Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

SOP Ujian Skripsi 2025

By admin_fip | 11:22 AM WIB, Mon October 16, 2023

SOP UJIAN SKRIPSI

  1. Mahasiswa melengkapi berkas persyaratan ujian skripsi. Download di sini . Lembar persetujuan ujian akhir dari dosen pembimbing dan kaprodi, bisa di download di sini
  2. Mahasiswa mengisi form pengajuan Dosen Penguji Utama dan Sekretaris Penguji ke Prodi melalui link : Permohonan Penguji Utama dan Sekretaris Penguji
  3. Setelah mendapatkan nama Dosen Penguji Utama dan Sekretaris Penguji dari Prodi, Mahasiswa membuat kesepakatan Jadwal Ujian Skripsi dengan dosen penguji (minimal 1 pekan sebelum ujian, hari libur tidak dihitung)
  4. Mahasiswa mengisi form pendaftaran dan upload berkas persyaratan ujian skripsi. Naskah skripsi dan foto diupload terpisah dari folder berkas.. Klik di form pendaftaran ujian skripsi
  5. Undangan ujian akan diproses oleh Subbag AKA dan dikirim kepada dosen penguji beserta naskah skripsi. Mahasiswa mengambil undangan ujian di Subbag AKA pada H-1 dan mengingatkan dosen penguji.
  6. Mahasiswa mempersiapkan file presentasi dan ujian skripsi siap dilaksanakan secara luring.
  7. Setelah selesai ujian, mahasiswa melakukan revisi jika diminta revisi. Untuk Pedoman Revisi bisa melihat alur di bawah ini.

SOP REVISI UJIAN SKRIPSI

A. Jika Tidak Ada Revisi

  1. Pengesahan oleh ketua penguji, Sekretaris Penguji, Penguji Utama, dan Dekan
  2. Lembar Keterangan Pengesahan Ketua Penguji, Sekretaris Penguji, Penguji Utama, dan Dekan, bisa didownload di sini (untuk pengesahan dekan akan dimintakan tandatangan asli/ basah oleh Subbag AKA)

B. Jika Ada Revisi

  1. Mahasiswa melakukan pembimbingan dengan dosen penguji, jika telah selesai lembar pengesahan dimintakan tandatangan Ketua Penguji, Sekretaris Penguji dan Penguji utama. Untuk pengesahan dekan, mahasiswa mengumpulkan lembar pengesahan beserta naskah skripsi yang sudah direvisi ke Subbag AKA
  2. Subbag AKA akan meminta tanda tangan asli Dekan, dan bisa diambil H+1
  3. Penyusunan artikel mengikuti Panduan TAS 2023. Artikel yang sudah disetujui pembimbing dikumpulkan ke admin prodi dan untuk mengurus bebas Pustaka.
  4. Setelah itu mahasiswa bisa mengurus syarat yudisium. Prosedur pendaftaran yudisium bisa dilihat di laman Yudisium

SOP PENDAFTARAN YUDISIUM

  1. Melakukan bebas perpustakaan online Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY, ketentuan bisa baca di sini
  2. Mendaftar yudisium online melalui laman: http://siakad.uny.ac.id , pastikan semua data sudah benar (Nama, NIK, TTL sesuai ijazah terakhir dan KTP/KK), cek draft dokumen kelulusan, jika sudah sesuai silahkan difinalisasi.
  3. Membayar tagihan biaya wisuda di Bank Mandiri meliputi:
    1. Biaya tanggungan peminjaman toga
    2. Biaya pendaftaran IKA UNY
  4. Mengisi form pendataan alumni FIP UNY melalui laman: Tracer Alumni
  5. Mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran Yudisium S1 dengan menyiapkan file berkas - berkas di bawah ini dijadikan 1 folder lalu di archive menggunakan extensi .rar atau .zip diberi nama sesuai format : YUDISIUM_NAMA_NIM_PRODI
    1. Scan/foto Bukti pendaftaran yudisium/wisuda berupa data wisuda 1 lembar
    2. Scan/foto Surat Keterangan cuti kuliah bila mengambil cuti kuliah
    3. Scan/foto Ijazah SLTA/Paket C asli/ fotocopy yang sudah legalisir Kepala Sekolah/Kanwil Dikbud
    4. Scan/foto KTP/KK
    5. Scan/foto Surat Penyerahan Skripsi final yang ditandatangani Tim Penguji atau screenshoot pengiriman softfile kepada tim penguji melalui email/wa
    6. Scan/foto Bukti penyerahan artikel jurnal dan skripsi dari admin prodi.
    7. Screenshoot/foto bukti pengisian pendataan alumni FIP
    8. Scan surat Keterangan Bebas Pustaka
  6. Informasi pelaksanaan yudisium dapat diakses melalui laman: http://fip.uny.ac.id dan ig @fip.unyofficial. Undangan yudisium akan dikirim ke email student mahasiswa setelah upload berkas persyaratan yudisium (poin 5)
  7. Proses penerbitan dokumen kelulusan dapat dicek setelah pelaksanaan yudisium melalui laman http://yudiwis.uny.ac.id/buku-wisuda dan http://eservice.uny.ac.id

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY