Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Social Emotional Learning sebagai Pengembangan Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial dan Ketercapaian Good Health and Well Being Siswa

By admin_fip | 11:00 AM WIB, Mon October 02, 2023

Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai upaya pembangunan berkelanjutan memiliki 17 indikator, salah satunya good health and well being. Indicator ini berupaya untuk mencapai kesehatan yang baik dan kesejahteraan pada setiap individu dalam kehidupannya. Individu yang sehat dan sejahtera akan dapat mencapai kepuasan dan kebahagiaan hidup yang diinginkan. Hal inilah yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan bukan hanya personal individu, namun juga keberadaan suatu negara. Oleh karena itu bimbingan dan konseling berupaya menjawab tantangan ini melalui pengembangan bidang pribadi sosial individu.

Permasalahan umum yang ditemukan di lapangan saat ini berdasarkan hasil penelitian kaitannya dengan persoalan pribadi sosial, yaitu adanya pengaruh yang tinggi dari media sosial. Pengaruh ini mendorong keinginan individu untuk mendapatkan sesuatu dengan mudah dan cepat karena terbawa oleh berita atau iklan yang bermunculan di media sosialnya. Akibatnya, banyak individu mengalami penurunan atau degradasi moral, adap yang kurang pada guru, orang tua, dan teman sebaya, batas toleransi yang minim, daya juang yang semakin menurun, bahkan self-harm. Memang benar, terkadang ada pengaruh lain yang mendorong individu berperilaku tidak sesuai dengan norma sosial, yaitu pola asuh orang tua. Meskipun demikian, jika hal tersebut terus dibiarkan dan diamkan, maka perilaku menyimpang yang lebih serius akan semakin bermunculan.

Social emotional learning hadir untuk membantu mengembangkan kesadaran diri, manajemen diri individu, dan kesadaran sosial. Ketiga hal ini perlu dikembangkan agar individu dapat memahami kondisi yang ada dalam dirinya, baik kelebihan maupun kekurangan. Kemudian, mengelola diri dan mengendalikan perilaku yang dihasilkan, sehingga dapat merasakan dan menyadari kondisi yang ada di lingkungan sosialnya. Individu yang dapat melakukan ketiga hal tersebut yaitu kesadaran diri, manajemen diri, dan kesadaran sosial, nantinya akan dapat mencapai kesehatan dan kesejahteraan dalam kehidupannya. Maka, hal ini menjadi mungkin untuk pengembangan SDGs good health and well-being dalam kehidupan remaja, dimulai dari pengembangan social emotionalnya. Pada akhirnya kegiatan ini juga dapat mendukung peningkatan SDG s lainnya, yaitu quality education melalui program bimbingan dan konseling yang memandirikan dengan pengembangan kemampuan kesadaran diri, manajemen diri, dan kesadaran sosial siswa

SDGs #4 QUALITY EDUCATION

Berita

  • Workshop Pengisian IKU Pemeringkatan Mahasiswa FIP UNY 2022
    03/21/2022 - 08:27
  • Program Kerja Sama FIPP UNY dan SD Muhammadiyah Sapen Tingkatkan Kompetensi Guru
    02/04/2025 - 09:59
  • FGD Refleksi Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) Dan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Kerjasama Ditjen Pendidikan Vokasi Dengan FIPP UNY Di Sungai Hulu Tengah, Kalimantan Selatan
    10/11/2023 - 10:42
  • Kunjungan Studi dari Prodi S1 BK FIP UPI ke BK FIPP UNY Mendukung Kerjasama Bidang Kesehatan Mental
    12/06/2023 - 10:15
  • FIPP UNY Raih Peringkat II DRPM Award 2023
    05/16/2023 - 14:10
  • Srawung Pendidikan #4: Mewujudkan Pendidikan Berkeadilan di Sekolah Dasar
    02/26/2025 - 17:21
  • Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi Melakukan Kunjungan Ke Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta
    02/17/2023 - 14:53
  • Menggali Sinergi: Seminar Budaya dan Pendidikan di FIPP UNY
    07/16/2024 - 14:47
  • Pesan Dekan FIPP untuk Peserta Yudisium Periode Januari 2023
    02/02/2023 - 12:52
  • Program Edukasi Pola Asuh dan Konflik Keluarga bersama Ibu-Ibu Melalui Home Visit Di Padukuhan Pingitan dan Jitar, Moyudan, Yogyakarta
    10/02/2023 - 13:21

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY