PENYERAHAN PENGHARGAAN LOMBA PENGAWAS SD VIP SE-DIY

Masih dalam rangka Dies Natalis FIP ke 61, diadakan lomba pengawas VIP (Visioner, Inovatif, Produktif) yang diikuti oleh para pengawas dari berbagai kabupaten di wilayah Yogyakarta. Lomba dibagi dari beberapa tahap, yaitu penilaian portofolio, wawancara dan presentasi program kerja dan kunjungan para juri ke tempat kerja pengawas. Adapun tim juri terdiri dari para dosen Prodi Manajemen Pendidikan yang ahli di bidang pengawasan pendidikan serta Drs. Kudianta, seorang supervisor pengawas dari Dinas Propinsi DIY. Tujuan diadakannnya lomba pengawas VIP ini adalah mengapresiasi kinerja pengawas yang juga berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, karena tidak mudah menjadi pengawas.mereka harus memiliki kompetensi kepribadian, supervise manajerial, supervise akadeik, evaluasai pendidikan, penelitian dan pengembangan dan sosial sebaimana tertera dalam Permendiknas No 12 Tahun 2007.
Dari hasil seleksi, terpilihlah empat besar untuk menjalani tes wawancara dan presentasi program kerja. Para pengawas terpilih adalah Rini Ningsih, M.Pd dari Bantul, Drs. Joko Prasetyo, M.Pd , Drs. Introko, M.A dari Sleman dan Drs. Suhardiyanto dari Bantul. Keempat peserta menjalani tes wawancara dan presentasi program kerja masing-masing dihadapan para juri. Penilaian juri mengantarkan Rini Ningsih, M.Pd menjadi juara I, Drs. Joko Prasetyo, M.Pd meraih juara II, Drs. Introko, M.A serat Drs. Suhardiyanto meraih juara III bersama. Penghargaan kepada para juara lomba pengawas VIP diserahkan oleh Rektor UNY. Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd, M.A didampingi Dekan FIP. Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum pada hari Minggu 14 Agustus 2011 bertepatan dengan peringatan Dies Natalis FIP UNY ke 61
Drs. Kudianta menilai bahwa lomba pengawas yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan UNY berhasil menemukan pengawas yang prestasinya lebih baik dari prestasi pengawas yang telah dipilih LPMP untuk dikirim ke tingkat nasional. Harapannya untuk tahun depan, lomba semacam ini dapat terselenggara kembali agar pengawas semaikn termotivasi untuk berprestasi. (didik/zulfa)