Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Manfaat Augmentative and Alternative Communication (AAC) dalam Peningkatan Kemampuan Komunikasi Anak dengan Multiple Disability Visual Impairment (MDVI)

By admin_fip | 9:28 AM WIB, Fri September 22, 2023

omunikasi merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia. Namun, adanya gangguan yang di alami oleh anak dapat menyebabkan terjadinya hambatan dalam komunikasi terutama pada anak yang mempunyai disabilitas ganda Multiple Disability and Visual Impairment (MDVI). Hambatan yang di alami anak MDVI sangat kompleks, namun bukan berarti mereka tidak punya keinginan untuk menyampaikan pikiran atau pendapat mereka melalui komunikasi. Hal tersebut diungkapkan oleh Daisy M. Corpuz, dosen dari College of Education, University of Southeastern Philippines.

Kuliah tamu ini merupakan kegiatan kerjasama antara Departemen Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta dan College of Education, University of Southeastern Philippines yang diselenggarakan pada tanggal 20 September 2023, di Ruang Sidang Lantai 3 Gedung Muh. Amin Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY. Daisy M. Corpuz hadir sebagai dosen tamu dalam mata kuliah Pendidikan untuk Anak dengan Hambatan Majemuk yang membawakan kuliah dengan judul “Teachers’ Proactive Evaluation of the Use of Augmentative Communication to Learners with Multiple Disabilities and Visual Impairment”.

Pada kuliah yang diikuti oleh mahasiswa S1 dan S2 Pendidikan Luar Biasa secara luring maupun daring, Daisy menyampaikan tentang salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi anak MDVI adalah Augmentative and Alternative Communication (AAC). Akan tetapi, hasil penelitian yang ada menunjukkan bahwa guru pendidikan khusus banyak yang belum mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang cukup tentang AAC. Oleh karena itu, guru harus meningkatkan pengetahuan terkait sistem AAC, mulai dari program AAC, impelementasi, hingga penilaian hasil penggunaan AAC.

Pada sesi diskusi, Thalia Ayu Rini, mahasiswa Program Studi S2 PLB menanyakan tentang bagaimana penggunaan AAC dalam proses pembelajaran dan cara untuk melakukan evaluasinya. Selain itu, dua kelompok mahasiswa juga menyampaikan hasil projek kuliah terkait pengembangan AAC yang telah mereka lakukan. Zykra Zakiah, M.Pd., selaku dosen mata kuliah Pendidikan untuk Anak dengan Hambatan Majemuk menyampaikan bahwa AAC yang dikembangkan pada mata kuliah ini merupakan luaran yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran kemampuan mahasiswa sebagai calon pendidik untuk mengembangkan alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan anak dengan hambatan majemuk. Melalui capaian ini diharapkan nantinya mahasiswa sebagai calon guru dapat membantu anak berkebutuhan khusus dalam berinteraksi dengan orang lain khususnya dengan guru dan teman di sekolah sehingga meningkatkan kesempatan mereka untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik yang sesuai dengan indikator Sustainable Development Goals (SDGs) no 4, yaitu peningkatan kualitas pendidikan untuk semua termasuk anak berkebutuhan khusus.

Penulis: Zykra Zakiah

Editor: Atien Nur Chamidah

SDGs #4 Pendidikan

Berita

  • SMA Negeri 1 Cigudeg Jawa Barat Gelar Kunjungan Edutrip Inspiratif
    01/09/2025 - 22:57
  • FIP UNY dan UNIPA Surabaya Teken Komitmen Bersama dalam Kunjungan KKL Mahasiswa S2
    07/28/2025 - 13:11
  • Prestasi Mahasiswa FIPP UNY dalam Ajang Pancalomba FIP JIP 2023
    07/12/2023 - 11:18
  • Benchmarking Penjaminan Mutu bersama Senat FIPP UNY ke UNESA dan UM Malang.
    08/31/2023 - 07:43
  • “Manajemen Strategik dan Pendidikan Berkualitas: Memahami Keterkaitan Kunci untuk Mewujudkan SDGs”
    09/30/2023 - 09:19
  • Smart Water Station FIPP UNY: Inovasi Air Minum Gratis untuk Mahasiswa
    02/11/2025 - 11:14
  • DESAIN PEMBELAJARAN (Prodi S2 Teknologi Pembelajaran)
    10/02/2023 - 10:21
  • "Tonggak Sejarah Baru UNY: Izin SMA Labschool Resmi Terbit"
    04/17/2025 - 08:38
  • Penguatan Teori dan Praktek Pendidikan Khusus bersama Praktisi Mengajar pada Mata Kuliah Ortopedagogik
    10/02/2023 - 10:52
  • FIP UNY Perkuat Literasi Kesehatan Mental lewat Kolaborasi bersama Narasumber Internasional dari UPSI Malaysia
    11/12/2025 - 08:52

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY