Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • Zona Integritas
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI

Mata Kuliah Metodologi Penelitian Dalam Kontribusinya Terhadap Pencapaian Indikator SDG’s Pada Ranah Manajemen Pendidikan

By admin_fip | 2:03 PM WIB, Mon October 02, 2023

Pendidikan yang berkualitas merupakan salah satu indikator tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG’s). Hal ini memungkinkan terjadinya peningkatan keterampilan, pengetahuan, dan kesadaran yang diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan lainnya. Untuk itulah, berbagai riset terkait pendidikan menjadi sebuah keharusan agar mampu mendorong terwujudnya pendidikan berkualitas. Dalam kaitannya dengan tata kelola pendidikan yang berkualitas, mata kuliah metodologi penelitian di desain untuk menghasilkan luaran berupa riset-riset berkualitas terkait pengembangan manajemen pendidikan. Dengan demikian mampu memainkan peran penting dalam menghubungkan kemajuan pengetahuan dan penelitian dengan upaya mencapai tujuan Sustainable Development Goals (SDGs). Mata kuliah Metodologi Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menerapkan berbagai konsep dan pendekatan penelitian, baik dengan pendekatan penelitian kualitatif maupun kuantitatif.

Secara keseluruhan, mata kuliah Metodologi Penelitian memiliki peran dominan dalam mendukung pencapaian SDG’s. Mata kuliah Metodologi Penelitian memiliki urgensi yang tinggi dalam konteks pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) karena adanya beberapa alasan: (1) Mengarahkan Riset ke Arah Yang Tepat (membantu mahasiswa dan peneliti untuk merencanakan penelitian yang terarah dan relevan untuk mencapai tujuan SDGs); (2) pengumpulan data yang akurat dan relevan (penguasaan teknik sampling dan pengumpulan data yang baik menjadi kunci menghasilkan data yang akurat sehingga memudahkan memahami dampak aktual program/kebijakan untuk mencapai SDG’s yang diinginkan; (3) teknik analisis data dan pengambilan keputusan (hasil penelitian yang diolah dengan teknik analisis yang tepat, akan membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik berdasar bukti yang kuat pula, sehingga dapat memaksimalkan potensi keberhasilan dalam mencapai SDG’s.

Melalui mata kuliah Metodologi Penelitian, mahasiswa program doktoral diberdayakan untuk memahami dengan lebih mendalam prinsip-prinsip penelitian yang kuat dan relevan, yang merupakan pondasi bagi pengembangan kebijakan dan praktik manajemen pendidikan sesuai dengan SDGs ke 4 yaitu Pendidikan berkualitas (Quality Education). Pemahaman mendalam ini memungkinkan para mahasiswa untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengatasi kompleksitas tantangan dalam dunia pendidikan, yang akan berkontribusi pada pencapaian tujuan SDGs. Mata kuliah ini membawa manfaat signifikan karena membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pemahaman yang diperlukan untuk mendesain dan melaksanakan penelitian yang bermutu tinggi. Penelitian yang difokuskan dan didasarkan pada bukti akan berkontribusi secara efektif pada pencapaian target-target SDGs. Lebih lanjut, mata kuliah ini mendorong mahasiswa untuk menerapkan pendekatan penelitian yang inklusif dan berorientasi pada solusi, sesuai dengan prinsip-prinsip SDGs untuk mengatasi kesenjangan dan ketidakadilan dalam sektor pendidikan. Dalam ranah manajemen pendidikan, penelitian yang terfokus pada pencapaian tujuan SDGs memungkinkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai dinamika kompleks antara manajemen, kebijakan, dan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan perspektif SDGs ke dalam strategi manajemen pendidikan mereka, mengedepankan inovasi, kesetaraan, dan akses yang lebih baik menuju pendidikan berkualitas untuk semua. Oleh karena itu, mata kuliah Metodologi Penelitian memegang peran penting dalam membentuk pemimpin dan praktisi pendidikan yang dapat membawa perubahan positif sesuai dengan agenda global SDGs di ranah manajemen pendidikan.

SDGS #4 QUALITY EDUCATION

Berita

  • Kompetensi Kunci Sustainable Development di Pendidikan Tinggi: Refleksi Kritis Mata Kuliah Filosofi, Teori, dan Konsep IPS SD
    10/02/2023 - 11:42
  • Kontribusi Perkuliahan Pendidikan komparatif dalam Mewujudkan Program SDG’S
    10/02/2023 - 08:54
  • Outing Class Mahasiswa S2 Pendidikan Dasar Bersama Prof Ruyu dari NCYU Bertemakan Ecopedagogy
    10/02/2023 - 11:32
  • Peningkatan Kepemimpinan Instruksional Melalui Pelatihan Coaching Bagi Kepala Sekolah Dasar
    09/30/2023 - 16:07
  • Peran Mata Kuliah Psikologi Komunitas dalam Mendorong Pencapaian SDG’s
    10/02/2023 - 15:41
  • Mata Kuliah Difusi Inovasi Pendidikan Mendorong Pencapaian Indikator SDG's di Dunia Pendidikan
    10/02/2023 - 08:42
  • Pertemuan Inspiratif di Kampus 3 FIP UNY, UNRAM Gali Inovasi Pengelolaan Sekolah
    07/31/2025 - 12:36
  • Terobosan Baru! UNY Luncurkan Program S2 Kebijakan Pendidikan Satu-Satunya di Indonesia
    12/24/2024 - 19:07
  • Mata Kuliah Kepemimpinan Pendidikan Mendorong Pencapaian Indikator SDG's di Dunia Pendidikan
    10/02/2023 - 08:37
  • Integrasi SDGs ke 16 “Peace, Justice and Strong Instution” pada Mata Kuliah Organisasi Pendidikan
    09/30/2023 - 09:33

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY