Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • Zona Integritas
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI

Peluang dan Tantangan Lulusan Teknologi Pendidikan

By admin_fip | 1:54 PM WIB, Fri April 01, 2022

Sehubungan dengan transformasi digital manajemen ASN terutama dalam hal peningkatan inovasi teknologi di bidang pendidikan dan pelatihan, maka salah satu upaya dan peluang mendapatkan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif yaitu dengan mendayagunakan lulusan Sarjana Program Studi Teknologi Pendidikan. Demikian yang disampaikan oleh Dr. Andi Kristanto, M.Pd., MCE, Ketua Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya sekaligus Wakil Seketaris APSTPI dalam acara Sarasehan Peluang dan Tantangan Lulusan Teknologi Pendidikan yang diselenggaakan oleh Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNY, Rabu, 23 Maret 2022.

Andi melanjutkan pemaparan dengan menjelaskan pengertian teknologi Pendidikan. Menurutnya, teknologi Pendidikan bukan hanya melakukan pengkajian dan pengembangan ilmu secara teoritis, tetapi juga secara praktis, menfasilitasi pembelajaran, dan peningkatan kinerja seseorang atau sekelompok orang, membuat, menggunakan dan menggelola produk produk teknologi pendidikan/pembelajaran, serta dengan pendekatan teknologi sebagai proses dan sumber teknologi yuang dappat dirancang digunakan dan dikelola untuk kepentingan pembelajan.

Terkait dengan profil lulusan prodi Teknologi Pendidikan, Andi mennjelaskan bahwa profil lulusan prodi teknologi Pendidikan sebagai (a) Pengembang Teknologi Pembelajaran dengan kemampuan memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, mengelola proses teknologi dan sumber daya yang tepat , (b) Analis Pendidikan dan Pelatihan dengan kemampuan menganalisis proses dan sumber untuk memfasilitasi pendidikan, pelatihan dan meningkatkan kinerja, (c) Guru Multimedia/Animasi/Broadcast di SMK/MAK dengan kemampuan mengajar bidang keahlian multimedia/animasi di Sekolah Menengah Kejuruan.

“Sedang kompetensi lulusan yang harus dimiliki oleh lulusan saana prodi teknologi Pendidikan yaitu (a) Menganalisis pembelajaran dan pelatihan; (b) Mendesain pembelajaran dan pelatihan; (c) Mengelola pembelajaran dan pelatihan; (d) Mengembangkan media pembelajaran dan pelatihan; € Memanfaatkan sumber belajar; (f) Mengevaluasi dan mengembangkan instrument pembelajaran dan pelatihan; dan (g) Mengembangkan dan mengevaluasi kurikulum, “paparnya.

Andi juga membagikan pengalaman terkait dengan upaya sosialiasi atau membangun Kerjasama antara Prodi TP FIP UNESA dengan Badan Kepegawaian Daerah di Provinsi Jawa Timur, sehingga saat ini di Jawa Timur berkembang 1 Satuan Pendidikan 1 Teknologi Pendidikan.

Melengkapi pemaparan Dr. Andi K, Kepala Bidang Perencanan, Pengadaan dan SIMPEG BKD DIY, Drs. Harry Susan Pujiraharjo, MA, MAP menyampaikan materi tentang proyeksi lulusan teknologi pendidikan dan kesesuaian struktur kurikulum prodi teknologi pendidikan dengan persyaratan jabatan dan standar kompetensi jabatan fungsional pengembangan teknologi pembelajaran.

Harry mengawali paparannya dengan bertanya kepda peserta terkait proyek lulusan mau menjadi job seeker atau menjadi job creators. Namun dalam kesempatan itu, Harry menjelaskan terkait dengan job seeker yang adai di PEMDA DIY. Menurutnya peluang job seeker yang ada di PEMDA DIY meliputi tenaga tetap yang PNS atau PPPK, dan tenaga sementara dari tenaga bantu, maupun PPNPM (tenaga non PNS Pusat).

“PERMENPAN Nomor 3 Tahun 2021 tentang Standar Kompetensi Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (pasal 4 ayat 2), komptensi yang harus dimiliki oleh Pengembang Teknologi Pembelajaran : kompetensi teknis, manajerial dan sosio kultural, “kata Harry.

Harry melanjutkan, komptensi teknis meliputi analisis pengembangan teknologi pembelajaran, perancangan pengembangan teknologi pembelajaran, pengembangan teknologi pembeljaran, penerapan model pembelajaran berbasis teknologi informsi, difusi hasil pengembangan teknologi pembelajaan, dan pengendalian dan evaluasi terhadap penerapan model pembelajaran berbasis TI. Komptensi manajerial meliputi Integritas, kerjasama, komunikasi, oprientasi pada hasil, pelayanan public, pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan dan pengambilan keputusan. Sedangkan Kompetensi sosio kultural meliputi perekat pemersatu bangsa

Di akhi Sesi Harry memberikan rekomendasi kepada Jurusan KTP, diantaranya adalah

  • Peluang bagi lulusan Teknologi Pendidikan sangat terbuka untuk mengisi jabatan pelaksana, Jabatan Fungsional baik untuk ASN (PNS dan PPPK) dan non PNS (Tenaga Bantu) di kementerian, lembaga dan Pemerintah Daerah
  • Struktur Kurikulum Prodi TP layak dalam artian sudah memenuhi syarat jabatan dan standar kompetensi jabatan fungsional Pengembangan Teknologi Pendidikan
  • Kerjasama dan sinergitas dengan Lembaga Penguji Kompetensi terakreditasi bagi lulusan Prodi TP
  • Penguatan Program Intership tidak hanya sebagai syarat kelulusan tetapi juga sebagai proses orientasi dan pemagangan sekaligus diberdayakan sekaligus untuk mendapatkan syarat pengalaman kerja melalui pemberian target proyek sesuai tema yang diminta instansi
  • Output lulusan tidak hanya dipertimbangkan kapasitas akademik atau dalam hal ini kompetensi teknis saja, akan tetapi juga perlu dipertimbangkan penguatan nilai integritas, etika dan moral sehingga perlu ditambahkan muatan tambahan seperti anti korupsi, bahaya narkoba dan aids, dan nilai nilai dasar ASN atau Core Values ASN “Ber-AKHLAK” atau kearihan lokal DIY yaitu budaya kerja pemerintahan ‘SATRIYA”
  • Pengiriman Dosen untuk mengikuti TOT Anti Korupsi dan diklat sejenis yang mendukung penguatan integritas, etika dan moral

Turut hadir juga, Dekan FIP UNY, Dr. Sujawo, M.Pd. dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang telah berkenan meluangkan waktu untuk memberikan pencerahan kepada para peserta terkait dengan Peluang dan Tantangan Lulusan Teknologi Pendidikan. Sujarwo juga menyampaikan pesan bahwa lulusan TP harus memilik kecakapan abad 21 meliputi ketrampilan berpikir kritis, ketrampilan berkomunikasi, berkolaborasi , creative thinking, seii . Jurusan KTP menjadi andalan fakultas yang bergerak dalam bidang pengembangan kurikulum, pembelajaran, desian pembelaja,na dan pembelajaran berbasis ICT, “ harapnya.

Hadir pula Ketua Jurusan KTP, Dr. Pujiriyanto, M.Pd. Puji menyampaikan pembelajaran Abad 21, diperlukan pembelajaran yg adaptif., oleh karena itu Jurusan KTP menfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan performance.

Sarasehan dihadiri oleh para mahasiswa Jurusan KTP dan Alumni sekitar 260 oang. Perwakilan alumni juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan testimoninya. (rit)

Berita

  • Workshop Pendampingan Desa dan BUMDes Diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta
    05/30/2024 - 14:07
  • FIPP UNY Tingkatkan Kapasitas Tenaga Kependidikan, Menuju Layanan Prima dan Tata Kelola yang Baik
    10/10/2024 - 19:29
  • FIP UNY Terima Kunjungan Pascasarjana Universitas Baturaja untuk Benchmarking Penjaminan Mutu
    09/10/2025 - 09:28
  • Sosialisi HKI dan Hak Paten bagi Mahasiwa dan Dosen FIP UNY
    02/19/2022 - 09:59
  • Transforming Educational Landscape in South Asia After Covid-19
    09/13/2022 - 10:12
  • Lebih dari 200 Pendaftar Antusias Ikuti "Recruitment on Campus" PT Mayora Group di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY
    05/16/2025 - 08:17
  • Dosen Departemen PSD Laksanakan Pengabdian Masyarakat Bertema Optimalisasi Penggunaan Teknologi Kekinian dan Pembelajaran Bermakna di Sekolah Dasar
    05/05/2025 - 13:50
  • DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KALIMANTAN TIMUR GANDENG PLB FIPP UNY UNTUK MAJUKAN PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
    12/02/2024 - 18:33
  • Mata Kuliah Teori Administrasi dan Manajemen Pendidikan sebagai Salah Satu Pencapaian Indikator SDGs
    09/30/2023 - 10:42
  • VERIFIKASI DAN VALIDASI DATA IJAZAH ALUMNI UNY, BEGINI CARANYA!
    12/04/2024 - 16:53

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY