASI

Layanan Disertasi bisa ke link : Layanan Ujian Proposal Disertasi dan Ujian Disertasi


REVISI DISERTASI

  1. Mahasiswa menghubungi tim penguji via wa/email
  2. Jika sudah selesai revisi mahasiswa meminta pengesahan tim penguji
  3. Lembar pengesahan penguji, pengesahan dekan (word) di email ke dikpasca.fip@uny.ac.id, download : Lembar Pengesahan Disertasi . Subject Email : Lembar Pengesanan Disertasi (Dekan)

LAYANAN PUBLIKASI

  1. Mahasiswa mengisi form permohonan Surat Keterangaan Publikasi
  2. Admin AKA akan memproses permohonan dan mengirimkan berkasnya ke Tim Publikasi
  3. Tim Publikasi akan mengirimkan hasil verifikasi permohonan mahasiswa
  4. Rekognisi Pengalaman Lampau artikel terindeks scopus pengganti ujian terbuka. linknya: http://pdpt.uny.ac.id/admin/login
  5. Admin AKA akan mengirimkan surat keterangan publikasi ke email mahasiswa.

SURAT KETERANGAN PENELITIAN TIDAK DIBIAYAI UNY

  1. Mahasiswa mengisi form : Permohonan Surat Keterangan Penelitian Tidak Dibiayai UNY
  2. Admin AKA akan memproses dan mengirimkan suratnya ke email mahasiswa

PENDAFTARAN YUDISIUM

  1. Mahasiswa melakukan cek Turnitin (maksimal 20%) setelah naskah disertasi revisi final dan ditandatangani dewan penguji dan dekan
  2. Melakukan bebas perpustakaan online Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY, ketentuan bisa baca di sini
  3. Mendaftar yudisium online melalui laman: http://siakad.uny.ac.id , pastikan semua data sudah benar (Nama, NIK, TTL sesuai ijazah terakhir dan KTP/KK), cek draft dokumen kelulusan, jika sudah sesuai silahkan difinalisasi.
  4. Membayar tagihan biaya wisuda di Bank Mandiri meliputi:
    1. Biaya tanggungan peminjaman toga
    2. Biaya pendaftaran IKA UNY
    3. Biaya yudisium
    4. Biaya wisuda
  5. Mengisi form pendataan alumni FIPP UNY melalui laman: https://uny.id/alumnifippuny
  6. Informasi pelaksanaan yudisium dapat diakses melalui laman: http://uny.ac.id dan ig @unyofficial.
  7. Proses penerbitan dokumen kelulusan dapat dicek setelah pelaksanaan yudisium melalui laman http://yudiwis.uny.ac.id/buku-wisuda dan http://eservice.uny.ac.id)

Catatan: Semua layanan akademik mahasiswa menggunakan email student. Terimakasih

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY