Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • Zona Integritas
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI

Mata Kuliah Pendidikan Positif dan Pencapaian SDG’s (Sustainable Development Goals) di bidang Pendidikan

By admin_fip | 1:52 PM WIB, Mon October 02, 2023

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di sektor Pendidikan adalah memastikan agar semua orang mendapatkan akses pendidikan berkualitas dan mendapatkan kesempatan belajar sepanjang hayat. Salahsatu fokusnya adalah memberikan akses lebih luas dan adil kepada seluruh individu untuk mendapatkan pendidikan berkualitas di seluruh tingkatan sehingga memberi manfaat dan berkontribusi secara optimal kepada masyarakat. Salah satu indikator pendidikan berkualitas menurut UNESCO adalah kualitas dalam proses dan capaian hasilnya.

Pendidikan positif sebagai mata kuliah wajib di Prodi S2 Psikologi FIPP UNY menyajikan konsep yang dipengaruhi paradigma psikologi positif untuk mendorong eksplorasi fungsi manusia yang optimal di konteks pendidikan. Paradigma psikologi positif berupaya menggali dan mengembangkan karakter yang merupakan sisi kekuatan manusia sehingga menghantarkan individu pada kebahagiaan yang murni (authentic happiness) dan mampu berfungsi secara optimal dalam kehidupan (Seligman, 2002). Pendidikan positif menggabungkan konsep psikologi positif dengan praktik dan paradigma pendidikan yang dipandang paling tepat untuk mengoptimalkan potensi peserta didik di sekolah sehingga dapat dicapai kesejahteraan psikologis siswa, staf dan seluruh individu yang ada di sekolah secara optimal.(Norrish, Williams, & Connor, 2013).

Dikaitkan dengan upaya untuk memberikan Pendidikan yang berkualitas dari sisi proses dan hasilnya berdasarkan sasaran SDG’s (Sustainable Development Goals) di sektor pendidikan, mata kuliah Pendidikan Positif memberi kontribusi yang bermakna untuk capaian ini. Hal ini disebabkan karena mata kuliah ini memberikan wawasan teoritik maupun praktis untuk menciptakan atmosfer akademik, proses, maupun hasil yang menjadikan seluruh stakeholder di sekolah tidak hanya mendapatkan pengetahuan atau berperan dalam tugas utama di sekolah sesuai tupoksinya, namun juga merasakan kebahagiaan dan kebermaknaan dalam proses pencapaiannya. Adapun cara yang dilakukan mengacu pada penerapan konsep PERMA di sekolah yang menurut Seligman (2011) mencakup lima elemen, meliputi: 1) Positive Emotions (emosi positif), yaitu membangun emosi yang optimis dan positif, 2) Engagement (keterlibatan), yaitu membangun keterlibatan sepenuhnya pada aktivitas yang menantang dengan menggunakan keterampilan yang dimiliki. 3) Relationship (hubungan), yaitu menjalin hubungan dengan orang lain secara berkualitas, 4) Meaning, yaitu memaknai pengalaman dalam konteks yang lebih besar dari dirinya, dan 5) Achievement atau accomplishment (prestasi), yaitu menghasilkan capaian sehingga menimbulkan perasaan berharga. Melalui penerapan model PERMA di sekolah ini, diharapkan kesehatan mental positif di kalangan siswa dan guru dapat meningkat sehingga pada akhirnya meningkat pula kesejahteraan dan kebahagiaannya (Moore, 2020). Muara dari semua proses yang dilakukan adalah tercapainya pendidikan berkualitas di seluruh tingkatan sehingga memberi manfaat dan berkontribusi secara optimal kepada Masyarakat seperti yang tertuang dalam salah satu capaian dalam SDG’s (Sustainable Development Goals) di sektor Pendidikan.

SDGS #4 QUALITY EDUCATION

Berita

  • Optimalisasi Resource Menuju SDGs: Pendekatan dan Aplikasi Matematika di Sekolah Dasar
    10/02/2023 - 11:40
  • Wakil Dekan RKSIU FIPP UNY Berikan motivasi Masuk Perguruan Tinggi kepada Siswa SMA MTA Surakarta
    12/13/2023 - 14:42
  • FIP UNY Ikut Meramaikan Forum Ilmu Pendidikan Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP JIP) 2021
    11/11/2021 - 04:50
  • Pelatihan Guru tentang Social-Emotional Learning (SEL) bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
    10/02/2023 - 10:55
  • Sosialisi HKI dan Hak Paten bagi Mahasiwa dan Dosen FIP UNY
    02/19/2022 - 09:59
  • Workshop Tinjauan Manajemen Hasil EMONEV Semester Gasal 2022/ 2023
    03/01/2023 - 08:58
  • FIPP UNY Gelar Rapat Koordinasi Fakultas: Bahas Strategi Pembelajaran Masa Depan
    02/04/2025 - 15:35
  • Asesmen Lapangan S1 Manajemen Pendidikan FIPP UNY
    03/10/2023 - 09:32
  • FIPP UNY Tingkatkan Kapasitas Tenaga Kependidikan, Menuju Layanan Prima dan Tata Kelola yang Baik
    10/10/2024 - 19:29
  • Benchmarking Universitas Bengkulu ke Fakultas Ilmu Pendidikan UNY
    07/27/2022 - 13:58

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY