Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Mahasiswa FIP UNY Tingkatkan Well-Being lewat Diskusi Attachment Styles di Mindful Day Project

By admin_fip | 1:52 PM WIB, Wed November 19, 2025

Yogyakarta, 12 November 2025 – Mahasiswa Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melaksanakan kegiatan Mindful Day Project sebagai upaya mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan literasi dan kesadaran mahasiswa terhadap kesehatan mental, terutama dalam memahami hubungan interpersonal melalui konsep attachment styles. 

Acara ini mengangkat tema “On How We Connect: Understanding Attachment Styles and Their Link to Mental Well-Being” dan menghadirkan pembicara Amila Sholikhah, mahasiswa S1 Bimbingan Konseling sekaligus sebagai Asisten Lab PBB FIP UNY. Kegiatan berlangsung pada Rabu, 12 November 2025 di Ruang Kuliah 20 Gedung Noeng Muhajir FIP UNY. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dalam skala kelompok kecil sehingga diskusi dapat berlangsung lebih akrab, interaktif, dan mendalam. Acara dibuka pada pukul 16.00 dengan penyambutan peserta, dilanjutkan pembukaan dan pengantar mengenai tujuan kegiatan dari panitia. 

Dalam pemaparannya, Amila menjelaskan berbagai gaya keterikatan (attachment styles) seperti secure, anxious, dan avoidant, serta bagaimana gaya keterikatan tersebut dapat berpengaruh pada cara mahasiswa menghadapi tekanan akademik, relasi sosial, dan kesejahteraan emosional. Setelah pemaparan, peserta dibagi ke dalam kelompok kecil untuk Focus Group Discussion (FGD). Melalui FGD, peserta saling berbagi pengalaman mengenai hubungan interpersonal, tantangan emosional, dan cara mereka mengelola stres. Hasil diskusi kemudian dipresentasikan kembali oleh masing-masing kelompok, sehingga seluruh peserta dapat saling belajar dari perspektif satu sama lain.

Kegiatan ditutup dengan sesi Positive Notes, yaitu aktivitas menuliskan afirmasi positif bagi diri sendiri. Peserta diminta menuliskan pesan penyemangat atau kata-kata apresiasi untuk dirinya, sebagai bentuk latihan self-kindness dan upaya memperkuat kesehatan mental melalui dialog positif internal. Sesi ini berjalan hangat dan penuh makna karena banyak peserta menyadari pentingnya memberikan ruang apresiasi pada diri sendiri. Setelah penutupan, acara dilanjutkan dengan dokumentasi bersama.

Melalui rangkaian kegiatan ini, Mindful Day Project diharapkan dapat menjadi sarana kecil namun berdampak bagi mahasiswa untuk mengenal diri, memahami hubungan dengan orang lain, serta membangun kebiasaan mental yang lebih sehat. Program ini sejalan dengan SDG 3 yang menekankan pentingnya kesejahteraan fisik dan mental. Kegiatan semacam ini diharapkan dapat berlangsung secara berkelanjutan di lingkungan kampus.

Penulis : Muhammad Galih Broto Santosa, dkk.

Editor : Humas FIP UNY

Berita

  • Mata Kuliah Psikologi Industri dan Organisasi Mendorong Kesiapan Era Industri 5.0 Dalam Upaya Pencapaian Sustainable Development Goals (SDG)
    10/02/2023 - 13:33
  • Guest Lecturer Intercultural Learning: Comparative Philosophy as an Approach
    05/29/2023 - 14:06
  • KMMD FIP UNY GELAR PELATIHAN PADA MASYARAKAT GIRIPURWO
    04/01/2022 - 10:26
  • FIP UNY Raih 2 Medali Emas dan 2 Medali Perak dalam UNY Networks Awards 2022
    05/25/2022 - 14:55
  • FIP UNY Hadirkan Fasilitas Disabilitas dan Ruang Kesehatan untuk Wujudkan Kampus Inklusif
    09/24/2025 - 12:54
  • Mata Kuliah Desain Pelatihan Mendukung Pencapaian Indikator SDG's dalam Menghasilkan Individu yang Terampil dan Berdaya Guna
    10/02/2023 - 13:30
  • Pengembangan Model Kepemimpinan Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Student Well Being di Kabupaten Klaten
    10/16/2023 - 10:55
  • UNIVERSITAS BUNGA BANGSA CIREBON LAKUKAN BENCHMARKING DAN SEMINAR NASIONAL KE FIPP UNY UNTUK TINGKATKAN KOLABORASI DAN KOMPETENSI PENDIDIKAN
    11/26/2024 - 00:08
  • Asesmen Lapangan Program Studi S3 Manajemen Pendidikan FIP UNY
    11/04/2022 - 11:10
  • Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2025: Bergerak Bersama Mewujudkan Pendidikan Berkualitas
    05/02/2025 - 08:33

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY