Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Guru SD Asal Purworejo Raih Gelar Doktor dari UNY Tanpa Ujian Terbuka, Berkat Publikasi Internasional

By admin_fip | 12:28 PM WIB, Tue October 14, 2025

Yogyakarta, Oktober 2025 — Sebuah pencapaian luar biasa diraih oleh Ari Wijayanti, seorang guru sekolah dasar dari SDN Geparang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo. Ia berhasil meraih gelar Doktor dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tanpa melalui ujian terbuka, berkat prestasinya dalam publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi Scopus.

Ari dinyatakan lulus melalui skema Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), setelah berhasil menulis dan menerbitkan tiga artikel ilmiah internasional di jurnal bereputasi. Dua di antaranya menjadi dasar pengakuan RPL yang mengantarkannya meraih predikat Cumlaude.

“Saya ingin membuktikan bahwa guru sekolah dasar juga bisa berprestasi dan berkontribusi di tingkat internasional. Semoga capaian ini menjadi inspirasi bagi guru-guru di Purworejo dan di seluruh Indonesia untuk terus berkarya,” ujar Ari dengan penuh rasa syukur.

Inovasi Pembelajaran Abad ke-21 dari Purworejo

Dalam disertasinya, Ari mengembangkan Model Flipped Classroom berbasis Guided Inquiry yang dirancang untuk meningkatkan literasi digital siswa sekolah dasar.
Penelitian ini dinilai relevan dengan tantangan pendidikan abad ke-21, yang menekankan pentingnya kreativitas, kolaborasi, dan kemampuan berpikir kritis di tengah perkembangan teknologi.

Model yang ia kembangkan juga menjadi wujud nyata komitmennya dalam menghadirkan pembelajaran aktif dan inovatif, terutama bagi pendidikan dasar di daerah.

Lulus Cepat Berkat Konsistensi dan Disiplin

Menempuh studi doktoral melalui program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) dari pemerintah, Ari menunjukkan dedikasi tinggi selama masa studi. Ia berhasil menyelesaikan pendidikan S3 di Program Studi Pendidikan Dasar FIP UNY hanya dalam waktu 39 bulan (tujuh semester), lebih cepat dari masa studi normal delapan semester yang ditetapkan.

Capaian ini tidak hanya mencerminkan kedisiplinan dan konsistensi, tetapi juga komitmen Ari dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan kualitas pendidikan dasar di Indonesia.

Profil Singkat

  • Nama: Ari Wijayanti

  • Asal Instansi: SDN Geparang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo

  • Profesi: Guru Sekolah Dasar

  • Almamater: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

  • Bidang Keahlian: Pembelajaran IPA, Literasi Digital, dan Inovasi Pendidikan Dasar

  • Publikasi: 3 artikel ilmiah internasional terindeks Scopus (2 digunakan untuk RPL)

Makna di Balik Prestasi

Keberhasilan Ari Wijayanti menjadi bukti nyata bahwa profesi guru memiliki potensi besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan, tidak hanya di ruang kelas, tetapi juga di tingkat global. Melalui kerja keras, riset yang mendalam, dan dedikasi tinggi, ia menjadi teladan bagi pendidik Indonesia untuk terus berinovasi, meneliti, dan menginspirasi.

Berita

  • Dukungan Kuliah Penulisan Karya Ilmiah Untuk Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) Bidang Pendidikan
    09/30/2023 - 09:07
  • 20 Mei, Momentum Bersejarah Kebangkitan Nasional Bangsa Indonesia
    05/20/2025 - 13:31
  • Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa FIP 2022
    01/31/2022 - 08:09
  • Kolaborasi Guna Mendukung Sdgs Pendidikan Khusus Yang Bermutu
    10/02/2023 - 11:08
  • Benchmarking Universitas Sultan Ageng Tirtayasa( UNTIRTA) tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)  di FIPP UNY
    12/13/2023 - 09:12
  • Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) melalui Karya Tulis Ilmiah
    10/02/2023 - 11:34
  • Asesmen Lapangan Prodi S2 Teknologi Pembelajaran
    11/20/2023 - 11:05
  • Workshop Peningkatan Kinerja Tendik FIPP UNY di Era PTNBH
    09/18/2023 - 11:36
  • Kontribusi Matakuliah Etnografi Pendidikan S1 KP dalam Mendukung Pencapaian SDGs
    10/02/2023 - 08:32
  • Duta Pendidikan FIP UNY
    05/30/2022 - 11:10

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY