Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Kontribusi Matakuliah Sekolah dan Masyarakat S2 KP dalam Mendukung Pencapaian SDGs

By admin_fip | 8:50 AM WIB, Mon October 02, 2023

Matakuliah Sekolah dan Masyarakat membahas konfigurasi pendidikan dalam berbagai konteks sosial budaya Indonesia yang multikultural. Perspektif sosiologi menjadi tool of analysis dalam mengkaji eksistensi sekolah seiring dengan transformasi sosial budaya yang terjadi. Sekolah dalam variabilitas konteks hadir karena dukungan, aspirasi, dan menjawab kebutuhan masyarakat sebagai pemangkunya. Sekolah mencerminkan masyarakat, dan demikian juga sebaliknya masyarakat mencerminkan sekolah. Kajian tentang dinamika peran pendidikan persekolahan mengangkat topik-topik yang relevan dengan disparitas dan kesenjangan pendidikan antardaerah, antarbudaya, antargender, dan lain-lain. Pemerataan akses dan peningkatan kualitas pendidikan perlu dilakukan melalui pengembangan sekolah (school improvement), perbaikan kultur sekolah (school culture), sekolah efektif (effective school), dan school partnership (kemitraan sekolah). Muaranya, sekolah perlu menguatkan peran dalam pembangunan pendidikan dan pewarisan sosial budaya kepada generasi muda untuk mewujudkan peradaban maju Indonesia masa depan.

Dalam matakuliah Sekolah dan Masyarakat, mahasiswa melakukan kajian tentang potret sekolah dalam berbagai konteks kemajemukan sosial budaya. Antara lain sekolah formal/reguler, sekolah inklusi, sekolah kejuruan, sekolah alam, home schooling, pesantren, sekolah berasrama, sekolah rimba, dan sekolah untuk masyarakat pedalaman. Selanjutnya, mahasiswa juga membahas tentang sejumlah konsep utama dalam upaya perbaikan kualitas pendidikan persekolahan, yaitu: pengembangan sekolah (school improvement), perbaikan kultur sekolah (school culture), sekolah efektif (effective school), dan school partnership (kemitraan sekolah) berbasis modal sosial budaya.

Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan merupakan kesepakatan global dengan sejumlah agenda pembangunan universal untuk diimplementasikan oleh negara-negara di dunia termasuk Indonesia. Hasil dari beragam implementasinya memerlukan dukungan berbagai pihak dalam mencapai indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Topik-topik terpilih dalam matakuliah ini yang relevan dengan isu-isu SDGs antara lain: 4) Kualitas Pendidikan: menjamin pendidikan yang berkualitas, inklusif, dan setara, serta mempromosikan kesempatan belajar seumur hidup yang merata untuk semua orang (education for all); 5) Kesetaraan Gender: mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan, dengan membahas kebijakan pendidikan responsif gender; 13) Penanganan Perubahan Iklim: mengambil tindakan sesegera mungkin untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya. Semua negara di dunia tidak dapat menghindarkan diri dari dampak perubahan iklim. Emisi gas rumah kaca terus meningkat dan pemanasan global mengakibatkan perubahan berkepanjangan pada iklim global menuntut pendidikan untuk mengambil peran, antara lain dengan mengembangkan sekolah ramah lingkungan; 16) Perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh (peace, justice, and strong institutions): menguatkan masyarakat yang inklusif dan damai untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan keadilan untuk semua, dan membangun akses kelembagaan yang efektif, akuntabel, dan inklusif di semua tingkatan. Pendidikan dapat mengambil peran dengan mengembangkan sekolah ramah anak; 17) Kemitraan untuk mencapai tujuan (Partnership for The Goals), dengan menghidupkan kembali kemitraan global demi pembangunan berkelanjutan, khususnya school partnership untuk peningkatan kualitas pendidikan. (Ariefa Efianingrum)

 

SDGS #4 QUALITY EDUCATION
SDGs #5 GENDER EQUALITY
SDGs #13 CLIMATE ACTION
SDGs #16 PEACE JUSTICE AND STRONG INSTITUTIONS
SDGs #17 PARTNERSHIP FOR THE GOALS

Berita

  • Kontribusi Matakuliah Sekolah dan Masyarakat S2 KP dalam Mendukung Pencapaian SDGs
    10/02/2023 - 08:50
  • Menuju Pusat Pendidikan Global: FIPP UNY Matangkan Strategi Lolos PUI
    02/14/2025 - 13:56
  • Pelatihan K3 FIP UNY: Dari Teori Hingga Simulasi Pemadaman Api
    05/26/2025 - 12:06
  • Program Kerja Sama FIPP UNY dan SD Muhammadiyah Sapen Tingkatkan Kompetensi Guru
    02/04/2025 - 09:59
  • FIP UNY Perkuat Kerjasama dengan FIP Universiti Malaya, Malaysia
    09/13/2022 - 10:45
  • Studium General FIPP UNY 2025: Awal Perkuliahan dengan Semangat Inovasi dan Prestasi
    02/10/2025 - 12:05
  • TEROBOSAN FIP UNY DALAM RINTISAN PROGRAM PENGEMBANGAN WILAYAH BINAAN DESA GIRIPURWO PURWOSARI GUNUNGKIDUL
    10/05/2021 - 14:14
  • Menggali Sinergi: Seminar Budaya dan Pendidikan di FIPP UNY
    07/16/2024 - 14:47
  • Kiki Irafa Candra, Mahasiswa Magister Universitas Negeri Yogyakarta dan Awardee LPDP, Jadi Presenter Konferensi Internasional di Korea Selatan
    11/05/2024 - 23:05
  • Terobosan Baru! UNY Luncurkan Program S2 Kebijakan Pendidikan Satu-Satunya di Indonesia
    12/24/2024 - 19:07

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY