Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • Zona Integritas
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI

Prodi Teknologi Pendidikan UNY selenggarakan Diskusi Online Evaluasi Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19

By admin_fip | 2:38 PM WIB, Sat June 27, 2020

Jum’at (26/06) Program Studi Teknologi Pendidikan UNY menyelenggarakan diskusi online melalui Youtube Channel. Diskusi online tersebut mengusung tema “Evaluasi Pembelajaran dan Upaya Melejitkan Potensi Siswa di Era Pandemi Covid-19”. Kegiatan dibersamai oleh dua narasumber yaitu Dr. Haryanto, M.Pd. selaku dosen prodi Teknologi Pendidikan UNY dan Heri Maulana, M.Pd. yang merupakan alumni S1 prodi Teknologi Pendidikan UNY dan saat ini aktif menjadi seorang trainer dan praktisi talents mapping. Kegiatan dimoderatori oleh Suyantiningsih, M.Ed. yang merupakan sekretaris jurusan prodi Teknologi Pendidikan UNY.

Terselenggaranya acara diskusi online ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang cukup pelik di lapangan yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran. Dalam situasi normal saja, masalah evaluasi pembelajaran sudah begitu kompleks terlebih lagi dalam era pandemi. Hal ini tentu menyodorkan berbagai persoalan yang cukup pelik. Terutama jika evaluasi pembelajaran yang mengutamakan proses bukan hasil, tentu akan menjadi pelik karena bagaimanapun pembelajaran jarak jauh lebih sulit menentukan aktif tidaknya peserta didik.

Dr. Haryanto, M.Pd selaku narasumber pertama menyampaikan bahwa dalam mengevaluasi pembelajaran di era pandemi Covid-19 dapat menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam. Hal ini karena cenderung lebih komprehensif dalam mengevaluasi pembelajaran di era pandemi Covid-19. Selain itu, dalam memformulasikan evaluasi pembelajaran dapat mengkombinasikasn empat kuadran dalam mendukung kegiatan pembelajaran. Empat kuadran yang dimaksud yaitu sinkron langsung dan sinkron maya serta asinkron mandiri dan asinkron kolaboratif.

Sementara narasumber kedua yaitu Heri Maulana, M.Pd. menyampaikan terkait upaya dalam melejitkan potensi siswa di era pandemi Covid-19. Bapak Heri menjelaskan bahwa dalam upaya melejitkan potensi siswa maka sebagai seorang pendidik seharusnya segera bertransformasi untuk menjadi seorang trainer, coach, dan mentor. Kesemuanya ini dapat terwujud dengan memberikan sentuhan empati, kepedulian, dan pelayanan. Dengan demikian, hasil diskusi online ini diharapkan dapat diimplementasikan untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran di PAUD sampai Perguruan Tinggi di tengah era pandemi Covid-19 sehingga dapat melejitkan potensi siswa. (yora/rit)

 

Berita

  • FIPP UNY Terima Kunjungan Akademik dari SMAN 4 Kota Malang dalam Rangka Pengenalan Program Studi
    04/25/2025 - 11:05
  • Prodi BK STKIP Andi Matappa Kunjungi FIPP UNY dalam rangka Wisata Karir
    11/01/2023 - 11:53
  • Social Emotional Learning sebagai Pengembangan Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial dan Ketercapaian Good Health and Well Being Siswa
    10/02/2023 - 11:00
  • Pengumuman Juara FIPP SHASH Competition 2023
    06/08/2023 - 11:07
  • KONTRIBUSI NYATA BEM FIP UNY DALAM PELATIHAN MICROSOFT WORD UNTUK PENDIDIK DIDESA BINAAN GIRIPURWO PURWOSARI GUNUNGKIDUL
    03/29/2022 - 09:17
  • Studium General FIPP UNY 2025: Awal Perkuliahan dengan Semangat Inovasi dan Prestasi
    02/10/2025 - 12:05
  • Digital-Based Marketing and Development of Giripurwo Village Assets
    05/19/2022 - 09:53
  • Kiki Irafa Candra, Mahasiswa Magister Universitas Negeri Yogyakarta dan Awardee LPDP, Jadi Presenter Konferensi Internasional di Korea Selatan
    11/05/2024 - 23:05
  • Penyusunan Laporan Keuangan Penelitian dan PKM FIP UNY Dorong Transparansi dan Akuntabilitas
    07/17/2025 - 10:28
  • TK BIAS Kunjungi Prodi Teknologi Pendidikan UNY dalam Program Edukatif "Menjadi Super Hero"
    05/28/2025 - 09:53

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY