Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Mewujudkan kebijakan pendidikan yang inklusif dan berkeadilan melalui mata kuliah advokasi kebijakan pendidikan.

By admin_fip | 8:45 AM WIB, Mon October 02, 2023

Mata kuliah advokasi kebijakan pendidikan merupakan mata kuliah wajib tempuh mahasiswa prodi kebijakan pendidikan yang mendukung kompetensi mahasiswa untuk menjadi pegiat pendidikan. Capaian pembelajaran mata kuliah ini berorientasi pada keterampilan melakukan strategi advokasi dalam rangka mengubah kebijakan secara bertahap maju guna merespon berbagai bentuk ketimpangan pendidikan. Secara konseptual advokasi merupakan usaha untuk mengubah kebijakan publik melalui aneka bentuk komunikasi atau gerakan untuk mengontrol perilaku lembaga, masyarakat, dan individu (John Hopskin, 1999). Bahasan advokasi erat kaitannya dengan Sustainable Development Goals, baik untuk mempromosikan tujuan-tujuan SDG’s maupun poin-poin tujuan SDG’s yang mendukung proses advokasi.

Advokasi dalam rangka mempromosikan SDG’s pada praktiknya telah banyak dilakukan berbagai pihak. Pada mata kuliah ini, praktik tersebut menjadi bahan pembelajaran bagaimana advokasi dapat digunakan untuk mempromosikan dan mempersuasi masyarakat luas terkait akses pendidikan untuk semua. Hal ini selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) ke 4 yakni memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua. Untuk mencapai tujuan tersebut dukungan poin-poin SDG’s lain juga diperlukan, antara lain;

1. Tujuan ke 16 yakni mendukung masyarakat yang damai dan inklusif untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan akses terhadap keadilan bagi semua dan membangun institusi-institusi yang efektif, akuntabel dan inklusif di semua level. Dalam hal ini advokasi menjadi bagian dari democratic governance, bahwa tata kelola demokrasi memerlukan partisipasi stakeholder terutama masyarakat yang termarginalkan sehingga proses pengambilan keputusan menjadi lebih inklusif. Prinsipnya bahwa partisipasi dan kesetaraan untuk memenuhi hak-hak publik adalah bagian penting dari advokasi kebijakan.

2. Tujuan 17, menguatkan ukuran implementasi dan merevitalisasi kemitraan global untuk pembangunan yang berkelanjutan. Secara teoritis maupun praktis, advokasi memerlukan keterlibatan dan kolaborasi berbagai pihak untuk menyiapkan sumber daya materiil maupun non materiil. Pembentukan koalisi dan penggalangan dana tidak lepas dari aktivitas advokasi untuk mewujudkan pendidikan yang inklusif dan berkeadilan.

SDGS #4 QUALITY EDUCATION

Berita

  • Academic Collaboration Visit to the Faculty of Education, Srinakharinwirot University, Thailand
    06/15/2023 - 09:38
  • Optimalisasi Data IKU 2021 untuk Pemeringkatan FIP UNY 2022
    04/14/2022 - 16:21
  • DWP FIPP UNY Adakan Bakti Sosial di LKSA Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan
    08/12/2023 - 13:51
  • PGSD UNY Merangkul Dikpora dan SD se-DIY sebagai Reviewer Kurikulum
    10/25/2023 - 11:30
  • Satu Jam tiga puluh menit dengan Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd.
    02/21/2022 - 10:37
  • Benchmarking dan Penandatangan Kerjasama FIP UNY dengan FKIP Universitas Mataram
    09/24/2022 - 07:28
  • Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum Mendapat Anugerah Tokoh Pendidikan FIP JIP 2021
    11/11/2021 - 04:55
  • Pelatihan Guru tentang Social-Emotional Learning (SEL) bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
    10/02/2023 - 10:55
  • Kepedulian Sosial UNY: Bakti Sosial di Panti Asuhan Al-Barokah untuk Generasi Unggul dan Berdaya Saing
    08/12/2024 - 12:51
  • Mahasiswa S2 PNF Berbagi Ilmu Digital Marketing kepada Masyarakat Moyudan, Yogyakarta
    10/02/2023 - 11:29

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY