Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

ISU SDGs DALAM PERKULIAHAN KEBIJAKAN GURU DAN PEMBELAJARAN

By admin_fip | 8:41 AM WIB, Mon October 02, 2023

Isu-isu SDGs telah menjadi perhatian bersama di berbagai negara termasuk di Indonesia. Demikian pula, isu-isu SDGs menjadi bagian penting dalam berbagai kajian akademik dalam perkuliahan di perguruang tinggi Indonesia. Salah satu isu penting SDGs yang dibahas di dalam perkuliahan Kebijakan Guru dan Pembelajaran pada Program Magister Kebijakan Pendidikan FIPP UNY adalah Pendidikan Berkualitas.

Mata kuliah Kebijakan Guru dan Pembelajaran membahas kebijakan profesi guru/pendidik, komparasi kebijakan guru di berbagai negara maju dan berkembang dibandingkan dengan kebijakan guru di Indonesia, kebijakan kurikulum di Indonesia, kebijakan pendidikan jarak jauh, kebijakan hybrid learning, dan kebijakan assesmen pembelajaran. Perkuliahan dilaksanakan secara teori dan praktik lapangan.

Isu pendidikan berkualitas telah diangkat dalam diskusi kelas adalah tentang kebijakan peningkatan kompetensi guru professional di berbagai negara, termasuk Indonesia. Pendidikan berkualitas dipengaruhi oleh banyak factor, tetapi tidak dapat disangkal faktor yang sangat menentukan adalah guru yang berkualitas. Kualitas guru telah menjadi isu sentral reformasi pendidikan di seluruh dunia sejak awal abad ke-21. Di seluruh dunia, telah terjadi kekhawatiran yang meningkat menyangkut masalah kualitas dalam sistem pendidikan di negara-negara berkembang. “Jika Indonesia ingin mengikuti tren global ini, Indonesia harus secara aktif berkampanye untuk meningkatkan kualitas guru-gurunya. Sebab, kinerja siswa Indonesia yang buruk dikaitkan dengan kekurangan umum para gurunya“, demikian pernyataan Prof. Dr. Fasli Jalal, Wakil Mendiknas, 2009).

Dilakukan analisis perbandingan dengan kebijakan peningkatan kompetensi guru di berbagai negara maju seperti di Finlandia dan negara berkembang seperti di Mozambique. Di dalam diskusi tersebut telah dibahas pernyataan dan hasil penelitian para ahli pendidikan (Chetty, Friedman, & Rockoff, 2011; Nye, Konstantopoulos, & Hedges, 2004; Sanders &; Rivers, 1996) yang mempublikasikan temuan yang menunjukkan bahwa guru telah membuat perbedaan signifikan dalam meningkatkan prestasi akademik siswa. Pada saat yang sama, Melinda Gates Foundation menghasilkan banyak laporan bahwa advokasi kualitas guru harus menjadi fokus utama dalam peningkatan kualitas sistem pendidikan (Paine & Zeichner, 2012). Kutipan terkenal dari laporan McKinsey 2007 "Kualitas sistem pendidikan tidak dapat melebihi kualitas gurunya" (Barber &; Mourshed, 2007) telah digunakan sebagai mantra dalam banyak dokumen reformasi pendidikan resmi di banyak negara (Paine &; Zeichner, 2012). Semua tindakan dari ‘aktor-aktor’ yang berbeda ini telah berkontribusi dalam membingkai narasi bahwa guru sangat penting dalam menentukan kualitas pendidikan.

Ada dua teori utama yang digunakan untuk membahas pendidikan berkualitas. Rappleye (2012) menjelaskan yang pertama disebut Teori Budaya Dunia (juga disebut sebagai pendekatan Neoinstitusionalis) dengan argumen intinya bahwa "semua budaya perlahan-lahan berintegrasi ke dalam satu budaya global“. Menurut perspektif ini, negara-negara di seluruh dunia ingin menampilkan diri mereka sebagai negara "modern"; Oleh karena itu, mereka mengadopsi tujuan, proyek, dan komitmen pembangunan nasional yang serupa. Semua melihat pendidikan sebagai solusi untuk tantangan pembangunan mereka (Meyer &; Ramirez, 2000).

Kedua, adalah Teori Sistem. Para pendukung Teori Sistem berpendapat bahwa konvergensi global, jika ada, hanya terjadi pada tingkat wacana. Menurut para sarjana teori ini, jika perhatian yang cermat diberikan pada kontinuitas, konteks, dan agensi, bukan konvergensi yang terjadi, melainkan “kisah paksaan” yang dikaburkan oleh 'bias Dunia Pertama' yang melekat dalam visi kemajuan global saat ini" (Rappleye, 2012, hlm. 26). Rappleye menambahkan bahwa Teori Sistem menunjukkan lebih banyak minat pada variasi kontekstual daripada memaksakan perkembangan global yang menggunakan wacana Barat yang dominan. Dengan demikian, wacana pendidikan berkualitas dalam konteks perkuliahan Kebijakan Guru dan Pembelajaran memberikan wawasan yang lebih luas kepada para mahasiswa akan arti penting pendidikan berkualitas dan problem kontkestual yang dihadapi oleh berbagai negara terutama negara berkembang. (Rukiyati)

 

SDGS #4 QUALITY EDUCATION

Berita

  • Muhammad Rifki Wisudawan Disabilitas dari FIPP UNY
    09/04/2023 - 10:23
  • Menggali Sinergi: Seminar Budaya dan Pendidikan di FIPP UNY
    07/16/2024 - 14:47
  • Kolaborasi Strategis: Universitas Alma Ata dan FIPP UNY Jalin Kerja Sama untuk Pendirian Prodi S2 Pendidikan Dasar
    02/05/2025 - 11:29
  • ISU SDGs DALAM PERKULIAHAN KEBIJAKAN GURU DAN PEMBELAJARAN
    10/02/2023 - 08:41
  • Penguatan Teori dan Praktek Pendidikan Khusus bersama Praktisi Mengajar pada Mata Kuliah Ortopedagogik
    10/02/2023 - 10:52
  • FIPP UNY Turut Memeriahkan Global Partnership Fair UNY
    11/09/2023 - 13:31
  • TEROBOSAN FIP UNY DALAM RINTISAN PROGRAM PENGEMBANGAN WILAYAH BINAAN DESA GIRIPURWO PURWOSARI GUNUNGKIDUL
    10/05/2021 - 14:14
  • PENGEMBANGAN ALAT UKUR KESIAPAN MENIKAH UNTUK MENDUKUNG PEMBANGUNAN KELUARGA DI INDONESIA MENUJU KELUARGA SEJAHTERA
    10/02/2023 - 13:25
  • Mata Kuliah Psikologi Pendidikan dan SDG’s
    10/02/2023 - 13:38
  • Mengatasi Stress dan Burnout: Strategi Mengembangkan Kesejahteraan Psikologis
    10/02/2023 - 10:30

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY