Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Peran Mata Kuliah Cybergogy and Heutagogy Untuk Memahami Transformasi Pendidikan Menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)

By admin_fip | 8:28 AM WIB, Mon October 02, 2023

Mata kuliah Cybergogy and Heutagogy merupakan matakuliah konsentrasi prodi kebijakan Pendidikan yang membahas mengenai transformasi perkembangan zaman yang membahwa perubahan dalam model-model pendekatan proses pembelajaran. Transformasi ini dipengaruhi oleh inovasi dalam teknologi, mobilitas penduduk, perubahan sistem ekonomi, politik dan budaya yang begitu cepat terjadi. PBB menetapkan ada 17 (tujuh belas) serangkaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) yang disepakati berbagai negara, hal ini merupakan bentuk antisipasi pada kondisi global yang dikenal dengan era VUCA yaitu volatilitas (volatillity), ketidakpastian (uncertainty), kompleksitas (complexcity), dan ambiguitas (ambiguity).

Peran mata kuliah Cybergogy and Heutagogy membelajarkan kepada mahasiswa, harapannya mereka memahami transformasi isu global yang begitu cepat, dan juga mampu menganalisis tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) dalam bidang Pendidikan. Menurut Wang & Kang, konsep Cybergogy adalah kerangka kerja suatu model pembelajaran yang berbasis menggunakan media teknologi digital. Kemudian, konsep Heutagogy menurut Hase & Kenyon, merupakan kerangka kerja model pembelajaran yang ditentukan secara mandiri oleh pembelajar. Kedua konsep tersebut dapat pula dilihat sebagai suatu perkembangan alamiah dari metodologi pendidikan sebelumnya terutama dari pengembangan kemampuan dan memiliki kemungkinan untuk pendekatan pembelajaran di abad -21.

Konsep cybergogy and heutagogy berperan membelajarkan mahasiswa sebagai pisau analisis dalam memahasi situasi global terkini, baik secara teoritis maupun secara praktis. Secara teoritis, mahasiswa memahami konsep tersebut, untuk memberikan perspektif dalam membingkai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) seperti: SDGs (4) memberikan refleksi sebagai pengembangan Pendidikan berkualitas, agar pada SGDs (10) dapat memastikan semua kelompok kelas sosial masyarakat dapat mengakses pendidikan yang berkeadilan dan mengurangi ketidaksetaraan, serta SDGs (5) memberikan kesempatan yang setara pada kelompok perempuan. Selain itu, dengan cybergogy dan heutagogy dapat mendorong SDGs (9) yakni menstimulasi inovasi pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, kemudian sangat dimungkinkan untuk menumbuhkan perekonomian dan berimbas pada kesempatan kerja yang layak.

Peran mata kuliah Cybergogy and Heutagogy, selain membelajarkan sudut pandang teoritis, juga membelajarkan dalam bentuk praktis, yakni mahasiswa belajar melakukan studi ke lapangan untuk mengamati kondisi masyarakat berdasarkan isu-isu global yang tertuang dalam 17 SDGs. Mereka, mengamati berbagai kondisi isu SDGs yang berkembang di masyarakat kemudian dikaitkan dengan konsep cybergogy and heutagogy. Projek akhir dalam perkuliahan ini, mahasiswa membuat makalah yang akan dipresentasikan setelah dari studi lapangan.

Harapannya dari mata kuliah ini, mahasiswa mendapatkan pembelajaran yang lebih dinamis, kolaboratif, dan adaptif, yang sesuai dengan perubahan sosial, ekonomi, politik, dan budaya yang cepat terjadi di era digital ini. Dalam konteks ini, pendidikan harus terus berkembang untuk menghasilkan individu yang mampu berpikir mandiri, belajar sepanjang hayat, dan beradaptasi dengan perubahan yang terus berlanjut dalam masyarakat global yang terhubung secara digital. Tentu pada akhirnya, harapannya mahasiswa turut berpartisipasi aktif dalam tujuan pembangunan berkelanjutan. (Saiful)

SDGs #4 QUALITY EDUCATION
SDGs #5 GENDER EQUALITY
SDGs #9 INDUSTRY
INNOVATION
AND INFRASTRUCTURE
SDGs #10 REDUCED INEQUALITIES

Berita

  • Breakthrough in Student Affairs and Alumni in FIP UNY Student Research 2022
    05/13/2022 - 13:23
  • Rintisan Kerjasama Bidang Kemahasiswaan dan alumni FIP UNY Dengan Bidang Kemahasiswaan dan alumni FIP Universitas Negeri Malang
    11/08/2021 - 07:50
  • Career Identity Exploration in Prototype Curriculum Optimization
    05/12/2022 - 13:25
  • Peran Mata Kuliah Cybergogy and Heutagogy Untuk Memahami Transformasi Pendidikan Menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)
    10/02/2023 - 08:28
  • DOSEN MENGABDI UNTUK PENINGKATAN KINERJA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR MENUJU SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS
    10/02/2023 - 10:22
  • Srawung Pendidikan #5 Bahas Kesehatan Mental di Era Digital
    05/08/2025 - 09:26
  • PAMERAN PENDIDIKAN GREDUPEDIA
    10/02/2023 - 10:07
  • Smart Water Station FIPP UNY: Inovasi Air Minum Gratis untuk Mahasiswa
    02/11/2025 - 11:14
  • Guest Lecturer Intercultural Learning: Comparative Philosophy as an Approach
    05/29/2023 - 14:06
  • PAMERAN PENDIDIKAN GREDUPEDIA
    10/02/2023 - 10:07

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY