Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Mata Kuliah Teori Administrasi dan Manajemen Pendidikan sebagai Salah Satu Pencapaian Indikator SDGs

By admin_fip | 10:42 AM WIB, Sat September 30, 2023

Setiap individu dituntut adanya pengembangan diri agar kualitas kepribadiannya meningkat sejalan dengan perkembangan tantangan hidup yang selalu berubah. Salah satu upaya untuk mengakomodasi hal tersebut dengan melalui kegiatan pendidikan. Pendidikan merupakan suatu aktivitas sosial yang esensial untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) PBB. Kualitas pendidikan dapat dilihat pada dua aspek yaitu kualitas komponen dan kualitas pengelolaannya. Walaupun komponen-komponen dalam pendidikan cukup baik dan memenuhi syarat namun jika tidak disertai dengan pengelolaan yang baik maka pencapaian tujuan pendidikan tidak akan tercapai secara optimal. Salah satu upaya yang diambil adalah dengan mengintegrasikan mata kuliah Teori Administrasi dan Manajemen Pendidikan dalam kurikulum pendidikan. Materi kuliah ini membahas secara teoritis dan praksis administrasi dan manajemen pendidikan, yang mencakup pokok bahasan: perkembangan pemikiran administrasi dan manajemen pendidikan, proses dan dinamika administrasi dan manajemen pendidikan, sistem administrasi dan manajemen pendidikan, akuntabilitas administrasi dan manajemen pendidikan, reformasi administrasi dan manajemen pendidikan, penelitian dalam administrasi dan manajemen pendidikan, serta indikator kinerja administrasi dan manajemen pendidikan.

Mata kuliah ini sangat penting untuk pengembangan individu sebagai calon manajer dalam dunia pendidikan, tetapi juga dalam konteks pencapaian Indikator SDGs. Beberapa pendekatan dalam mata kuliah Teori Administrasi dan Manajemen Pendidikan terkait dengan MDGs meliputi: (a) Peningkatan Sistem Administrasi dan Manajemen Pendidikan Berkualitas (SDGs 4): Teori Administrasi dan Manajemen Pendidikan dapat membantu dalam meningkatkan manajemen pendidikan berkualitas dengan mengenalkan fungsi-fungsi manajerial yang lebih efektif dan efisien dalam pendidikan. Penerapan fungsi manajerial dalam pendidikan, memungkinkan meningkatnya kepercayaan seseorang terhadap pendidikan; (b) Peningkatan Kualitas Pendidikan (SDGs 4): Manajemen Pendidikan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Guru yang dilatih dengan baik dalam mengelola pendidikan dapat menciptakan kualitas pembelajaran yang lebih efektif dan relevan.; Manajemen Pendidikan juga dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, yang memungkinkan semua pihak dapat mengakses pendidikan dengan lebih baik; (d) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (SDGs 8): Administrasi dan manajemen dalam pendidikan dapat menciptakan sumber daya manusia yang lebih terampil dan berkualitas, yang pada gilirannya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan; dan (e) Kemitraan untuk Tujuan (SDGs 17): Manajemen pendidikan juga melibatkan kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan dalam pendidikan, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat. Ini sesuai dengan prinsip kemitraan yang ditekankan dalam SDGs.

Mata kuliah Teori Administrasi dan Manajemen Pendidikan memberikan landasan yang kuat bagi mahasiswa sebagai pelaku pembaharuan yang akan membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan. Dengan menghubungkan konsep Teori Administrasi dan Manajemen Pendidikan dengan pencapaian Indikator MDGs, pendidikan akan menjadi kekuatan utama dalam menciptakan mahasiswa sebagai bagian masyarakat yang lebih berkelanjutan dan inklusif. Selaras dengan semangat SDGs, mata kuliah ini menginspirasi mahasiswa untuk menjadi agen perubahan yang berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pendidikan, mempromosikan kesetaraan, dan mendukung pembangunan secara berkelanjutan.

SDGs #4 QUALITY EDUCATION
SDGs #8 DECENT WORK AND ECONOMIC GROWTH
SDGs #17 PARTNERSHIP FOR THE GOALS

Berita

  • Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum Mendapat Anugerah Tokoh Pendidikan FIP JIP 2021
    11/11/2021 - 04:55
  • Artikel Pengabdian Masyarakat: Pengenalan Potensi Diri dan Asesmen Minat Bakat SMP Bumi Cendekia Yogyakarta
    10/02/2023 - 13:26
  • FIP UNY Unggul! Juara 1 Penataan Lingkungan, Bukti Nyata Aksi Nyaman dan Ramah
    05/06/2025 - 09:51
  • SEMINAR PARENTNG “Memahami Peran Orang Tua Di Masa Pubertas Remaja Cerebral Palsy"
    07/20/2023 - 13:38
  • Pelatihan Tembang Macapat, Geguritan, dan Langen Carita untuk Pendidik Desa Binaan FIP UNY
    03/29/2022 - 09:12
  • Mahasiswa PLB Dewi Meiliyan Ningrum terpilih sebagai Mahasiswa Berpestasi FIPP UNY tahun 2023
    03/31/2023 - 10:19
  • Kompetensi Kunci Sustainable Development di Pendidikan Tinggi: Refleksi Kritis Mata Kuliah Filosofi, Teori, dan Konsep IPS SD
    10/02/2023 - 11:42
  • SERAH TERIMA KEPENGURUSAN KELUARGA MAHASISWA MAGISTER FIP UNY DAN WORKSHOP PROGRAM KERJA KELUARGA MAHASISWA MAGISTER DOKTORAL FIP UNY 2022
    01/07/2022 - 11:20
  • Upaya Pencapaian SDG’S melalui Psikoedukasi Literasi Kesehatan Mental Masyarakat pada Mata Kuliah Kesehatan Mental
    10/02/2023 - 13:31
  • "Tonggak Sejarah Baru UNY: Izin SMA Labschool Resmi Terbit"
    04/17/2025 - 08:38

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY