Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Membekali Keterampilan Mahasiswa tentang Manajemen Pendidikan Khusus

By admin_fip | 9:18 AM WIB, Mon October 02, 2023

Trend dalam penyusunan kurikulum saat ini adalah dengan mengedepankan kurikulum berbasis lulusan atau Outcome-Based Education. Dengan berbasis lulusan maka penetapan profil lulusan menjadi sangat penting. Standar kompetensi lulusan (SKL) merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan. SKL yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi pembelajaran, standar proses pembelajaran, standar penilaian pembelajaran, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana pembelajaran, standar pengelolaan pembelajaran, dan standar pembiayaan pembelajaran. Program studi PLB perlu menyiapkan agar mahasiswa mampu mencapai standar kompetensi lulusan.

Untuk menciptakan lulusan perguruan tinggi yang tangguh, Kemernterian Pendidikan telah meluncurkan kebijakan kurikulum oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi. Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang Permendikbud No 3 Tahun 2020 memberikan hak kepada mahasiswa untuk 3 semester belajar di luar program studinya. Kebijakan tentang MBKM ini satu sisi memberikan tantangan bagi mahasiswa, dan keleluasan bagi mahasiswa. Namun disatu sisi bila mahasiswa dan pimpinan departemen tidak mampu mengarahkan dengan baik, maka justru akan mengaburkan inti atau ruh keilmuan program studi yang bersangkutan. Oleh karena itu dengan adanya kebijakan MBKM ini, mahasiswa perlu diarahkan dengan sebaik-baiknya agar profil dan kompetensi lulusan tetap dapat tercapai.

Untuk mencapai profil lulusan dari prodi Pendidikan Luar Biasa, maka Departemen Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta telah menyusun kurikulum berbasis OBE, dan juga mengikuti kaidah yang disarankan oleh lembaga pengakreditasi internasional. Departemen PLB prodi telah menyiapkan desain dan scaffolding sejak tahun pertama sampai tahun keempat. Berikut adalah garis besar yang harus dimiliki dan dilakukan mahasiswa. Pada tahun pertama, mahasiswa harus sudah memahami karakteristik dan kebutuhan belajar anak-anak berkebutuhan khusus. Penguasaan pada tahun pertama, dikuatkan dengan mata kuliah pemahaman anak berkebutuhan khusus dan asesmen. Untuk membekali pengetahun sikap dan keterampilan mahasiswa, maka tugas-tugas perkuliahan berbasis proyek dengan mempertimbangkan tugas kelompok dalam satu kelas anak berkebutuhan khusus.

Selanjutnya tantangan dan tuntutan bagi mahasiswa PLB UNY pada tahun kedua, mahasiswa diharapkan mulai mampu merancang program pembelajaran anak berkebutuhan khusus, sehingga tugas perkuliahan diarahkan satu mahasiswa mampu mengasesmen dan menyusun program pembelajaran minimal satu siswa. Selanjutnya pada tahun ketiga mahasiswa diharapkan mampu merancang program dan praktik melaksanakan pembelajaran pada satu kelas anak berkebutuhan khusus. Pada tahun keempat mahasiswa menguasai program kekhususan atau kompensatoris serta mampu mengimplementasikan dalam proses pembelajaran. Keterampilan dalam menempuh keahlian didepartemen PLB memerlukan keterampilan tersendiri. Selanjutnya untuk menguatkan dan membekali keterampilan calon guru PLB, maka penguasaan keterampilan mengajar dan penguasaan substansi bidang studi perlu diberikan.

Berkaitan dengan usaha membekali calon lulusan prodi PLB, maka salah satu mata kuliah yang diajarkan dan perlu ditempuh adalah mata kuliah manajemen pendidikan khusus. Matakuliah ini dimaksudkan untuk membekali dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan atau kompetensi mahasiswa dalam mengelola pendidikan anak berkebutuhan khusus di lembaga formal (sekolah luar biasa (SLB), dan sekolah inklusi), dan lembaga pendidikan non formal dan informal berdasarkan fungsi, dan prinsip-prinsip manajemen yang efektif dan efisien. Manajemen pendidikan khusus merujuk pada strategi, taktik, dan praktek yang digunakan untuk mengelola dan mengkoordinasikan layanan pendidikan khusus atau pendidikan inklusif untuk individu kebutuhan khusus. Selanjutnya bagaimana tugas dan tanggung jawab yang berkaitan dengan perencanaan, organisasi, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan khusus. (Hermanto)

SDGS #4 QUALITY EDUCATION

Berita

  • SMA Negeri 1 Cigudeg Jawa Barat Gelar Kunjungan Edutrip Inspiratif
    01/09/2025 - 22:57
  • FIP UNY dan UNIPA Surabaya Teken Komitmen Bersama dalam Kunjungan KKL Mahasiswa S2
    07/28/2025 - 13:11
  • Prestasi Mahasiswa FIPP UNY dalam Ajang Pancalomba FIP JIP 2023
    07/12/2023 - 11:18
  • Benchmarking Penjaminan Mutu bersama Senat FIPP UNY ke UNESA dan UM Malang.
    08/31/2023 - 07:43
  • “Manajemen Strategik dan Pendidikan Berkualitas: Memahami Keterkaitan Kunci untuk Mewujudkan SDGs”
    09/30/2023 - 09:19
  • Smart Water Station FIPP UNY: Inovasi Air Minum Gratis untuk Mahasiswa
    02/11/2025 - 11:14
  • DESAIN PEMBELAJARAN (Prodi S2 Teknologi Pembelajaran)
    10/02/2023 - 10:21
  • "Tonggak Sejarah Baru UNY: Izin SMA Labschool Resmi Terbit"
    04/17/2025 - 08:38
  • Penguatan Teori dan Praktek Pendidikan Khusus bersama Praktisi Mengajar pada Mata Kuliah Ortopedagogik
    10/02/2023 - 10:52
  • FIP UNY Perkuat Literasi Kesehatan Mental lewat Kolaborasi bersama Narasumber Internasional dari UPSI Malaysia
    11/12/2025 - 08:52

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY