Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Taman Lalu Lintas sebagai Sarana Edukasi Anak

By admin_fip | 1:36 PM WIB, Mon October 02, 2023

PGPAUD FIPP UNY melalui program dosen berkegiatan di luar kampus melakukan pengimbasan hasil penelitian penunjang mata kuliah kepada Masyarakat. DKL dilakukan pada guru-guru TK mitra sebanyak 10 sekolah di wilayah kabupaten Bantul dan kodya Yogyakarta. Hasil penelitian yang diimbaskan adalah panduan pembuatan dan pelaksanaan pembelajaran di Taman Lalu Lintas sebagai upaya penanaman etika lalu lintas (ELL).

Pelaksanaan DKL ini sebagai wujud kontribusi akademika dalam permasalahan yang ada di lapangan atau masyarakat. Permasalahan yang ada, salah satunya yaitu kebutuhan akan penanaman perilaku disiplin dalam berkendara dan sebagai pengguna jalan sejak dini. Maka, pengembangan panduan pembuatan dan pelaksanaan pembelajaran di Taman Lalu Lintas sebagai upaya penanaman etika lalu lintas (ELL) dibutuhkan oleh Taman Kanak-Kanak sebagai suatu inovasi dan ciri khas pembelajaran yang berbeda dengan sekolah lain.

Pengembangan ini juga tidak lain menjadi salah satu cara dalam memfasilitasi rencana aksi Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Yang mana, dalam kaitannya untuk menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat dan menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi lainnya

diperlukan adanya suatu upaya untuk mewujudkannya, salah satunya yaitu penanaman etika lalu lintas sejak dini. Melalui penanaman etika lalu lintas pada anak sejak dini dapat menjadi cara untuk turut mewujudkan SDGs yang berkaitan dengan pendidikan berkualitas dan terciptanya kemitraan untuk mencapai tujuan. Kemitraan dalam pengembangan panduan pembuatan dan pelaksanaan pembelajaran di Taman Lalu Lintas dilakukan oleh dosen PGPAUD FIPP UNY, guru- guru TK sebagai mitra pelaksana penanaman etika lalu lintas melalui pengunaan buku panduan di Taman Lalu Lintas sekolah, dan pihak Kepolisian sebagai penguat materi peraturan lalu lintas pada guru dan anak.

Pendidikan yang berkualitas dapat dicapai dengan adanya pengenalan dan penanaman etika lalu lintas (ELL) sejak dini. Hal ini sesuai dengan sebutan anak usia dini yang ada dalam masa golden age atau masa emas. Pada masa ini, anak paling banyak menyerap informasi dan mengingatnya dengan lebih baik. Sehingga penanaman etika lalu lintas yang dilakukan sejak dini harapannya dapat menjadi bekal bagi anak di masa depan untuk menjadi manusia yang memahami etika berlalu lintas dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dari hasil tersebut akan diperoleh manusia yang berkualitas dengan adanya inovasi pendidikan yang berkualitas sejak dini.

Panduan yang dihasilkan ini berisi kajian mengenai taman, lalu lintas, taman lalu lintas, rambu-rambu yang perlu dikenal anak, etika berlalu lintas untuk diketahui anak, metode belajar di taman lalu lintas, dan program polisi sahabat anak. Dalam panduan yang dibuat ini juga dilengkapi dengan prosedur pembuatan taman lalu lintas dan pembelajaran di taman lalu lintas.

Implementasi Taman Lalu Lintas dilakukan bersama 10 sekolah, di antaranya TK Alhamdulillah, TK An-Nuur, TK Godean, TK TAAT TWAM ASI, TK PKK 18 Harapan Bangsa, TK Negeri Yogyakarta, TK Pembina Banguntapan Bantul, TK Baik Krapyak, TK Pedagogia, dan TK Potorono. Setiap TK melaksanakan kegiatan Taman Lalu Lintas ini dengan masing-masing pola.

Panduan yang dikembangkan oleh program dosen berkegiatan di luar kampus PGPAUD FIPP UNY ini menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran Taman Lalu Lintas di masing-masing sekolah. Dari pelaksanaan ini, diperoleh gambaran pelaksanaan taman lalu lintas yang sudah sesuai dengan alur dalam buku panduan meskipun pola yang digunakan berbeda.

Melalui kegiatan ini pula, rasa ingin tahu anak dapat distimulasi dengan baik. Hal ini, terlihat pada saat anak antusian memperhatikan dan berpartisipasi aktif di Taman Lalu Lintas. Dari situ, anak akan mengingat dan dapat menerapkan etika lalu lintas yang sudah ia pahami

SDGS #4 QUALITY EDUCATION

Berita

  • Pentingnya Mata Kuliah Psikologi Positif dalam Mendorong Perkembangan Keilmuan Psikologi Positif dan Well-Being
    10/02/2023 - 13:32
  • Mahasiswa PLB Dewi Meiliyan Ningrum terpilih sebagai Mahasiswa Berpestasi FIPP UNY tahun 2023
    03/31/2023 - 10:19
  • Mata Kuliah: Praktik Teknologi Pendidikan (S2TP UNY-2SKS)
    10/02/2023 - 10:11
  • Benchamarking Senat Akademik FIP UNESA ke Senat Akademik FIPP UNY
    06/04/2024 - 12:36
  • Pelantikan Ormawa FIPP 2023
    02/07/2023 - 11:59
  • Penyerahan Surat Tugas Tambahan Dosen FIPP UNY untuk Tahun 2024
    01/08/2024 - 15:14
  • UUIK FIPP UNY Sosialisasi Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) 2024
    01/18/2024 - 13:33
  • Koordinasi dan Sosialisasi Mahasiswa Berprestasi FIP UNY Tahun 2022
    01/18/2022 - 08:55
  • Kuliah Tamu oleh Assoc. Prof. Jill Willis, Ph.D. dari Queensland University of Technology di UNY
    06/20/2024 - 08:20
  • Menggali Sinergi: Seminar Budaya dan Pendidikan di FIPP UNY
    07/16/2024 - 14:47

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY