Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Optimalisasi SDGs Quality Education melalui Media Board Game: Sebuah Analisis Kebutuhan Pengembangan Pribadi Sosial Siswa

By admin_fip | 10:31 AM WIB, Mon October 02, 2023

Situasi dunia pendidikan yang semakin memprihatinkan akhir-akhir ini, ditambah maraknya perilaku bullying siswa, bahkan tidak jarang kecenderungan siswa untuk memilih bunuh diri menunjukkan masih kurangnya perhatian terhadap pertumbuhan dan perkembangan siswa masa kini, salah satunya remaja. Banyak remaja yang mulai mengalami kebingungan peran, kebingungan untuk menentukan identitas yang tepat dalam menggambarkan dirinya, sehingga tidak jarang ditemukan remaja yang terjerumus pada lingkungan sosial yang tidak menguntungkan. Kondisi ini menjadi pemicu semakin meningkatkannya kurangnya ketahanan kondisi pribadi sosial remaja, sehingga perilaku menyimpang yang dihasilkan justru merugikan.

Berbagai cara dilakukan oleh sekolah melalui layanan bimbingan dan konseling dalam mengembangkan bidang pribadi sosial siswa. Cara-cara yang ditempuh oleh konselor sekolah selama ini melalui bimbingan kelompok dan bimbingan klasikal. Namun, nampaknya jika layanan bantuan pada siswa hanya dikemas dalam bentuk bimbingan biasa yaitu memberikan pemahaman, dirasa kurang memberikan makna yang berarti pada kehidupan siswa. Konselor sekolah berhadap perlu adanya pengembangan lebih lanjut untuk memberikan bimbingan yang menyenangkan bagi remaja, misalkan menggunakan pengalaman langsung, audio-visual, dan permainan yang menarik. Oleh karena itu, cara lain yang dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan konselor sekolah menggunakan media, yaitu board game yang dikembangkan melalui penelitian dan pengembangan.

board game ini nantinya sebagai salah satu bentuk optimalisasi SDGs mengenai quality education. Peningkatan kualitas pendidikan agar layanan bimbingan yang diberikan oleh konselor menjadi semakin maksimal dan bermakna dalam kehidupan siswa. Selain itu, penggunaan layanan berbantua media mempermudah konselor untuk menyampaikan maksud dan tujuan dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling. Bahkan, menjadi pijakan untuk pengembangan media-media berbantuan lainnya untuk mendukung pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling, bukan hanya bidang pribadi sosial, namun juga karier dan belajar.

SDGS #4 QUALITY EDUCATION

Berita

  • Optimalisasi SDGs Quality Education melalui Media Board Game: Sebuah Analisis Kebutuhan Pengembangan Pribadi Sosial Siswa
    10/02/2023 - 10:31
  • UNIVERSITAS BIELEFELD JERMAN BERKOLABORASI DENGAN FIPP UNY MEMBAHAS KEADILAN PENDIDIKAN DEMI KEMAJUAN DUNIA PENDIDIKAN INTERNATIONAL
    11/22/2024 - 21:03
  • FIPP UNY Raih Peringkat II DRPM Award 2023
    05/16/2023 - 14:10
  • Penjajagan Kerjasama FIPP UNY dengan Director of Adult Continuing Education and an academic in the School of Government & Politics at University College Cork, Ireland
    11/21/2023 - 16:10
  • Asesmen Lapangan S1 Bimbingan dan Konseling FIP UNY
    11/14/2022 - 13:24
  • Mengembangkan Potensi Mahasiswa Doktor UNY melalui Mata Kuliah Pengambilan Keputusan Strategis untuk Meningkatkan Pendidikan Berkualitas sesuai Tujuan SDGs
    10/02/2023 - 14:04
  • Mahasiswa S2 PNF Berbagi Ilmu Digital Marketing kepada Masyarakat Moyudan, Yogyakarta
    10/02/2023 - 11:29
  • Peningkatan Kepemimpinan Instruksional Melalui Pelatihan Coaching Bagi Kepala Sekolah Dasar
    09/30/2023 - 16:07
  • DESAIN PEMBELAJARAN (Prodi S2 Teknologi Pembelajaran)
    10/02/2023 - 10:21
  • Peran Mata Kuliah Cybergogy and Heutagogy Untuk Memahami Transformasi Pendidikan Menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)
    10/02/2023 - 08:28

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY