Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • Zona Integritas
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI

Seminar Nasional Pendidikan untuk Perubahan Masyarakat Bermartabat

By admin | 1:18 PM WIB, Sun September 28, 2014

Pendidikan bukanlah produk tapi proses. Ingat, proses itupun membutuhkan suasana. Apa yang terjadi dalam proses pengajaran bila tidak dbarengi dengan suasana yang menyenangkan. Tentulah peserta didik tidak akan bisa menyerap ilmu dengan baik. Seorang pendidik, secara informal, dituntut untuk bisa menciptakan suasana yang membuat peserta didik bisa mengikut proses belajar mengajar tersebut. Materi dalam pendidikan merupakan hal kedua, yang terpenting adalah suasana yang menyenangkan dan “manusiawi”. Bila hal ini tercapai bukan tidak mungkin bila output peserta didik akan menjadi insan yang lebih bermartabat, demikian yang yang disampaikan oleh Prof. Dr. Arif Rachman (Guru Besar Universitas Negeri Jakarta Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO) dalam presentasinya dalam Seminar Nasional Pendidikan untuk Perubahan Masyarakat Bermartabat yang diadakan di Ruang Abdullah Sigit dalam rangka Dies Natalis ke 64 FIP UNY.

Hal ini didukung juga oleh pendapat Sumarno, Ph. D (Dosen FIP dan PPs UNY dan PPs UAD)  yang menyatakan Krisis identitas dikawatirkan terjadi apabila masyarakat tidak memiliki kepedulian terhadap  nilai- nilai peradaban; hanyut, tenggelam, atau terlibas oleh perubahan – perubahan yang menghasilkan imajinasi semu seperti fatamorgana. Masyarakat membutuhkan kemampuan dan perlu melakukan upaya nyata agar supaya tidak menjadi korban perubahan, dapat melestarikan identitas diri, dan akan lebih baik lagi kalau berhasil mengarahkan dan mengendalikan perubahan; baik perubahan yang bersumber pada faktor internal, maupun perubahan yang bersumber pada kekuatan-kekuatan eksternal. Begitulah gambaran konteks dan tantangan mendasar yang dihadapi pendidikan dewasa ini. Pendidikan diharapkan secara simultan   berkontribusi nyata dalam: pencerahan dan pengendaliannya; memperkuat ketahanan; dan secara cerdas  bijaksana melakukan konservasi dan transformasi. Pendekatan formal – nonformal – informal dalam pendidikan akan dapat isi mengisi secara sinergis untuk mengemban fungsi yang diamanatkan   dalam pembentukan masyarakat bermartabat.

Menurut Arif Rachman,  pendidikan yang sukses adalah pendidikan yang mampu mengantarkan anak menjadi insan yang bertaqwa , berkepribadian matang, berilmu mutakhir dan berprestasi, mempunyai rasa kebangsaan, berwawasan global. Kemudian beliau menekankan Keunggulan Intelektual antara lain percaya pada nalar (Intellectual Confidence in Reason) Empati (Intellectual Empathy) Kemerdekaan / kemandirian (Intellectual Autonomy) Keberanian (Intellectual Courage) Rendah hati (Intellectual Humility) Rasa keadilan (Intellectual Sense of Justice) dan Tahan deraan (Intellectual Perseverance). 3 aspek penting yang harus dikembangkan yaitu disiplin, kemartabatan dan struktur.

Pada acara yang dihadiri oleh Praktisi Pendidikan, Mahasiswa dan Pemerhati Pendidikan ini, Dr. Arie Sujito (Sosiolog UGM) menambahkan pula konteks Pendidikan dan Kemandirian Bangsa. Menurutnya pendidikan terjebak pada ranah “teknokrasi yang berlebihan” sebagian besar terlalu normatif bahkan melahirkan pola mekanistik. Disamping itu pendidikan masih berisi kumpulan “peraturan bersekolah”; belum dipandu kepemimpinan pengetahuan dan value. Oleh karena itu Pendidikan harus mampu mendorong masalah publik sebagai isu dan agenda bersama; karenanya pendidikan menjadi harapan untuk mampu mengatasi problem secara nyata. Masih menurut Arie bahwa untuk mencapai masyarakat bermartabat, pendidikan hendaknya dikelola oleh pemimpin yang visioner, ditopang oleh insan berkomitmen dan terampil memfasilitasi masyarakat, menterjemahkan dari nilai abstrak sampai praksis. (ant)

Berita

  • Penandatanganan Kerjasama Implementasi Program Visiting Profesor dari Queensland University of Technology, Australia di FIPP UNY
    06/19/2024 - 15:44
  • FIPP UNY jalin kerjasama dengan Rutan Kelas II A Yogyakarta
    05/27/2024 - 14:00
  • Temu Kolegal Senat FIP JIP 2023
    06/07/2023 - 11:00
  • Manfaat Augmentative and Alternative Communication (AAC) dalam Peningkatan Kemampuan Komunikasi Anak dengan Multiple Disability Visual Impairment (MDVI)
    09/22/2023 - 09:28
  • FIP UNY Unggul! Juara 1 Penataan Lingkungan, Bukti Nyata Aksi Nyaman dan Ramah
    05/06/2025 - 09:51
  • Mata Kuliah Kepemimpinan Pendidikan Mendorong Pencapaian Indikator SDG's di Dunia Pendidikan
    10/02/2023 - 08:37
  • Mata Kuliah Pengembangan Media Grafis Pembelajaran sebagai bentuk penerapan Indikator SDG's 9 - Industry, Innovation, and Infrastructure
    10/02/2023 - 08:35
  • Workshop Kurikulum Program Studi Berbasis Outcome based Education
    03/21/2023 - 15:00
  • Mahasiswa PLB Dewi Meiliyan Ningrum terpilih sebagai Mahasiswa Berpestasi FIPP UNY tahun 2023
    03/31/2023 - 10:19
  • Mahasiswa S2 PNF UNY Lakukan Pendampingan Keluarga Dengan Metode Home Visit Tentang Pendidikan Karakter di Masyarakat Moyudan, Sleman, Yogyakarta
    10/02/2023 - 13:24

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY