Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Pemanfaatan Media Audio Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini

By admin | 8:08 AM WIB, Thu September 10, 2015

Senin (7/9) Ketika masuk di era Globalisasi seperti ini, guru bukan lagi menjadi satu-satunya sumber belajar. Guru tetap memiliki peran utama, yakni mengupayakan agar terjadi interaksi antara siswa dengan sebanyak mungkin sumber belajar, terutama media audio.

"Proses belajar hanya terjadi jika terjadi interaksi antara pembelajar dengan sumber belajar, guru hanya salah satu jenis sumber belajar. Semakin banyak sumber belajar, kemungkinan terjadi proses belajar semakin besar," ungkap Kepala BPMRP Pusat Teknologi Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Kemendikbud Aristo Rahadi, dalam seminar nasional pendidikan karakter anak melalui media di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Seminar yang diadakan oleh mahasiswa PPL dari jurusan TP angkatan 2012 ini mengangkat hal media pembelajaran karena saat ini kita hidup di era digital yang membuat anak-anak tak asing dengan beragam media audio maupun visual. Bahkan, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sudah menjadi bagian dari hidup.

Pada seminar ini media audio lebih ditonjolkan untuk menjadi salah satu peran sumber belajar selain guru. Asalkan, audio tersebut tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan. Pembelajaran dengan media audio, misalnya, sangat praktis, murah, mudah diterapkan, dan cocok dengan tingkat kesiapan anak, kata Aristo lagi. "Semua jenis media punya kelebihan dan kekurangan, itu pasti. Media audio sendiri mampu menciptakan imajinasi anak dan menumbuhkan karakter," jelasnya.

Hal ini diamini Dosen PG-PAUD FIP UNY Nelva Rolina, M.Pd yang menyampaikan, sistem pembelajaran sesuai karakter anak, mulai dari pembelajaran yang menyenangkan (joyful learning), menarik (attractive learning), hingga aktif yang semuanya terakumulasi dalam global learning, menitikberatkan pada kedua belah otak kanan dan kiri dengan baik.

Pembentukan karakter sendiri, disesuaikan dengan budaya Indonesia yaitu berbudi luhur, cerdas, dan beragama. Karakter juga bisa diartikan jalan hidup yang berkembang melalui nilai dan keyakinan serta tidak bersifat universal."Jadi, pembentukan karakter anak usia dini bisa melalui kegiatan bermain melalui perantara media pembelajaran audio," tambahnya lagi. (ant/rfa)

Berita

  • Dosen PAUD FIP UNY Kembangkan Model Pembelajaran Moral dalam Keluarga (MPMK)
    06/08/2022 - 08:19
  • Studium General FIPP UNY 2025: Awal Perkuliahan dengan Semangat Inovasi dan Prestasi
    02/10/2025 - 12:05
  • Dinas Pendidikan Kepulauan Bangka Belitung Kunjungi FIP UNY, Tinjau Progres 7 Mahasiswa Program Kerja Sama LazisMu
    09/09/2025 - 10:24
  • BERMITRA KITA JUARA: Prodi PAUD terima kunjungan dari FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon
    08/22/2022 - 13:22
  • Kuliah Tamu oleh Assoc. Prof. Jill Willis, Ph.D. dari Queensland University of Technology di UNY
    06/20/2024 - 08:20
  • Mahasiswa S2 PNF UNY Lakukan Pendampingan Keluarga Dengan Metode Home Visit Tentang Pendidikan Karakter di Masyarakat Moyudan, Sleman, Yogyakarta
    10/02/2023 - 13:24
  • Dosen PGSD UNY Beri Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Profil Pelajar Pancasila Kepada Guru SD di Sawangan Magelang
    10/02/2023 - 11:26
  • Transformasi Pendidikan dalam Mewujudkan SDM yang Unggul Kreatif dan Inovatif Berkelanjutan
    08/14/2023 - 15:39
  • Diskusi Benchmarking Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah bersama Psikologi FIP UNY
    10/25/2022 - 16:18
  • Taufik Hidayat Wisudawan TP FIPP UNY Raik IPK Tertinggi Wisuda UNY Periode Agustus
    09/04/2023 - 10:25

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY