Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

MEDIA PEMBELAJARAN SINTAKSIS BAGI ANAK TUNARUNGU

By admin | 9:28 AM WIB, Fri October 23, 2015

Bahasa merupakan perantara komunikasi seseorang. Anak memperoleh bahasa melalui mendengarkan dari lingkungan sekitarnya baik itu keluarga, teman, maupun masyarakat. Demikian pula pada anak tunarungu. Mereka membutuhkan bahasa sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain sehingga tidak merasa terasing dari lingkungannya. Namun proses pemerolehan bahasa pada anak tunarungu tidak berjalan normal seperti anak pada umumnya.

Akibatnya, anak tunarungu mengalami hambatan dalam berbahasa, khususnya dalam aspek sintaksisnya. Dalam mendukung proses pembelajaran sintaksis pada anak tunarungu dibutuhkan suatu media pembelajaran visual yang digunakan secara kontinyu melalui pelatihan dan pendampingan oleh guru. Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta menggagas ide berupa pelatihan dan pendampingan sentence scramble game sebagai media pembelajaran sintaksis anak tunarungu di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tim pelaksana menggunakan media pembelajaran sentence scramble game dalam pelatihan dan pendampingan ini.Mereka adalah Yeni Norma Irawati dan Sayidah Alawiyah dari prodi Pendidikan Luar Biasa, Eggi Sutanto dari prodi Teknologi Pendidikan, Muhammad Muslim Machbub Sulthony dari Prodi PGSD FIP UNY serta Vindy Lailatul Mukaromah dari prodi Sastra Indonesia FBS UNY.

Menurut Yeni Norma Irawati, sentence scramble game merupakan permainan berupa menyusun kembali struktur kalimat yang telah diacak sebelumnya yang dirancang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pembelajaran anak tunarungu. Media pembelajaran ini berupa permainan kalimat acak, ditampilkan dalam bentuk flash yang disertai gambar tokoh animasi.

“Fungsinya memudahkan anak untuk menyelesaikan soal dalam sentence scramble game” ungkap Yeni. “Hal ini disesuaikan dengan karateristik anak tunarungu yang lebih memanfaatkan organ visualnya dalam proses pembelajaran.”

Eggi Sutanto menambahkan bahwa pelatihan dan pendampingan penggunaan media pembelajaran sentence scramble game bagi anak tuna rungu tersebut dilaksanakan di SLB Karnnamanohara dan SLB Yapenas Yogyakarta. Menurutnya, pelatihan dan pendampingan ini diperuntukkan bagi guru dan siswa. Bagi guru, kegiatan pelatihan berupa pengenalan dan praktik penggunaan media pembelajaran sentence scramble game, dengan harapan setelah guru dilatih guru mampu menggunakan media pembelajaran tersebut dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Bagi siswa, melalui pelatihan ini anak dapat belajar merangkai pola/struktur kalimat menjadi kalimat yang padu menggunakan media pembelajaran sentence scramble game. “Media pembelajaran ini disusun sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pembelajaran anak tunarungu yang lebih mengedepankan fungsi organ visualnya dalam melakukan proses pembelajaran” tutur Eggi.

Muhammad Muslim Machbub Sulthony menjelaskan bahwa metode pelaksanaan pelatihan ini diawali dengan melakukan sosialisasi kepada anak tunarungu terkait program yang akan dilaksanakan, kemudian dilakukan pretest sebagai tahap awal untuk mengetahui kemampuan siswa. “Langkah berikutnya diberikan materi berupa pengenalan pola kalimat yang fungsional” kata Machbub. “Berupa pengenalan subyek, predikat, obyek dan keterangan kalimat.”

Dalam kegiatan ini, metode yang digunakan yaitu metode ceramah dan tanya jawab baik secara lisan maupun isyarat. Kemudian dilakukan pengenalan peralatan yang dapat digunakan dalam pengoperasian sentence scramble game, dilanjutkan dengan pelatihan bahasa melalui penggunaan sentence scramble game untuk meningkatkan kemampuan sintaksis pada anak tunarungu yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tingkatan level yang berbeda.

Setelah itu dilakukan percakapan secara lisan maupun isyarat dalam pengucapan bahasa yang memiliki pola kalimat yang terstruktur. “Diakhiri dengan praktik pembuatan karangan sederhana yang dituangkan dalam bentuk tulisan,” katanya. Kegiatan ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Pada Masyarakat (PKM-M) tahun 2015. (Dedy)

Berita

  • Dekan FIP Resmikan Unit Baru FIP UNY
    01/08/2022 - 13:28
  • Mata Kuliah: Praktik Teknologi Pendidikan (S2TP UNY-2SKS)
    10/02/2023 - 10:11
  • Mahasiswa FIP UNY Raih Gold Medal dalam International Science and Invetion Fair (ISIF) 2022
    11/24/2022 - 13:43
  • Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi Jalin Kerja Sama Akademik dengan FIPP UNY untuk Tingkatkan Kualitas Generasi Pendidik
    01/16/2025 - 16:04
  • Gumregah Mengkreasi Perubahan
    08/22/2022 - 13:27
  • SMKN 1 Karanganyar Wisata Edukasi ke FIP UNY
    12/19/2022 - 12:57
  • Wakil Dekan RKSIU FIPP UNY Berikan motivasi Masuk Perguruan Tinggi kepada Siswa SMA MTA Surakarta
    12/13/2023 - 14:42
  • Memajukan Pariwisata Budaya dan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Kerjasama Industri Batik Giriloyo
    10/02/2023 - 11:11
  • Kontribusi Matakuliah Sekolah dan Masyarakat S2 KP dalam Mendukung Pencapaian SDGs
    10/02/2023 - 08:50
  • Guest Lecturer Intercultural Learning: Comparative Philosophy as an Approach
    05/29/2023 - 14:06

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY