Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

EXPRESSIVE DRAWING, SOLUSI ALTERNATIF BIMBINGAN PERILAKU SISWA AGRESIF

By admin | 11:20 AM WIB, Thu June 23, 2016

Agresif merupakan salah satu bentuk reaksi sosial sebagai reaksi emosi yang dapat membahayakan siswa maupun orang lain. Perilaku agresif terbagi menjadi agresif secara fisik dan verbal.  Menurut Delut (Dayakisni dan Hudaniah, 2009: 212) bentuk-bentuk perilaku agresif yang umum antara lain: menyerang secara fisik (memukul, merusak, menendang), menyerang dengan kata-kata, mencela orang lain, menyerbu daerah lain, mengancam daerah lain, main perintah, melanggar milik orang lain, tidak mentaati perintah, membuat permintaan yang tidak pantas dan tidak perlu, bersorak-sorak, berteriak-teriak, atau berbicara keras pada saat yang tidak pantas, dan menyerang tingkah laku yang dibenci. Perilaku agresif dapat menghambat keberhasilan dalam belajar. Oleh sebab itu, mahasiswa UNY yang tergabung dalam kelompok PKM Penelitian “Expressive Drawing” FIP yaitu Festia Gaby Disa Putri (PGSD), Erni Palupi (PGSD), Rizky Damarsari (PLB), dan Lintang Arso Kusuma (BK), dengan dosen pembimbing Muthmainnah, M.Pd. memberikan gagasan sebagai solusi alternatif menurunkan perilaku agresif berupa kegiatan expressive drawing.

Expressive drawing merupakan suatu kegiatan menggambar bebas yang dilakukan siswa untuk mengekspresikan emosi atau perasaan yang dialami siswa. Selain menggambar bebas, siswa juga diminta untuk mengungkapkan maksud gambar dengan cara menuliskan pesan di samping gambar. Hal tersebut didukung dengan kegiatan tanya jawab yang dapat dilakukan guru dengan siswa agresif untuk mengungkap makna dibalik gambar.

Kegiatan menggambar bebas ini terangkum dalam tema-tema pilihan yang lekat dengan psikologis anak, seperti: peristiwa yang menyenangkan, peristiwa yang menyedihkan, tokoh kartun atau film yang disukai, dan anggota keluarga yang tidak disukai. Tim PKM Penelitian “Expressive Drawing” sudah melakukan penelitian di SD Negeri Samirono Yogyakarta dengan subyek penelitian sebanyak 4 siswa kelas III B. Dari hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa expressive drawing efektif menurunkan perilaku agresif siswa. Expressive drawing ini  mempunyai dua fungsi utama, sebagai terapi bimbingan perilaku bagi siswa agresif dan sebagai kegiatan menggambar bebas yang murni untuk mengekspresikan emosi, perasaan, pikiran dan harapan tanpa berfungsi sebagai terapi.

TIM PKM Penelitian “Expressive Drawing” FIP UNY juga telah mengadakan Seminar Hasil Penelitian kepada guru-guru di SD Negeri Samirono agar hasil penelitian ini dapat tersebar luas dan ditindaklanjuti untuk terus dilakukan sebagai bimbingan perilaku alternatif bagi siswa agresif. Melalui kegiatan expressive drawing ini, siswa diharapkan dapat mengekspresikan emosi negatif siswa berperilaku agresif melalui kegiatan yang menyenangkan. Selain itu, sebagai salah satu alternatif bimbingan guru dalam menurunkan perilaku agresif siswa agar proses pembelajaran dapat berjalan baik sesuai yang telah direncanakan. (fest/ant)

Berita

  • Penyerahan Surat Tugas Tendik dan SE di FIPP UNY
    01/08/2024 - 12:41
  • Penyusunan Laporan Keuangan Penelitian dan PKM FIP UNY Dorong Transparansi dan Akuntabilitas
    07/17/2025 - 10:28
  • Academic Collaboration Visit to The Faculty of Education, Universiti Malaya
    05/11/2023 - 11:26
  • Terjadi Keterlambatan Terbitnya Ijazah untuk Wisudawan UNY Periode Februari dan Mei 2025
    06/02/2025 - 11:47
  • Bidang Kemahasiswaan dan alumni FIP UNY Bersinergis dengan prodi s2 PLB dalam kegiatan PKKMB mahasiswa Program Intake Semester Genap FIP UNY 2022
    02/21/2022 - 10:46
  • Pemberdayaan Masyarakat Desa Wisata Bukit Cinta
    10/02/2023 - 13:28
  • Asesmen Lapangan Prodi S2 Bimbingan dan Konseling FIP UNY
    10/12/2022 - 09:44
  • Perluas Jaringan Akademik, FIP UNY Sambut Baik Kehadiran Universitas PGRI Ronggolawe
    07/03/2025 - 11:26
  • PENELITIAN MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS MENDUKUNG PENGEMBANGAN EFEKTIVITAS DAN INKLUSIVITAS FASILITAS PENDIDIKAN
    09/30/2023 - 09:42
  • FIP UNY Terima Kunjungan Pascasarjana Universitas Baturaja untuk Benchmarking Penjaminan Mutu
    09/10/2025 - 09:28

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY