Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Mata Kuliah Kepemimpinan Pendidikan Mendorong Pencapaian Indikator SDG's di Dunia Pendidikan

By admin_fip | 8:37 AM WIB, Mon October 02, 2023

Pendidikan memiliki tujuan mengembangkan potensi dan mencerdaskan kehidupan bangsa agar siap menghadapi kehidupan di masa yang akan datang. Yang menjadi faktor penting untuk mencapai tujuan Pendidikan adalah kepemimpinan dalam Pendidikan karena dipandang sebagai sarana dalam membentuk kelompok untuk mau bekerja dan berdaya upaya menaati peraturan organisasi dalam mencapai tujuan-tujuan yang akan dicapai. Maka menjadi sebuah keharusan bagi semua pihak untuk dapat memberikan bekal sumber daya manusia Pendidikan dengan Kepemimpinan Pendidikan.

Perguruan tinggi menjadi salah satu lembaga yang dapat mencetak sumber daya manusia unggul, maka perlu menanamkan nilai kepemimpinan dengan mengintegrasikan matakuliah kepeimpinan Pendidikan ke dalam kurikulum pendidikan.

Matakuliah Kepemimpinan Pendidikan bertujuan untuk memahami konsep, teori, fungsi, tipologi, gaya dan model atau pendekatan kepemimpinan pada umumnya yang selanjutnya dikaitkan dengan bidang Pendidikan dan lembaga pendiidkan di Indonesia, termasuk karakteristik dan kemampuan yang diperlukan bagi pemimpin-pemimpin Pendidikan di Indonesia dan kemudian lebih dikonsentrasikan pada kepala sekolah terutama berkenaan dengan peran dan fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin Pendidikan.

Pentingnya mata kuliah ini juga menyangkut dalam konteks pencapaian Indikator SDG's. Beberapa hal yang diajarkan dalam mata kuliah kepemimpinan Pendidikan terkait dengan SDG's meliputi: (a) Peningkatan Akses Pendidikan Berkualitas (SDG 4): kepemimpinan pendidikan dalam Pembangunan Berkelanjutan melibatkan pengelolaan perubahan. Mahasiswa akan diajarkan bagaiaman Pemimpin sekolah bertanggung jawab untuk mengelola perubahan yang terkait dengan reorientasi pendidikan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, perubahan yang harus terjadi dalam kurikulum, prosedur, rencana, tujuan, dan kebijakan sistem sekolah; (b) Peningkatan Kualitas Pendidikan (SDGs 4): Kepemimpinan Pendidikan dapat meningkatkan kualitas Pendidikan. Kepemimpinan sangat berkaitan dengan apa yang akan terjadi di masa depan sekolah, Pemimpin sekolah mempengaruhi sekolah dalam beberapa cara. Ilmu kepemimpinan Pendidikan akan mengajarkan para calon pemimpin Pendidikan dalam mengawasi para anggotanya, mengembangkan budaya, tradisi, dan bahasa sekolah, menetapkan peraturan, dan mengawasi pengajaran. Hal ini menegaskan bahwa kepemimpinan sekolah dikaitkan dengan beberapa aspek keberhasilan sekolah, termasuk pada efektivitas pendidik, etos dan nilai-nilai sekolah, dan intervensi pembelajaran bagi siswa dalam meningkatkan kualitas pendidikan; (c) Pemberdayaan Perempuan dan Anak Perempuan (SDG 5): Kepemimpinan Pendidikan juga dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, yang memungkinkan perempuan dan anak perempuan untuk mengakses pendidikan dengan lebih baik; (d) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (SDG 8): kepemimpinan Pendidikan dapat menciptakan sumber daya manusia yang lebih terampil dan berkualitas, yang pada gilirannya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan; dan (e) Kemitraan untuk Tujuan (SDG 17): Kepemimpinan Pendidikan melakukan pembangunan berkelanjutan dengan melibatkan mitra yang dijadikan komunitas Pendidikan. Sebagian besar pencapaian transformasi pendidikan untuk mengatasi isu-isu pembangunan berkelanjutan akan bergantung pada kemampuan pemimpin sekolah untuk berkomunikasi secara efektif dengan komunitas sekolah seperti masyarakat, orangtua, komite dan pemangku kepentingan lainnya dan mendapatkan komitmen dari staf dan siswa. Maka dalam hal ini sesuai dengan prinsip kemitraan yang ditekankan dalam SDG's.

Berdasarkan pernyataan di atas, mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan memberikan pemahaman secara teori dan praktik bahwa pemimpin sekolah harus berusaha memahami permasalahan yang ingin diatasi oleh SDGs. Artinya, para pemimpin sekolah harus memiliki pemahaman yang intuitif dan terinformasi mengenai tujuan SDGs atau pembangunan berkelanjutan, dan kebutuhan mendesak untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan sebagai persyaratan untuk memimpin pembangunan berkelanjutan di lembaga-lembaga pendidikan. (Evi Rovikoh Indah Saputri)

SDGS #4 QUALITY EDUCATION
SDGs #5 GENDER EQUALITY
SDGs #8 DECENT WORK AND ECONOMIC GROWTH
SDGs #17 PARTNERSHIP FOR THE GOALS

Berita

  • Mata Kuliah Kesejahteraan Anak dan Remaja untuk Membangun Anak dan Remaja Indonesia yang Sejahtera
    10/02/2023 - 13:35
  • Terobosan Baru! UNY Luncurkan Program S2 Kebijakan Pendidikan Satu-Satunya di Indonesia
    12/24/2024 - 19:07
  • Prof. Dr. Mumpuniarti, M.Pd, Was Confirmed as Professor of Intellectual Barrier Education
    05/19/2022 - 08:57
  • Penandatanganan Kerjasama Implementasi Program Visiting Profesor dari Queensland University of Technology, Australia di FIPP UNY
    06/19/2024 - 15:44
  • Workshop Kurikulum Program Studi Berbasis Outcome based Education
    03/21/2023 - 15:00
  • KMMD FIP UNY GELAR PELATIHAN PADA MASYARAKAT GIRIPURWO
    04/01/2022 - 10:26
  • PELANTIKAN ORMAWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DAN PSIKOLOGI UNY 2024: Membuka Babak Baru Kepemimpinan Mahasiswa
    01/23/2024 - 11:38
  • Audiensi Edelweiss School dengan FIPP UNY Bahas Program Beasiswa Edelweiss
    03/06/2024 - 14:08
  • TEROBOSAN FIP UNY DALAM RINTISAN PROGRAM PENGEMBANGAN WILAYAH BINAAN DESA GIRIPURWO PURWOSARI GUNUNGKIDUL
    10/05/2021 - 14:14
  • PENGUATAN KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI
    10/02/2023 - 11:28

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY